Analisis · 6 min read

Bitcoin Uji Resisten US$25 Ribu, Whale Mulai Beraksi!

Harga Bitcoin dan Silvergate

Bitcoin sempat menyentuh US$25.260 pada 16 Februari 2023 pukul 23.00 WIB, tak berlangsung lama harga terkoreksi dan diperdagangkan pada US$23.779 per 17 Februari 2023 pukul 11.00 WIB.

Pergerakan harga yang volatil ini menyebabkan sebagian trader dengan posisi futures mengalami kerugian hingga Rp2,8 triliun.

Bitcoin Sentuh Resisten US$25.000

Level resisten US$25.000 merupakan resistance yang mesti dilewati BTC agar dapat naik lebih jauh. Tak hanya itu, harga di atas US$25.000 terakhir kali terlihat pada pertengahan Agustus 2022.

grafik harga bitcoin
Gambar: Grafik harga Bitcoin

Akan tetapi, BTC nampaknya menguji resistance tersebut dan gagal mempertahankan momentum. Harga BTC sempat terkoreksi hingga ke harga US$23.342 setelah sempat menyentuh US$25.260.

Sebagian besar pergerakan market kripto menyerupai pergerakan Bitcoin yang dapat dilihat dari kapitalisasi market kripto yang sempat meningkat ke US$1,089 triliun kemudian turun menjadi US$1,021 triliun.

Gambar: Grafik kapitalisasi market kripto

Koreksi ini terjadi kemungkinan karena adanya aktivitas whale yang melakukan transfer aset kripto menuju exchange dengan tujuan penjualan.

Dari data Whale Alert, terdapat perpindahan 1.205 BTC setara US$30 juta menuju exchange Gemini, perpindahan 34 juta XRP senilai US$13 juta menuju exchange Bitstamp, serta perpindahan kumulatif Solana.

Total Rp2,8 Triliun Terlikuidasi

Pergerakan harga yang volatil menyebabkan sebagian trader futures tergocek dan mengalami kerugian dalam 24 jam terakhir sebesar US$183,26 juta atau sekitar Rp2,8 triliun.

Gambar: Data likuidasi dalam 24 jam terakhir

Dari data Coinglass, terlihat bahwa trader lebih banyak terlikuidasi pada posisi LONG sebesar 67,62%. Ini menunjukan bahwa lebih banyak yang berasumsi setelah BTC menyentuh US$25.000, BTC akan mengalami kenaikan lanjutan. Akan tetapi kenyataannya harga BTC terkoreksi dan banyak yang mengalami likuidasi.

Posisi pasang perdagangan yang paling banyak terlikuidasi adalah BTC dengan total likuidasi US$69,31 juta, diikuti ETH dengan total likuidasi US$38,43 juta, dan MATIC dengan total likuidasi sebesar US$4 juta.

Prediksi Harga Bitcoin

Untuk melanjutkan tren naik, Bitcoin harus bisa terus berada pada area resistance US$25.000 sebelum adanya konfirmasi breakout.

Gambar: Support dan resistance BTC

Seandainya BTC berhasil breakout resistance US$25.000, belum ada harga historis sebagai resistance selanjutnya kecuali US$32.000. Melihat jarak US$25.000 menuju US$32.000 cukup jauh, maka kemungkinan besar setelah breakout BTC perlahan menuju US$32.000 dan tidak instan.

Jika BTC gagal mempertahankan tren naik jangka pendek, maka terdapat level support di harga US$21.600 dan support kuat di harga US$18.500.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.