95% Perdagangan Bitcoin Palsu?

Ary Tantranesia

26th March, 2019

Baru-baru ini, Bitwise Asset Management mengungkapkan bahwa sekitar 95% volume perdagangan bitcoin (BTC) adalah palsu dan tidak akurat.

Data dari hasil analisis Bitwise menunjukan bahwa dari 81 bursa 71 diantaranya adalah wash trading (manipulasi) yang menunjukan bahwa seseorang yang menjual dan membeli bitcoin adalah orang yang sama untuk menciptakan seolah-olah ada aktivitas pasar namun sebenarnya tidak ada sama sekali.

Menurut Bitwise, ada sekitar $6 miliar per hari volume perdagangan Bitcoin namun jumlah sebenarnya adalah $237 juta atau 4,5% dari total jumlah yang dilaporkan.

Laporan ini mencuat dikarenakan kekhawatiran SEC atas kualitas data Bitcoin dan manipulasi harga. Khususnya, untuk ETF baru dari Bitwise yang berbeda dari ETF Bitcoin lainnya.

Diketahui, saat ini ada 10 exchange yang memiliki jumlah perdagangan asli

10 Exchange yang memiliki volume asli

Dalam analisisnya, Bitwise menggunakan data yang diambil dari 81 bursa berdasarkan volume perdagangannya, exchange dengan volume perdagangan kurang dari $1 juta per hari tidak dihitung. Bitwise juga menyerahkan laporan ini kepada Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) sebagai bagian dari aplikasi.

SEC menggunakan risiko manipulasi ini untuk menolak aplikasi ETF dan cryptocurrency lainnya. Kejaksaan Agung New York juga telah memperingatkan bahwa exchange adalah hal yang sangat rentan karena tidak menggunakan alat pemantau yang sama seperti bursa saham. Ketua SEC, Jay Clayton memperingatkan kepada para investor bahwa mereka mungkin tidak mendapatkan penilaian yang adil dari harga bitcoin, yang diinginkan oleh para investor adalah perdagangan komoditas yang mendasari ETF harus masuk akal dan bebas dari risiko manipulasi. Hal ini yang mendasari kenapa volume perdagangan untuk bitcoin yang teregulasi terlihat lemah.

SumberSumberSumberSumber