Berita Blockchain · 8 min read

Ant Financial Rilis OpenChain untuk Bantu Pengembang Bisnis Kecil

Perusahaan fintech Tiongkok, Ant Financial, mengumumkan pada Jumat (17/4/2020) platform blockchain OpenChain saat ini dapat digunakan oleh para pengembang bisnis kecil untuk membantu mereka dalam menjalankan aplikasi di banyak komputer dengan jaringan yang sama.

Ant Financial, dulunya dikenal sebagai AliPay, sebuah perusahaan fintech yang menjadi bagian dari e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba. Di mana, Ant Financial saat ini diperkirakan menjadi fintech paling bernilai di dunia. Perusahaan Ant Financial, telah melakukan eksplorasi di bidang pembayaran dan logistik dengan menggunakan teknologi blockchain termasuk pembayaran lintas batas.

Dengan jumlah lebih dari satu miliar akun pengguna dan melayani hingga satu miliar transaksi per harinya. OpenChain adalah platform blockchain yang secara resmi dikembangkan oleh tim internal Ant Financial, yang awalnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan perusahaan, namun seiring dengan berkembangnya waktu, OpenChain saat ini sudah bisa digunakan secara umum.

“Aplikasi blockchain telah semakin populer selama beberapa tahun terakhir, peluncuran OpenChain untuk pengembang bisnis kecil bertujuan untuk membantu satu juta usaha kecil dan mikro, dan juga pengembang untuk berinovasi dalam tiga tahun kedepan guna eksplorasi dalam kasus penggunaan blockchain di masa mendatang,” Jin Ge, Manajer Umum Platform Blockchain, Ant Financial.

Sebab, OpenChain merupakan sebuah paket pengajaran yang mudah digunakan dan dirancang untuk memungkinkan banyaknya pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, dan dapat dimanfaatkan sebagai solusi penggunaan pembiayaan rantai pasokan, sumber produk, faktur digital, dan juga donasi amal.

Sebab, blockchain memiliki node atau simpul yang saling berhubungan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam jaringan, sehingga bila kamu ingin mengetahui suatu informasi dari setiap node atau titik, kamu tidak perlu harus meminta izin dari otoritas pusat. Karena teknologi blockchain menggunakan kriptografi terdistribusi untuk menyimpan data transaksi dengan cara yang aman. Dengan melakukan otentikasi data secara invidu untuk mengetahui apakah kamu adalah orang yang terlibat dalam perjanjian blockchain tersebut atau tidak.

“Di mana pihak bisa menambahkan fitur-fitur atau layanan lainnya dari mitra pengembang di luar sana yang sesuai dengan kebutuhan pebisnis kecil. Kecepatan transaksi OpenChain bisa lebih cepat dibanding dengan platform blockchain publik yang dijalankan di jaringan Ethereum,” Wu Xiao, Pendiri dan Kepala Eksekutif, WhiteMatrix.

Selain itu, OpenChain juga memiliki biaya transaksi yang lebih murah atau hanya sepersepuluh dari platform blockchain lainnya.  Untuk biaya langganan, OpenChain hanya membebankan biaya $14 per bulan untuk usaha kecil dan mitra pengembang yang ingin masuk ke layanan OpenChain. Layanan OpenChain juga dikenal dengan istilah layaknya open source, yang mana pihak pengembang bisa bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber yang tersebar dan tersedia bebas.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.