Berita Bitcoin · 6 min read

Bitcoin Belum Menjadi Safe Haven Asset di Tengah Ketidakstabilan Global

Wabah global, perang harga minyak, dan pasar saham yang jatuh seharusnya menjadi waktu Bitcoin untuk membuktikan dirinya kembali sebagai safe haven asset. Namun, hingga saat ini nampaknya Bitcoin sama-sama agak terpuruk.

Jika peristiwa beberapa hari terakhir adalah indikator, maka kekuatan Bitcoin tidak dalam kondisi baik untuk membuktikan dirinya sebagai safe haven asset .

Cryptocurrency termasuk Bitcoin dan Ethereum, telah anjlok sejalan dengan pasar saham dunia. Industri mengalami kerugian $26 miliar dalam 24 jam, dengan hampir semua cryptocurrency mengalami kerugian dua digit.

Keruntuhan pasar crypto sama buruknya meski tidak seburuk minyak yang anjlok 27% hari ini setelah Arab Saudi menyatakan perang harga dengan Rusia.

Ini bisa merupakan dampak dari crypto yang makin matang dan mulai diterima investor institusional dan membutnya rentan terhadap kekuatan yang sama dengan pasar tradisional.

Ekonom digital Paolo Tasca menunjukan bahwa dalam banyak kasus, kekayaan perusahaan kripto berhubungan langsung dengan dunia yang sama dengan pasar keuangan tradisional.

Cryptocurrency XRP Ripple, misalnya, digunakan dalam perdagangan lintas batas, dan terhubung langsung ke mata uang fiat. Aplikasi DeFi, yang biasanya fokus pada pasar pinjaman peer-to-peer, didukung oleh stablecoin, dan biasanya dipatok pada mata uang fiat, seperti penurunan dolar AS.

“ Orang tidak tahu apa yang harus dilakukan, mereka panik dan menarik likuiditas dari pasar,” katanya. “[Bitcoin] anti siklus sehingga harus berperilaku seperti tempat yang aman. Tetapi dalam periode histeria yang singkat ini, kemungkinan kita akan melihat banyak volatilitas. Indeks volatilitasnya sangat tinggi, ”katanya.

Baca juga: Bitcoin Buktikan Sebagai Aset Aman Saat Gejolak Global

Mungkinkah Crypto dan Bitcoin Masih Jadi Safe Haven Asset ?

Saat ini kondisi pasar dan lainnya cukup buruk mengingat wabah corona yang belum kunjung mereda, untuk alasan itu dan banyak alasan lainnya, dalam waktu dekat Tasca dan beberapa ahli mengatakan bahwa mencoba-coba crypto mungkin terlihat sama cerobohnya seperti berjudi dengan uang sewa.

“Hedge fund mungkin ingin mengurangi eksposur mereka ke pasar crypto, yang memiliki volatilitas lebih tinggi daripada pasar uang, pada periode ini, mereka mungkin lebih memilih pasar uang daripada produk pasar crypto,”  kata Tasca.

Tej Parikh, Kepala Ekonom, di Institute of Directors, organisasi terkemuka di Inggris untuk para pemimpin bisnis dan pengusaha, pun setuju dengan pendapat dari Tasca ini.

“Gelombang ekonomi global yang disebabkan oleh wabah Coronavirus telah menjauhkan investor dari ekuitas yang mudah berubah, dampak pandemi yang sangat nyata dan tidak pasti pada rumah tangga dan bisnis kemungkinan besar akan melihat pemodal menjalankan aset safe haven tradisional,  seperti emas dan obligasi pemerintah, sementara akan ada beberapa keraguan atas cryptocurrency, “katanya.

Edward Cartwright, Profesor Ekonomi di De Montfort University, di kota Leicester, Inggris tidak percaya bahwa cryptocurrency adalah tempat yang aman, tetapi Ia justru mengatakan kepada Decrypt bahwa mereka sekarang mungkin tampak kurang berisiko dibandingkan dengan aset alternatif lainnya.

“Jika cryptocurrency dipandang sebagai aset yang dapat melindungi dari goncangan Coronavirus, dan perlambatan ekonomi dunia yang hampir tak terelakkan, maka harganya akan naik,” katanya.

“Namun, jika mereka dipandang sebagai risiko yang dapat dihindari pada saat ketidakpastian harga mereka akan turun. Bukti menunjukkan bahwa resesi membuat investor kurang mau mengambil risiko. Jadi, saya tidak akan mengharapkan penerbangan ke cryptocurrency. Tapi , sama, saya tidak melihat alasan untuk penurunan harga yang dramatis. “

Namun beberapa orang mengatakan bahwa ketika situasi sudah mulai tenang, crypto bisa menjadi tempat yang aman. Kita bisa memasuki periode transisi, dengan Bitcoin mendefinisikan kelas aset yang berperilaku seperti hibrida dari saham teknologi, dan emas.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.