Beberapa Token Micin Ini Meroket! Berikut Analisisnya

Naufal Muhammad

5th April, 2021

Dalam awal bulan ini, mayoritas token yang memiliki harga murah atau akrab disebut token β€œmicin” mengalami apresiasi yang cukup signifikan.

Rata-rata apresiasi yang dialami beberapa token ini mencapai lebih dari 100% bahkan terdapat pergerakan melebihi 1.000% hanya dalam pekan lalu.

Beberapa Token Micin Meroket!

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih dalam apa yang membuat apresiasi tersebut terjadi dan bagaimana potensi pergerakan ke depannya.

Analisis akan dilakukan terhadap empat token yang memiliki sentimen sosial yang tergolong kuat di mayoritas investor dan trader crypto.

1. BitTorrent (BTT)

Token yang pertama adalah BTT, token asli dari BitTorent yang naik mencapai sekitar 201% hanya dalam satu pekan terakhir.

Apresiasi ini terjadi akibat sentimen positif dari Tron (TRX) dimana BTT merupakan salah satu token yang telah resmi diakuisisi oleh Tron.

Pendiri dari Tron, Justin Sun, saat ini sedang memiliki fokus utama untuk pengembangan NFT yang dimana BTT akan memiliki andil besar.

Hal tersebut disebabkan oleh BTT yang bergerak sebagai salah satu penyokong di industri perangkat lunak dan juga gaming.

Sehingga, kemungkinan andilnya dalam dunia NFT di ekosistem Tron menjadi semakin besar, sehingga mendorong harganya untuk naik.

Baca juga: BTT Naik 30% Lebih Membentuk Harga Tertinggi Baru, Ini Penyebabnya

Selain itu, saat ini BTT juga diadopsi oleh beberapa platform yang menawarkan fitur staking dengan hasilnya yang diberikan dalam BTT.

Dari sisi teknikal, saat ini ini BTT sudah naik cukup signifikan, sehingga ada kemungkinan koreksi kecil sebelum bergerak naik kembali.

Umumnya saat suatu crypto menyentuh harga tertinggi baru, koreksi akan terjadi sebelum naik kembali.

Kemungkinan besar, melihat Indikator RSI dan MACD yang sudah mulai berada di zona beli yang jenuh, koreksi akan terjadi.

Namun, melihat sentimen positif yang masih kuat di sekitar BTT, kemungkinan besar koreksi masih akan terjadi hanya sesaat.

Grafik Harian BTTUSD

Melihat MA Cross yang masih berada di bawah harga, kemungkinan besar apresiasi akan berlanjut setelah koreksi terjadi.

Koreksi kemungkinan besar akan menuju hingga $0,01 hingga $0,007 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi kembali.

Tujuan selanjutnya kemungkinan besar akan berada pada $0,014 hingga $0,023 yang berada di dekat daerah 161,8% Fibonacci Extension.

2. WINk (WIN)

WINk menjadi salah satu crypto yang bergerak dalam ekosistem Tron yang mengalami apresiasi cukup signifikan.

Crypto yang berfokus pada sektor gaming ini terlihat mengalami apresiasi yang signifikan bahkan mencapai sekitar 543% hanya dalam satu pekan terakhir.

WIN juga terimbas sentimen positif dari Justin Sun seperti BTT, akibat aspek yang diutamakan oleh ekosistem NFT baru di Tron adalah sektor gaming.

Selain itu, WINk juga terus mengalami apresiasi dalam penggunaan akibat banyaknya pihak yang menggunakan WINk sebagai alat tukar pada beberapa permainan daring (game online).

Meningat tingginya ketertarikan terhadap industri gaming terutama di masa pandemi ini, WINk mendapatkan sentimen positif yang cukup kuat.

Selain itu, saat ini beberapa platform juga menawarkan WINk sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu melalui staking.

Baca juga: Nvidia Digugat Karena Menyamarkan $1Miliar di β€˜Fickle’ Crypto Mining Sales sebagai Pendapatan Gaming

Di luar imbalan tersebut, saat ini para pemilik yang melakukan staking juga dapat menerima imbalan melalui airdrop WIN.

