54 Juta Pengguna Crypto Baru Datang di Tengah Bear Market

Felita Setiawan

5th May, 2021

Pasar crypto mungkin telah jatuh pada tahun ini, tetapi itu tidak mengurangi minat masyarakat pada teknologi ini.

Booming Pengguna Crypto Base di tengah Penurunan Harga

Menurut laporan dari Cambridge Center untuk Keuangan Alternatif, sebuah pusat penelitian di University of Cambridge’s Judge Business School, jumlah pengguna crypto hampir dua kali lipat dari jumlah total pengguna yang terdaftar dengan penyedia layanan cryptocurrency meningkat dari 85 juta pengguna pada tahun 2017 menjadi lebih dari 139 juta dalam tiga kuartal pertama tahun ini.

“Menggabungkan data publik dan survei yang dilakukan, kami memperkirakan bahwa jumlah total akun pengguna di providers berjumlah setidaknya 139 juta pada akhir 2018,” menurut laporan tersebut. Jumlah pengguna crypto meningkat lebih dari 60% pada 2018.

Jumlah pengguna terverifikasi sekarang tujuh kali lebih tinggi dari apa yang terjadi dua tahun lalu dan hampir dua kali lipat dari tahun 2017. Pada tahun 2017, jumlah pengguna cryptoasset yang terverifikasi ada 18 juta pengguna, sedangkan pada tahun 2016, jumlahnya ada 5 juta. Dan pada tahun ini, diperkirakan bahwa pengguna yang teridentifikasi ID nya telah mencapai angka 35 juta pengguna diseluruh dunia.

Baca Juga: Aplikasi Cash-Bitcoin No 1 di Google Play, Kalahkan Paypal

“Dengan menggunakan kombinasi data pengguna terverifikasi dan pangsa rata-rata akun ID-diverifikasi yang dijelaskan di atas, kami juga memperkirakan saat ini ada setidaknya 35 juta pengguna ID terverifikasi secara global.” Hal ini menunjukan crypto mulai menarik perhatian masyarakat yang menilai crypto sebagai aset.

Selain peningkatan jumlah pengguna, ada juga peningkatan marginal dalam jumlah pengguna yang aktif. Pada tahun 2016, persentase pengguna aktif adalah 35%, dan ini meningkat pada tahun 2017 dan titik persentase lain pada tahun 2018 mencapai 38%. Perkembangan positif lain yang telah terjadi di cryptosphere terlepas dari Bear Market adalah meningkatnya jumlah penyedia layanan cryptocurrency yang telah menambahkan dukungan untuk banyak aset digital.

Crypto Exchanges & Wallets Mendukung Lebih Banyak Koin

Diantara pertukaran cryptocurrency, ada sekitar 61% dari mereka yang mendukung multiple koin di tahun 2017. Namun, pada tahun ini angkanya melonjak menjadi 89%. Dengan berat hati, penyedia layanan tersebut pun mengganti segmen pembayaran mereka, dengan mensupport multi-koin dari sekitar 35% ditahun 2017 menjadi 77%. Kenaikan tertinggi untuk multi-koin didukung oleh dompet layanan tersebut.

Di antara pertukaran cryptocurrency, sekitar 61% dari mereka mendukung beberapa koin pada tahun 2017, tetapi tahun ini angkanya telah melonjak menjadi 89%. Berkaitan dengan penyedia layanan di segmen pembayaran cryptocurrency, dukungan multi-koin meningkat dari 35% pada tahun 2017 menjadi 77%. “[W] allets dengan dukungan multi-koin melonjak dari 46% pada 2017 menjadi 90% pada 2018, dengan 60% dari dompet saat ini mendukung lebih dari 3 cryptoassets dibandingkan hanya 10% pada tahun 2017.”

The Cambridge Center juga mencatat bahwa jumlah perdagangan yang tersedia di pasar mata uang kripto telah meningkat menjadi 9.000 pada kuartal keempat tahun ini dari sekitar 6.500. Namun, pertukaran cryptoasset-only saat ini mendominasi pasar, menyumbang 75% dari volume perdagangan kripto. Berkenaan dengan perdagangan crypto-to-fiat, dolar Amerika Serikat mendominasi dengan lebih dari 50% dari volume diikuti oleh yen Jepang dengan 21%. Won Korea Selatan berada di posisi ketiga dengan 16% volume perdagangan fiat secara keseluruhan.

 

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.