Berita Industri · 5 min read

Alchemy Pay Dapatkan Lisensi dari Bank Indonesia

Alchemy Pay Dapatkan Lisensi dari Bank Indonesia

Penyedia solusi pembayaran yang menghubungkan kripto dan fiat secara global, Alchemy Pay, telah memperoleh lisensi dari Bank Sentral Indonesia untuk mengoperasikan pengiriman uang dan transfer dana bekerja sama dengan perusahaan fintech lokal Berkah Digital Pembayaran, dikenal dengan nama BDpay. 

Berkah Digital Pembayaran telah terdaftar dengan lisensi kategori tiga Bank Indonesia sebagai sistem layanan pembayaran. Kategori tiga ini mengacu pada layanan remitansi dan aktivitas lain yang ditetapkan Bank Indonesia.

Melalui keterangan resmi di Blog Berkah Digital, mereka menjelaskan lisensi ini akan sangat meningkatkan kemampuan entitas ini untuk membayar ke pengguna akhir dan klien di seluruh Asia serta mengurangi biaya pengoperasian layanan pembayaran mereka. Dalam situsnya, Alchemy dicantumkan sebagai investor Berkah Digital Pembayaran.

Mengenal Alchemy Pay dan Berkah Digital Pembayaran

Alchemy Pay didirikan pada tahun 2018 di Singapura, dikenal dengan penyediaan on & off-ramp, pembayaran kripto, dan checkout NFT ke platform Web3. Perusahaan juga mengoperasikan token utilitasnya sendiri, Alchemy Pay (ACH), yang diterbitkan di blockchain Ethereum.

On-ramp Alchemy Pay mendukung Mastercard, Visa, Google Pay, Apple Pay dan beberapa dompet seluler regional dan transfer domestik di 173 negara untuk memungkinkan pengguna membeli aset kripto dengan cepat, mudah, dan aman menggunakan dana mata uang fiat mereka.  

Alchemy telah mendukung beberapa metode pembayaran regional di berbagai negara, seperti GCash di Filipina, OVO dan Dana di Indonesia, hingga Pix di Brasil.

“Mendapatkan lisensi bersama dengan PT Berkah Digital Payments akan sangat menambah kemampuan di Asia, di mana adopsi kripto sangat tinggi,” tulis Alchemy dalam keterangan resminya. 

Alchemy Pay diketahui tengah memperluas layanannya, pada publikasi rencana perusahaan selama 2023, Alchemy memiliki fokus untuk  pengoptimalan dan peningkatan produk, memperluas saluran pembayaran, menambah mitra, memperoleh lisensi, dan meningkatkan kepatuhan. 

Rencana Alchemy Pay di 2023. Sumber: Alchemypay.medium.

Sementara itu Berkah Digital atau BdPay diluncurkan pada tahun 2021, BDPay memungkinkan transfer pribadi (penerimaan pembayaran) dan transfer perusahaan (pembayaran).

Perusahaan ini juga menawarkan layanan penggajian dan transfer klien melalui API. Bersertifikat ISO/IEC 27001:2013, langsung terkoneksi dengan API bank yang memudahkan transfer ke 136 bank di Indonesia.

Angin Segar Bagi Industri Kripto Indonesia

Jika kemitraan ini lancar dan segera diaplikasikan tanpa halangan, maka ini akan menjadi angin segar bagi pengguna kripto di Indonesia. 

Sebagai gateway kripto, Alchemy yang bekerja sama dengan Berkah Digital akan memungkinkan terjadinya transaksi dari dalam atau ke luar negeri menggunakan aset kripto, yang “langsung” bisa digunakan sebagai alat transaksi di Indonesia. 

Dengan metode ini, artinya pengguna yang memakai jasa Alchemy tidak perlu menjual aset kripto lewat pertukaran kripto, yang kemudian akan ditukar ke Rupiah lewat bank konvensional, seperti cara yang umum dilakukan saat ini. 

Bagaimana penerapan dari kerja sama keduanya? Kita tentu masih harus menanti lebih lanjut perkembangannya, karena masih minimnya informasi terkait dengan kemitraan yang dijalin dan seperti apa implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. 

Coinvestasi telah menghubungi pihak Berkah Digital Pembayaran untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, namun belum mendapatkan jawaban. 

Baca juga: Qoinpay Wujudkan Kegunaan Kripto untuk Transaksi Harian

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.