Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Melihat Grafik Historis, Analis Prediksi Bitcoin Bull Run 2020 Baru Dimulai

Wafa Hasnaghina     Monday, November 30 2020

Jika melihat grafik historis harga Bitcoin (BTC) dan kinerjanya di masa lalu. Para analis dan trader crypto melihat adanya siklus bullish. Terlebih, harga Bitcoin saat ini masih jauh dari harga all-time-high-nya.

Harga Bitcoin Tahun 2013 Dibandingkan Sekarang

Supporter Bitcoin terkenal bernama CryptoBull mengemukakan perbandingan terkait dengan kinerja harga Bitcoin dari akhir 2013 ketika BTC mencapai harga all-time-high di $1.160 dan ketika mencapai level all-time-high di $20.000 pada Desember 2017 silam.

Sumber : Twitter CryptoBull

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, setelah all-time-high 2013, BTC mengalami penurunan yang berkepanjangan. Penurunan ini bahkan berlangsung selama lebih dari setahun. Hingga pada 2015 Bitcoins seakan menemukan “dasar” dan diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat hingga September tahun tersebut. 

Ketika itu pasar berbalik dan harga BTC mulai meningkat. Pergerakan ini akhirnya mencapai puncaknya pada bulan Juni 2016, hingga akhirnya Desember 2017 BTC mencapai all-time-high-nya. Kemudian, Bitcoin kembali turun ke wilayah $3.100 dan mendorong pembalikan tren bearish

BTC kembali mencapai level tertinggi di kisaran $14.000 pada Juni 2019 dan naik kembali hingga nilainya saat ini. 

Jika melihat data historis ini, rally bullish diprediksi masih berlangsung dan masih jauh dari akhir.

Terlebih, momentum ini bertepatan dari beberapa bulan bitcoin setelah melakukan halving. Grafik menunjukan kenaikan saat ini dapat terus berlanjut hingga di tahun berikutnya dan diprediksi melampaui all-time-high saat ini. 

Banyak Variabel Penentu Harga Bitcoin

Analis juga menambahkan, data historis di atas hanya memperhitungkan performa harga dari Bitcoin. Sedangkan, banyak faktor yang mempengaruhi kondisi dan keadaan pasar. 

Satu hal yang pasti dan berbeda, kali ini pasar BTC semakin digandrungi dan kesadaran terhadap BTC semakin meningkat. Ditambah keterlibatan institusi dan pemain besar di pasar. 

Konsesnsus saat ini mengatakan Harga BTC melonjak didorong para investor institusional besar dibandingkan keterlibatan individu/ritel. Hal ini juga cenderung membuat perbedaan besar. Para investor yang masuk ke pasar memahami dengan jelas visi dan misi mereka dalam Bitcoin dibandingkan dengan kondisi pasar terdahulu.

Secara teori, hal ini dapat memperpanjang rally. Namun, juga sangat penting untuk mempertimbangkan terus volatilitas yang sangat tinggi pada Bitcoin. Pergerakan ini masih harus terus dipantau dan diamati dalam menentukan masa depan dari harga Bitcoin itu sendiri.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini