Berita Exchange · 8 min read

95% Perdagangan Bitcoin Palsu?

Baru-baru ini, Bitwise Asset Management mengungkapkan bahwa sekitar 95% volume perdagangan bitcoin (BTC) adalah palsu dan tidak akurat.

Data dari hasil analisis Bitwise menunjukan bahwa dari 81 bursa 71 diantaranya adalah wash trading (manipulasi) yang menunjukan bahwa seseorang yang menjual dan membeli bitcoin adalah orang yang sama untuk menciptakan seolah-olah ada aktivitas pasar namun sebenarnya tidak ada sama sekali.

Menurut Bitwise, ada sekitar $6 miliar per hari volume perdagangan Bitcoin namun jumlah sebenarnya adalah $237 juta atau 4,5% dari total jumlah yang dilaporkan.

Laporan ini mencuat dikarenakan kekhawatiran SEC atas kualitas data Bitcoin dan manipulasi harga. Khususnya, untuk ETF baru dari Bitwise yang berbeda dari ETF Bitcoin lainnya.

Diketahui, saat ini ada 10 exchange yang memiliki jumlah perdagangan asli

10 Exchange yang memiliki volume asli

Dalam analisisnya, Bitwise menggunakan data yang diambil dari 81 bursa berdasarkan volume perdagangannya, exchange dengan volume perdagangan kurang dari $1 juta per hari tidak dihitung. Bitwise juga menyerahkan laporan ini kepada Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) sebagai bagian dari aplikasi.

SEC menggunakan risiko manipulasi ini untuk menolak aplikasi ETF dan cryptocurrency lainnya. Kejaksaan Agung New York juga telah memperingatkan bahwa exchange adalah hal yang sangat rentan karena tidak menggunakan alat pemantau yang sama seperti bursa saham. Ketua SEC, Jay Clayton memperingatkan kepada para investor bahwa mereka mungkin tidak mendapatkan penilaian yang adil dari harga bitcoin, yang diinginkan oleh para investor adalah perdagangan komoditas yang mendasari ETF harus masuk akal dan bebas dari risiko manipulasi. Hal ini yang mendasari kenapa volume perdagangan untuk bitcoin yang teregulasi terlihat lemah.

SumberSumberSumberSumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.