Berita Altcoins · 8 min read

Aneh Bin Ajaib! Koin DeFi Sedang Buntung, Tapi Jumlah User Baru Malah Meningkat

Di saat para investor koin DeFi harus menghadapi kenyataan pahit bahwa mereka harus kehilangan banyak uangnya dan mengalami rugi besar pada bulan lalu. Nampaknya isu tersebut tidak terlalu menganggu psikis para investor barunya.

Tercatat, total jumlah pengguna DeFi tercatat mengalami kenaikan lebih dari 55% dalam jangka waktu 6 minggu terakhir. Di mana, pengguna DeFi mengalami kenaikan hingga 40% selama Oktober 2020. Padahal, seperti diketahui pada bulan lalu banyak koin DeFi yang mencatatkan kinerja yang buruk.

Menurut Dune Analytics, jumlah total alamat pengguna DeFi adalah sekitar 860.000, yang telah mengalami pertumbuhan sekitar 10x lipat dalam setahun terakhir. Di mana, jumlah total pengguna DeFi tersebut bisa berasal dari satu pengguna yang dapat memiliki beberapa alamat. Hal ini bisa dikarenakan masing-masing investor bisa memiliki lebih dari satu koin DeFi misalnya YFI, LINK, dll.

koin defi

Meskipun pada bulan lalu, koin DeFi diselimuti awan gelap dengan adanya penurunan nilai yang signifikan. Namun jumlah pengguna DeFi meningkat hampir 40% dari sekitar 550.000 menjadi 775.000 selama Oktober 2020.

Lebih dari 85.000 pengguna bergabung ke DeFi selama 11 hari pertama di bulan November. Dan meningkatkan jumlah pengguna DeFi sebesar 11% dalam kurun waktu 2 minggu. Secara total, jumlah pengguna DeFi sudah bertumbuh 55% sejak awal Oktober.

Platform DeFilending, Compound dan Dydx menjadi platform DeFi yang mengalami peningkatan jumlah pengguna terbanyak untuk DeFi. Tercatat kedua platform DeFi tersebut masing-masing mengalami kenaikan pengguna sebesar 250% dan 50% selama 30 hari terakhir.

Pertumbuhan jumlah pengguna dari Compound lebih tinggi dibanding platform DeFi lainnya seperti UniSwap dengan masing-masing pengguna baru yang bergabung sebanyak 135.000 dan 110.000 dalam satu bulan terakhir.

token defi

Selain itu, selama 30 hari terakhir tercatat adanya peningkatan jumlah pasangan koin yang bisa diperdagangkan sebesar 34% dari sekitar 16.200 menjadi 21.700.

Dune Analytics memperkirakan sebanyak 81.000 pengguna berinteraksi dengan UniSwap selama seminggu terakhir – sama dengan 9,4%  dari semua alamat pengguna yang terlibat di seluruh DeFi.

Saat ini, Uniswap memimpin untuk perdagangan DEX harian sebesar 63,6%. Dan disusul oleh Curve dengan 12,2%, serta SushiSwap dengan 8,64% dan Ox sebesar 7%. Dengan demikian, 4 bursa DEX tersebut menghasilkan lebih dari 91% total volume Dex.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.