Bank Besar Morgan Stanley Beli Bitcoin, Ini Jumlahnya!

Rossetti Syarief

25th November, 2021

Dana investasi yang disalurkan oleh bank investasi besar asal Amerika Serikat, Morgan Stanley, telah meningkatkan eksposur mereka terhadap Bitcoin melalui pembelian saham Grayscale Bitcoin Trust.

Persentase Kenaikan

Pada Selasa (23/11), SEC memberi catatan jika Morgan Stanley Insight Fund meningkatkan kepemilikannya di Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) sahamnya lebih dari 63%, dari 928.051 pada kuartal kedua 2021 menjadi 1.520.549 pada 30 September.

Sementara catatan pada Growth Portfolio perusahaan menunjukkan bahwa ia memegang 3.642.118 saham GBTC pada kuartal ketiga tahun 2021, meningkat 71% jika dibandingkan dengan 2.130.153 saham pada Q2.

Tak ingin tertinggal, Morgan Stanley Global Opportunity Portfolio kini telah memegang 1.463.714 GBTC, alami peningkatan 59% dari 919.805 saham dalam tenggang waktu hanya 3 bulan.

Pada saat penulisan, harga GBTC bernilai $45,72, membuat eksposur bank investasi terhadap Bitcoin (BTC) di ketiga dana tersebut berharga $303 juta, dengan 6.626.381 saham. 

Portofolio dan dana masing-masing memungkinkan bank tersebut untuk mendapatkan eksposur ke BTC tanpa berinvestasi langsung dalam cryptocurrency. 

Pada bulan September silam, perusahaan mengumumkan akan mendirikan divisi penelitian yang berfokus pada crypto yang bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan signifikansi cryptocurrency dan aset digital lainnya di pasar global.

Morgan Stanley Memiliki Lebih dari Dua Kali Lipat Saham Grayscale Bitcoin Trust

Menurut laporan SEC pada 27 September silam, Morgan Stanley Europe Opportunity Fund memiliki 58.116 saham Grayscale Bitcoin Trust per 31 Juli. 

Sementara pada saat penulisan, harga GBTC adalah $34,28, membuat eksposur bank investasi terhadap Bitcoin mencapai $2 juta.

Pengajuan sebelumnya menunjukkan bahwa bank investasi tersebut telah meningkatkan sahamnya di GBTC lebih dari 105% sejak April. Menurut penelusuran Cointelegraph, pada bulan Juni bank investasi tersebut sudah memiliki 28.298 GBTC, senilai sekitar $1,3 juta.

Sebelumnya, Morgan Stanley telah mengumumkan akan menambahkan eksposur Bitcoin ke 12 dana investasi melalui Grayscale.

Bank kemudian memimpin putaran pendanaan $48 juta untuk Securitize, platform tokenisasi yang didukung Coinbase. Tindakan tersebut mewakili investasi modal pertamanya ke dalam blockchain.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik