Bear Market Pengaruhi Penilaian Modal Ventura

By Aulia Medina     Tuesday, February 12 2019

Penilaian Venture capital (VC) dipengaruhi oleh bear market cryptocurrency, tutur Jalak Jobanputra, mitra pendiri Future Perfect Ventures. Jobanputra berkomentar dalam pernyataan terbaru venture capital dalam sebuah wawancara dengan Fortunes’ Balancing the Ledger pada 11 Februari lalu.

Ketika ditanya apakah ada tren evaluasi usaha diskon dalam ruang mata uang digital, Jobanputra mengatakan bahwa “mengingat banyaknya volume yang turun tahun lalu, saya tidak akan kaget jika kami melihat valuasi turun di pasar sekunder untuk beberapa perusahaan ini.” Sebuah laporan baru-baru ini  menunjukan bahwa saham perusahaan keuangan crypto, Circle diperdagangkan dengan 75 persen di pasar sekunder.

Jobanputra yang juga memegang jabatan dewan direksi di valuta asing digital, BitPesa, telah berinvestasi dalam perusahaan yang terkait dengan crypto dan blockchain seperti Civic dan Blockstream.

Baca juga: QuadrigaCX Tidak Kehilangan Akses ke Dana Bitcoin. Apakah sebuah kesalahan?

Tidak berinvestasi dalam initial coin offerings (ICOs)

Terkait keputusan perusahaan untuk tidak berinvestasi dalam initial coin offerings (ICOs), Jobanputra berdebat bahwa “mereka terbuka secara finansial terhadap penurunan pasar crypto sebaik dari sudut pandang teknologi. Dan juga dari banyak pengalaman saya dalam berinvestasi dalam era internet ini mempengaruhi keputusan saya untuk keluar dari ICO market.”

Jobanputra juga mengatakan bahwa perusahaan cryptocurrency berputar ke ruang modal ventura, walaupun sebelumnya sebagian dana VC dilaporkan menjauh dari pasar tersebut. Dia bilang bahwa perlu bagi perusahaan untuk menemukan cara baru untuk mengumpulkan modal agar dapat bertahan hidup di lingkungan yang ada.

Didirikan pada 2014 lalu di New York, Future Perfect Ventures adalah sebuah perusahaan modal usaha yang berfokus pada investasi tahap awal terutama di perusahaan teknologi, termasuk blockchain, pembelajaran mesin, dan analisis data.

Baru-baru ini, Bloomberg merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa di tengah kemerosotan pasar 2018, peluncuran dana ventura crypto baru untuk pertama kalinya melebihi dana lindung nilai baru. 125 dana usaha crypto baru dilaporkan diluncurkan pada tahun 2018, dibandingkan dengan 115 dana lindung nilai crypto baru yang berorientasi pada investasi.

Sumber