Berita Blockchain · 7 min read

Sempat Kena Hack, Binance Smart Chain Sudah Beroperasi Lagi

Binance Smart Chain beroperasi lagi

Pertukaran crypto Binance, mengumumkan bahwa Binance Smart Chain (BSC) sudah kembali beroperasi.

Sebelumnya Binance Smart Chain telah mengalami eksploitasi dana sekitar $100 juta cryptocurrency atau senilai $572 juta. 

Eksploitasi ini mempengaruhi jembatan jaringan antara BNB Beacon Chain (BEP2) dan Binance Smart Chain (BEP20 atau BSC) yang dikenal sebagai “BSC Token Hub”. 

Untungnya eksploitasi ini terdeteksi pada saat peretas melakukan sebagian besar pemindahan dana dari platform. Alhasil $7 juta dapat dibekukan oleh Binance. 

Baca juga: Mengenal Binance Smart Chain yang Bikin Ethereum Terancam!

CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ) juga mengatakan bahwa jumlah uang yang diretas terhitung sekitar seperempat dari burn token BNB. Yang mana fungsinya untuk mengontrol pasokan dan harga tokennya, dilansir dalam cuitan Twitternya, Senin (10/10/22).

Tetapi, meskipun jaringan sudah kembali beroperasi, tim developer memberikan pemberitahuan bahwa kemungkinan dana pengguna akan terhambat dalam transaksi. Namun, pihaknya memastikan bahwa dana tetap aman dan akan memberikan info pembaruan lebih lanjut.

Pembaruan Ekosistem Binance BNB Chain 

Selain itu, para pengembang memutuskan untuk mengadakan pemungutan suara tata kelola on-chain dalam beberapa hari mendatang setelah kejadian eksploitasi tersebut. 

Adapun empat tindakan yang dapat dilakukan, pertama apakah akan membekukan dana yang diretas, kedua apakah akan membakar sisa dana secara otomatis, ketiga menawarkan hadiah whitehat untuk sisa dana, dan terakhir hadiah untuk menangkap peretas hingga 10% dari dana.

Tetapi pemungutan suara ini memicu kontroversi di kalangan  komunitas. Karena Blockchain bersifat terdesentralisasi, dengan pemungutan suara yang hanya diikuti segelintir orang sehingga mengurangi nilai terdesentralisasi tersebut.

Namun pihak Binance Smart Chain mengingatkan, jika tujuan pemungutan suara oleh validator BSC yaitu untuk peningkatan BNB Beacon Chain. Sebab jika dilihat lebih luas lagi, kerentanan terhadap serangan di jembatan cross-chain bisa terjadi lagi kapanpun. 

Karena itu, mekanisme tata kelola on-chain yang baru akan diperkenalkan di BNB Chain untuk mempertahankan dan melawan peretasan yang akan datang. 

Baca Juga : Digital Pilipinas Rayakan Adopsi Digital di ASEAN!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.