Binance Meluncurkan Mining Pool Bitcoin Pertamanya! 

Wafa Hasnaghina

3rd April, 2020

Binance berencana untuk meluncurkan mining pool bitcoinnya sendiri. Peluncuran ini adalah yang pertama kali untuk platform yang populer dengan crypto exchange-nya tersebut.

Berita itu diumumkan, pada Selasa, 31 Maret 2020 oleh Coinlife, platform berita crypto di Russia. Selanjutnya, berita ini dikonfirmasi oleh tiga sumber dalam bisnis mining. CEO Binance Changpeng Zhao menuliskan di twitter pribadinya tentang peluncuran mining pool ini pada keesokan harinya. 

“Perusahaan telah mempekerjakan beberapa profesional untuk peluncuran ini, beberapa dari mereka adalah mantan karyawan dari Bitmain. Peluncuran (mining pool) ini rencananya akan dilakukan pada Kuartal 2 tahun 2020”, berita pada Coinlife.

Baca juga: Aplikasi Mining Bitcoin Android Penghasil Terbanyak 2020

Ketua kelompok miner Sigmapool, Jakhon Khabilov, mengatakan Binance sudah melakukan penawaran bonus “berlimpah” kepada klien yang berpotensial dalam menjangkau miner di China untuk turut mempromosikan layanan baru yang akan datang ini. 

Binance mencoba mengikuti jejak rekan-rekan pendahulunya, OKex dan Houbi yang telah lebih dulu meluncurkan mining pool mereka masing-masing pada bulan Agustus dan September 2019. Kedua exchange pool ini berada pada 10 besar pool yang memproduksi blok terbanyak dalam Blockchain Bitcoin, menurut Blockchain.com.

Alejandro de la Torre, wakil presiden Pooling, yang saat ini merupakan mining pool kedua terpopuler, mengatakan motivasi utama dalam exchange untuk masuk ke dalam permainan Bitcoin Mining ini adalah likuiditas. Mining adalah cara termurah untuk menambahkan likuiditas pada bursa.

Igor Renuts, CEO Bitriver, mining pool di Rusia, percaya bahwa membuka mining pool adalah langkah logis dalam crypto exchange. “Kedua bisnis ini berbasis perangkat lunak, sehingga tidak memerlukan keterampilan profesional tambahan. Basis pengguna sebagian besar nantinya juga akan tumpang tindih, banyak pengguna mining pool yang juga merupakan pengguna dari exchange.”

Sumber