Berita Blockchain · 5 min read

Bagaimana Seni Digital Bekerja dalam Blockchain

Unsur keunikan dan kebaruan umumnya dianggap sebagai prinsip pendirian kreativitas dalam seni. Prinsip-prinsip ini sering ditantang dalam ruang seni digital di mana proliferasi salinan digital tidak sah membuatnya hampir mustahil untuk membuktikan kepemilikan atau kepenulisan dari karya seni yang bersangkutan.

Teknologi blockchain hadir sebagai solusi jangka panjang untuk ruang seni digital yang memberikan kesempatan tidak hanya membatasi jumlah karya yang dimaksudkan oleh seniman, tetapi juga untuk membuat versi unik dari karya digital. Jadi, apa yang membuat teknologi ini begitu inovatif bagi seniman digital dan pasar mereka?

Blockchain Sebagai Solusi

Pertama, platform berbasis blockchain memungkinkan seniman untuk mendaftarkan informasi hak cipta dan asalnya untuk seni mereka yang mendukung keunikan dan kelangkaan digital. Verisart adalah salah satu platform pertama yang membantu seniman mengeluarkan sertifikat keaslian untuk karya mereka di blockchain. Didirikan oleh Robert Norton, mantan CEO Saatchi Online dan Sedition, perusahaan ini menggunakan teknologi blockchain untuk ‘melindungi catatan penciptaan dan kepemilikan untuk memverifikasi keaslian karya seni’.

Baca juga artikel ini: Pameran Seni di Prancis Memperingati 10 Tahun Bitcoin Dengan Berburu Harta Karun

Selain mendukung keaslian seni, kelangkaan digital juga membuka peluang bisnis baru bagi seniman dan kolektor. Kita dapat mengamati pertumbuhan berkelanjutan dari pasar online untuk berdagang seni digital dan crypto yang dapat dikoleksi, seperti CryptoKitties dan CryptoPunks. Beberapa pasar, seperti Rare Bits, memudahkan para kolektor untuk tidak hanya membeli dan menjual aset crypto mereka dengan biaya nol tetapi juga mengelola portofolio koleksi crypto mereka dan mendapatkan pendidikan tentang aset crypto baru yang akan datang.

Akhirnya, sifat blockchain yang tidak dapat diubah dan opsi untuk membuat fraksi tak terbatas dari setiap bagian ruang seni digital terbuka untuk penggunaan teknologi yang kreatif. Salah satu perkembangan menarik adalah kolaborasi antara Snark.art, laboratorium digital untuk seni dan teknologi, dengan Eve Sussman, seniman video, film, dan instalasi yang mapan. Hasil kolaborasi ini, sebuah karya seni berbasis Ethereum asli, 89 detik Atomized, ‘mengambil video karya Sinalman seminal (2004) karya 89 detik di Alcazár dan mengubahnya untuk blockchain’ untuk dikumpulkan dan berinteraksi dengan cara konseptual baru.

Kesimpulan

Simpulannya, seni digital jelas merupakan salah satu kandidat paling jelas dalam menggunakan blockchain untuk pasar seni. Akses ke teknologi mutakhir seperti AI dan VR memberi seniman alat digital baru untuk membuat karya yang tidak dapat dibayangkan beberapa tahun yang lalu, sementara blockchain membantu pembuat konten untuk mengamankan kepenulisan karya mereka. Tapi, yang paling penting, blockchain dan pengadopsiannya di dunia seni, adalah langkah penting berikutnya untuk meningkatkan status seni digital, membuatnya lebih diinginkan untuk komunitas kolektor global dan menempatkannya ke tingkat yang sama dengan seni yang lebih tradisional.

Sumber: Forbes

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.