Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Hack dan Scam · 7 min read

Terungkap! Ini Alat yang Dipakai Crypto Hacker Korea Utara

hacker korea utara

Laporan firma analisis blockchain, Chainalysis, mengungkapkan grup peretas kripto Korea Utara Lazarus telah menggunakan alat Bitcoin Mixer, Yomix. Lazarus beralih ke YoMix karena layanan mixer seperti Tornado Cash dan Sinbad dikenakan sanksi. 

Baca juga: Apa itu Bitcoin Mixer? Panduan untuk Pemula

YoMix mencatat lonjakan transaksi sepanjang tahun 2023, dengan arus masuk meningkat lima kali lipat. Temuan Chainalysis melihat bahwa sekitar sepertiga dari dana di Yomix berasal dari dompet yang terkait dengan peretasan kripto, yang menunjukkan peretas berupaya mengaburkan asal dana mereka.

Pertumbuhan Dana Yomix. Sumber: Chainalysis

Fungsionalitas YoMix memungkinkan pengguna untuk menggabungkan mata uang kripto mereka sehingga menganonimkan asal dan tujuan dana mereka. Di satu sisi, ia menawarkan privasi dan keamanan bagi pengguna yang ingin melindungi aktivitas keuangan mereka dari pengawasan yang tidak beralasan. 

Di sisi lain, teknologi ini memberikan alat yang ampuh bagi penjahat dunia maya untuk mencuci uang dan membiayai operasi mereka, jauh dari pengawasan pihak berwenang.

Lebih jauh lagi, Chainalysis mengamati adanya pergeseran ke arah praktik pencucian uang yang tidak terlalu terpusat di tingkat alamat simpanan, meskipun aktivitas pencucian uang menjadi sedikit lebih terkonsentrasi di tingkat layanan.

Tren ini menunjukkan bahwa penjahat kripto mungkin mendiversifikasi aktivitas pencucian mereka di beberapa layanan atau alamat penyimpanan untuk menghindari deteksi oleh penegak hukum dan tim kepatuhan bursa.

Taktik Pencucian Uang Kripto Terungkap

Secara umum, Chainalysis mengamati penurunan popularitas layanan mixer di kalangan penjahat dunia maya, dengan layanan tersebut menerima kripto senilai US$504,3 juta pada tahun 2023, turun dari US$1 miliar pada tahun 2022.

Penjahat dunia maya dengan keterampilan pencucian on-chain yang lebih canggih, seperti Lazarus Group, biasanya menggunakan layanan dan protokol kripto yang lebih luas, termasuk memanfaatkan bridge lintas rantai.

Gambar: Total Nilai Aset Peretasan Kripto di Bridge. Sumber: Chainalysis

Pada tahun 2023, protokol bridge menerima total US$743,8 juta kripto dari alamat terlarang, peningkatan yang signifikan dari US$312,2 juta yang tercatat pada tahun 2022.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.