Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bank Sentral di Berbagai Negara Ingin Buat Mata Uang Digital Sendiri

anisa giovanny     Wednesday, January 22 2020

Bank of England dan Bank Sentral Eropa mengatakan pada hari Selasa,  jika bank sentral diberbagai belahan dunia mulai melirik mata uang digital dan ingin membuat mata uang digitalnya sendiri.

Hal tersebut muncul di tengah perdebatan yang berkembang mengenai masa depan uang dan siapa yang akan menjadi pengendali utamanya.

Bank sentral Inggris, zona euro, Jepang, Swedia dan Swiss akan berbagi pengalaman dalam sebuah kelompok baru yang akan membahas soal mata uang digital. Kelompok akan dipimpin oleh mantan pejabat Bank Sentral Eropa, Benoit Coure dan dibantu oleh Bank of Interanational Settlements.

“ Grup ini akan menilai pilihan desain ekonomi, baik dari fungsional dan teknis. Ini termasuk interoperabilitas lintas batas dan berbagai pengetahuan tentang teknologi yang muncul, “ ujar perwakilan bank sentral dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters.

Kehadiran Libra Mendorong CBDC Lebih Cepat

Bank-bank sentral di seluruh dunia mulai mempercepat langkah mereka untuk mengeluarkan mata uang digital sendiri, atau biasa dikenal sebagai central bank digital currencies (CBDC). 

Kehadiran Facebook yang telah meluncurkan cryptocurrency Libra telah menambah dorongan bagi banyak bank sentral dunia untuk mengembangkan mata uang digital. Hal tersebut juga telah menjadi sebuah motivasi untuk mempertanyakan apakah bank sentral negara dapat terus mengendalikan uang dalam beberapa dekade mendatang.

Central Bank Cina telah memulai lebih dulu, ia muncul sebagai pelopor CBDC. Meskipun rincian mengenai proyeknya masih cukup sulit untuk diketahui secara mendetail. 

Coinvestasi pun pernah melaporkan jika Cina telah menyelesaikan desain utama mata uang digitalnya dan akan di uji coba di dua kota besar di negara tersebut.

Baca juga :

Di Amerika Serikat , ketua Fed Jerome Powell  mengatakan pada November lalu jika pihaknya sedang memantau perdebatan soal mata uang digital namun tidak secara aktif mempertimbangkan soal pertanyaan hukum, peraturan dan operasional.

Tetapi presiden Bank Federal Reserve Philadelphia, Patrick Harker justru pernah mengatakan sebulan sebelumnya jika mata uang digital merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan. Bahkan The Fed pun akan mulai mengeluarkan mata uang digital.

Beda CBDC Bank Sentral dan Cryptocurrency

CBDC adalah mata uang tradisional tapi dalam bentuk digital yang dikeluarkan dan diatur oleh bank sentral negara. Sedangkan cryptocurerency seperti Bitcoin didapatkan dengan memecahkan teka-teki matematika yang rumit dan diatur oleh komunitas online tanpa memiliki otoritas terpusat.

Namun penyebut umum soal cryptocurrency dan CBDC ada pada tingkat yang berbeda-beda dan didasarkan pada teknologi blockchain, buku besar digital yang memungkinkan seluruh transaksi idrekam dan diakses secara realtime oleh banyak pihak.

Tahun lalu Gubernur  Bank of England (BoE), Mark Carney telah menentukan target untuk mendestabilisasi dolar AS dalam ekonomi dunia dan mengatakan central bank mungkin perlu bergabung bersama untuk menciptakan mata uang cadangan.

“ Solusi terbaik adalah sistem keuangan multi-kutub yang beragam, sesuatu yang bisa disediakan oleh teknologi. Libra Facebook adalah mata uang digital paling terkenal yang diusulkan hingga saat ini. Walaupun masih menghadapi sejumlah masalah mendasar yang belum ditangani, “ kata Carney.

Sumber