Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bitcoin Tetap Tumbuh Seiring Ekonomi AS yang Kian Menurun

Wafa Hasnaghina     Thursday, June 4 2020

Dalam dua buah laporan yang dirilis pada 3 Juni 2020 menginformasikan riwayat dari kondisi dua pasar yang sangat berbeda dengan sudut pandang Bitcoin dan perekonomian AS. Laporan ini memperlihatkan perubahan drastis dari kedua jalur yang diambil Bitcoin dan perekonomian AS ketika mereka dihadapkan oleh kabut ketidakpastian keuangan seiring dengan berjalannya pembatasan berskala besar di negara tersebut pada tahun 2020 ini.

Menurut New York Times, Kantor Anggaran Kongres memperkirakan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat akan mengalami pukulan sekitar $ 16 triliun pada dekade mendatang sebagai akibat dari COVID-19 dan dampak ekonomi dan keuangan terkait. Kemudian jika dihitung setelah adanya inflasi, penghitungan akhir yang keluar menjadi sekitar $ 7,9 triliun, yang berarti turun hingga tiga persen dari total PDB Amerika Serikat saat ini hingga 2030 nanti.

Kondisi Perekonomian Amerika Serikat

Laporan ini membuat bayangan menakutkan yang akan terjadi pada AS selama beberapa periode kedepan yang saat ini pun sudah menjadi gelap.

Akhir pekan lalu, kerusuhan mengguncang kota-kota besar di Amerika Serikat sebagai tanggapan atas pembunuhan polisi terhadap George Floyd di Minneapolis, Minnesota. Kerusuhan meletus setelah hampir tiga bulan pembatasan pandemi nasional yang mengakibatkan meningkatnya pengangguran dan ketidakstabilan ekonomi.

Baca juga: Bitcoin, Alternatif di Tengah Krisis Ekonomi

Pertumbuhan Bitcoin Seiring Dengan Ekonomi yang Memburuk

Sementara itu, perusahaan analitik Bitcoin, CoinMetrics merilis keadaan jaringan terbaru hari ini dengan perkiraan yang lebih menggembirakan untuk pasar crypto. Selanjutnya, jika Bitcoin terus tumbuh pada kecepatan yang sudah ditetapkan selama dekade terakhir, volume hariannya akan cocok dengan perdagangan ekuitas AS pada tahun 2024 dan perdagangan obligasi AS pada tahun 2025 nanti.

Pada laporan CoinMetrics tersebut, mereka menegaskan, dengan volume spot harian Bitcoin pada rata-rata $ 4,1 miliar (dan $ 8 miliar pada puncaknya pada tahun 2017), maka Bitcoin tidak perlu waktu lebih lama untuk mencapai ekuitas dan tingkat perdagangan obligasi, atau sekitar $ 1 triliun dalam volume harian.

“Namun jika tingkat pertumbuhan historis dapat dipertahankan, volume harian Bitcoin saat ini dari pasar spot dengan nilai sebesar $ 4,3 miliar akan membutuhkan pertumbuhan kurang dari 4 tahun untuk melebihi volume harian dari semua ekuitas A.S. Serta, Diperlukan kurang dari 5 tahun pertumbuhan untuk melampaui volume harian semua obligasi AS. ”

Baca juga: Ketua CMT Digital: Trading Bitcoin Tetap Kuat Meskipun Kondisi Global Terpuruk

Menurut CoinMetrics, bahkan jika PDB AS menunjukkan tanda-tanda akan menurun, ada banyak ruang untuk pertumbuhan pada pasar Bitcoin yang sedang berkembang.

Mungkin slogan “emas digital” yang disematkan untuk Bitcoin tidak terlalu dibuat-buat.

Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini