Berita Regulasi · 5 min read

Bank Sentral di Berbagai Negara Ingin Buat Mata Uang Digital Sendiri

Bank of England dan Bank Sentral Eropa mengatakan pada hari Selasa,  jika bank sentral diberbagai belahan dunia mulai melirik mata uang digital dan ingin membuat mata uang digitalnya sendiri.

Hal tersebut muncul di tengah perdebatan yang berkembang mengenai masa depan uang dan siapa yang akan menjadi pengendali utamanya.

Bank sentral Inggris, zona euro, Jepang, Swedia dan Swiss akan berbagi pengalaman dalam sebuah kelompok baru yang akan membahas soal mata uang digital. Kelompok akan dipimpin oleh mantan pejabat Bank Sentral Eropa, Benoit Coure dan dibantu oleh Bank of Interanational Settlements.

“ Grup ini akan menilai pilihan desain ekonomi, baik dari fungsional dan teknis. Ini termasuk interoperabilitas lintas batas dan berbagai pengetahuan tentang teknologi yang muncul, “ ujar perwakilan bank sentral dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters.

Kehadiran Libra Mendorong CBDC Lebih Cepat

Bank-bank sentral di seluruh dunia mulai mempercepat langkah mereka untuk mengeluarkan mata uang digital sendiri, atau biasa dikenal sebagai central bank digital currencies (CBDC). 

Kehadiran Facebook yang telah meluncurkan cryptocurrency Libra telah menambah dorongan bagi banyak bank sentral dunia untuk mengembangkan mata uang digital. Hal tersebut juga telah menjadi sebuah motivasi untuk mempertanyakan apakah bank sentral negara dapat terus mengendalikan uang dalam beberapa dekade mendatang.

Central Bank Cina telah memulai lebih dulu, ia muncul sebagai pelopor CBDC. Meskipun rincian mengenai proyeknya masih cukup sulit untuk diketahui secara mendetail. 

Coinvestasi pun pernah melaporkan jika Cina telah menyelesaikan desain utama mata uang digitalnya dan akan di uji coba di dua kota besar di negara tersebut.

Baca juga :

Di Amerika Serikat , ketua Fed Jerome Powell  mengatakan pada November lalu jika pihaknya sedang memantau perdebatan soal mata uang digital namun tidak secara aktif mempertimbangkan soal pertanyaan hukum, peraturan dan operasional.

Tetapi presiden Bank Federal Reserve Philadelphia, Patrick Harker justru pernah mengatakan sebulan sebelumnya jika mata uang digital merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan. Bahkan The Fed pun akan mulai mengeluarkan mata uang digital.

Beda CBDC Bank Sentral dan Cryptocurrency

CBDC adalah mata uang tradisional tapi dalam bentuk digital yang dikeluarkan dan diatur oleh bank sentral negara. Sedangkan cryptocurerency seperti Bitcoin didapatkan dengan memecahkan teka-teki matematika yang rumit dan diatur oleh komunitas online tanpa memiliki otoritas terpusat.

Namun penyebut umum soal cryptocurrency dan CBDC ada pada tingkat yang berbeda-beda dan didasarkan pada teknologi blockchain, buku besar digital yang memungkinkan seluruh transaksi idrekam dan diakses secara realtime oleh banyak pihak.

Tahun lalu Gubernur  Bank of England (BoE), Mark Carney telah menentukan target untuk mendestabilisasi dolar AS dalam ekonomi dunia dan mengatakan central bank mungkin perlu bergabung bersama untuk menciptakan mata uang cadangan.

“ Solusi terbaik adalah sistem keuangan multi-kutub yang beragam, sesuatu yang bisa disediakan oleh teknologi. Libra Facebook adalah mata uang digital paling terkenal yang diusulkan hingga saat ini. Walaupun masih menghadapi sejumlah masalah mendasar yang belum ditangani, “ kata Carney.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.