Oleh karena itu, saat ini sentimen positif di sekitar WIN masih terlihat cukup besar.

Namun dari sisi teknikal, seperti BTT, nampaknya koreksi akan terjadi sebelum naik kembali.

Grafik Harian WINUSDT

Saat ini MACD dan RSI terlihat berada di zona beli yang jenuh, bersama terbentuknya doji candlestick pada pembukaan perdagangan hari ini.

Sehingga, kemungkinan koreksi masih cukup besar sebelum naik kembali. Tujuan koreksi kemungkinan besar berada pada $0,0021 hingga $0,0013.

Jika batas tersebut ditembus, kemungkinan apresiasi menjadi kecil. Namun, jika berhasil naik, target berikutnya berada di $0,0041 yaitu di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

3. VidyCoin (VIDY)

VidyCoin menjadi salah satu crypto yang mengalami apresiasi cukup signifikan dalam satu pekan terakhir, bahkan mencapai 183%.

Token ini bergerak akibat adanya sentimen positif secara sosial dimana terdapat kabar rencana peluncuran yang mengarah ke sektor NFT.

Mengingat fungsi crypto VIDDY yang terfokus pada kegunaan pembagian video secara terdesentralisasi, penggunaannya akan signifikan di dunia NFT.

Melihat NFT yang sudah mulai keluar dari hanya gambar dan beralih ke video serta musik, kemungkinan potensi VIDY menjadi sangat besar.

Baca juga: Youtube Akui Kesalahan Hapus Video Terkait Aset Kripto

Dari sisi teknikal, nampaknya VIDY telah melalui koreksinya untuk bergerak lebih tinggi.

Namun pergerakan tersebut tidak menutup adanya potensi koreksi terjadi kembali.

Grafik Harian VIDYUSDT

Kemungkinan saat ini VIDY akan turun hingga $0,007, yang jika terus memburuk dapat membawanya kembali ke $0,006 sebelum naik kembali.

Namun, melihat pergerakannya yang masih positif, kemungkinan tujuan selanjutnya masih terus naik hingga $0,013.

Tapi melihat adanya potensi buy the rumor sell the news akibat adanya kabar yang masih dalam rencana publikasi.

Sehingga, token VIDY masih memiliki potensi koreksi saat kabar tersebut dipublikasi.

4. WazirX (WRX)

WazirX menjadi salah satu crypto yang juga mengalami apresiasi cukup signifikan dan kembali lagi terjadi akibat adopsi NFT.

WRX baru saja mengumumkan bahwa bursanya telah resmi meluncurkan platform perdagangan resmi untuk NFT.

WazirX memiliki target pengguna yaitu para seniman di India untuk menjual hasil karyanya melalui NFT dalam bursa tersebut.

Sentimen ini nampaknya menjadi positif untuk para investor dan trader akibat harganya yang naik hingga 1.500% dalam hanya satu pekan.

Baca juga: Mahkamah Agung India Izinkan Bank Jual Beli Bitcoin

NFT nampaknya masih menjadi perhatian pasar akibat menjadi salah satu fenomena utama akibat menggabungkan beberapa inovasi.

Inovasi tersebut adalah industri digital, seni, koleksi, dan juga gaming, yang diprediksi akan menjadi hal terbesar dalam beberapa tahun ke depan.

Sehingga sentimen ini nampaknya telah berhasil mengangkat WRX untuk naik, bersama dengan volume perdagangan bursanya yang mencapai angka tertinggi.

Grafik Harian WRXUSD

Dari sisi teknikal, saat ini tujuan WRX masih terlihat berada di $5,3 yang jika berhasil ditembus dapat mendorong harga untuk naik lebih tinggi ke $6,7 hingga $10,8.

Saat ini batas pengaman apresiasi terlihat berada di $4,6 hingga $3,3 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi.

Perlu diingat bahwa beberapa token ini telah mengalami apresiasi yang signifikan.

Sehingga ada baiknya jika ingin membeli, analisis pribadi dilakukan terlebih dahulu akibat risiko ditanggung oleh masing-masing trader dan investor.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.