Berita Bitcoin · 6 min read

Bitcoin Sulit Pecahkan Masalah Sistem Pembayaran Tradisional

Seorang pejabat dari bank sentral Spanyol, Bank of Spain (BDE) percaya bahwa Bitcoin (BTC) tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh sistem pembayaran utama. Deputy General Director BDE untuk inovasi keuangan dan infrastruktur pasar, Carlos Colesa, memberikan opininya dalam cryptocurrency terkemuka di dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada 17 Februari lalu.

Bitcoin atau pembayaran tradisional?

Penelitian itu dijuluki “Bitcoin: sebuah solusi untuk sistem pembayaran atau sebuah solusi dalam mencari masalah?,” ditandai sebagai “occasional paper,” menurut Cointelegraph en Español. Ini berarti bahwa Bank Spanyol tidak serta-merta berbagi pendirian penulis.

Colesa membandingkan Bitcoin dengan sistem pembayaran tradisional dan perantara keuangan. Pertama, dia mengatakan bahwa Bitcoin blockchain hanya memproses 250,000 transaksi setiap harinya, yang mana merupakan volume yang relatif kecil untuk sistem global. Contohnya, sistem ritel utama Spanyol, Sistema Nacional de Compensación Electrónica (SNCE), dilaporkan menangani sekitar 7,2 juta pembayaran setiap hari, pada 2017.

Mengingat bahwa para penambang harus menyetujui transaksi, pembayaran Bitcoin menjadi lambat, dan waktu yang diperlukan untuk suatu transaksi tidak dapat diprediksi. Colesa menyimpulkan, demikian, Proof of Work (PoW) pada kenyataannya membatasi kapasitas seluruh sistem daripada menghasilkan manfaat. Laporan lebih lanjut menyatakan bahwa tidak adanya tata kelola dan koordinasi menghambat perbaikan sistem

Baca juga: Chainalysis Raih $30 Untuk Memata-Matai Transaksi Bitcoin

Menurut Colesa, penggabungan dari kunci pribadi dan umum merupakan sistem yang tidak dapat diandalkan yang rentan terhadap berbagai jenis penipuan. Selain itu, laporan tersebut menyatakan bahwa kehilangan kunci pribadi berarti bahwa dana pengguna tidak pernah dapat dipulihkan.

Laporan tersebut menyebutkan sikap beberapa skeptis Bitcoin, seperti Nouriel Roubini, yang percaya bahwa crypto sebenarnya sangat tersentralisasi. Sebagai contoh, crypto memiliki komisi untuk transaksi, dan kecepatan pembayaran tergantung pada nilainya. Tingkat rata-rata ditentukan oleh kumpulan penambangan, yang, menurut ahli, memiliki kekuatan yang cukup untuk mengendalikan sistem untuk mendapatkan lebih banyak reward. Colesa menyimpulkan:

“Kecil kemungkinannya bahwa Bitcoin dalam modifikasinya saat ini akan berdampak signifikan pada sektor keuangan sebagai alternatif dari sistem pembayaran tradisional.”

Awal bulan ini bank mengeluarkan peringatan kepada warga, peringatan risiko tersebut terkait cryptocurrency. Dokumen tersebut mencatat bahwa mereka belum diatur di negara ini, sementara pertukaran tidak disahkan oleh bank sentral dan dengan demikian dana yang disimpan di sana tidak dapat dilindungi oleh pemerintah. Selain itu, gubernur BDE, Pablo Hernández de Cos, telah menentukan bahwa crypto “tidak dapat menggantikan uang dan bukan merupakan alat pembayaran atau pertukaran umum.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.