5 Fakta Tentang Pekerjaan di Bidang Blockchain

By Coinvestasi     Thursday, September 13 2018

Pekerjaan di bidang blockchain seringkali diasumsikan sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh pengusaha muda berusia di bawah 20 tahun. Mungkin tidak sepenuhnya salah. Tetapi banyak juga stereotipe yang muncul selain itu.

Dalam 10 tahun, teknologi blockchain global berkembang menjadi penting setiap harinya. Diprediksi market teknologi ini akan mencapai $60.7 miliar pada 2024. Dan seperti industri lainnya, akan dibutuhkan banyak keahlian.

Seiring dengan teknologi blockchain yang mulai berintegrasi dalam kehidupan kita, pengetahuan beragam mencakup teknologi ini pun terus berkembang. Sehingga jika Anda tertarik untuk bekerja di dunia blockchain, perhatikan lima fakta berikut ini.

1. Anda Tidak Harus Menjadi Ahli Blockchain

Mungkin satu fakta tentang bekerja dalam bidang blockchain adalah Anda tidak perlu gelar sarjana di bidang blockchain. Bahkan, Anda tidak mungkin mendapatkan gelar sarjana blockchain karena hanya ada sedikit universitas di dunia dengan mata kuliah blockchain.

Kebanyakan developer belajar otodidak, mengambil kursus online blockchain atau hanya mengasah keterampilan mereka melalui pengalaman. Memiliki bakat dalam bidang teknologi juga akan membantu, namun jika ingin bekerja dalam posisi marketing atau administrasi, Anda hanya perlu mengetahui beberapa istilah dan konsep, mulai dari mining ke Proof-of-Work, skalabilitas ke interoperabilitas. Dan juga mengetahui apa itu HODL.

Bagusnya, Anda dapat mengambil sebagian besar dari istilah ini saat bekerja. Karena relevansi blockchain mulai menyebar ke lebih banyak area, begitu juga kebutuhan akan beragam keahlian. Perusahaan-perusahaan blockchain (atau perusahaan besar yang bereksperimen dengan blockchain) kini menarik para pemain top dari bisnis, teknologi, dan bidang hukum yang lebih luas.

2. Blockchain itu Menarik

Jika Anda termasuk tipe orang yang jenuh membaca laporan bank atau pengembalian pajak, blockchain (terutama cryptocurrency) mungkin terdengar sedikit membosankan. Tapi, dengan semakin banyak project, dari bantuan kemanusiaan hingga keuangan, blockchain bisa sangat menarik!

Ditambah, hal ini keren karena mengguncang industri tradisional. Bahkan, bekerja di startup dinamis yang berkembang pesat dapat menjadi tantangan tersendiri, memungkinkan Anda untuk memperbaiki jabatan Anda selain keterampilan dan minat.

Bekerja dalam blockchain bisa menarik bagi generasi milenial yang terkenal dengan kebiasaan pindah-pindah kerja, serta hampir 60% terus mencari kesempatan baru. Bekerja dalam startup blockchain pun jauh dari lingkungan korporat, dengan hierarki dan posisi yang ditentukan. Bayangkan bekerja untuk organisasi otonomi yang sepenuhnya terdesentralisasi (DAO)

Ini adalah area tak terbatas untuk berkembang dan dikelilingi oleh budaya perusahaan yang keren. Perusahaan seperti ConsenSys menawarkan Anda fleksibilitas, kesempatan untuk bekerja dari jauh, dan dibayar berdasarkan pencapaian.

Baik ingin memulai karir Anda atau ingin perubahan ke arah yang menantang, ada banyak ruang untuk pertumbuhan di blockchain.

3. Pekerjaannya Beragam

Blockchain mengembangkan kemampuannya setiap saat, baik memanfaatkan kemungkinan perkembangan dari AI, terintegrasi pada aplikasi mobile, atau fokus pada filter keamanan biometrik. Teknologi ini terus menantang dan menguji keterbatasan dari perusahaan tradisional.

Semua area yang berbeda untuk ekspansi ini menciptakan sejumlah besar startup blockchain. Dari hiburan, keuangan hingga cybersecurity dan energi; ada banyak variasi pekerjaan. Perusahaan yang berbeda mencari beberapa keahlian dan mereka mencari lebih dari gelar sarjana ilmu komputer atau keterampilan untuk coding dan angka. Mereka membutuhkan orang-orang dengan kecerdasan budaya dan emosi, akal sehat dan keterampilan kepemimpinan.

Ditambah fakta bahwa startup sering berjalan di tim kerangka dan Anda mungkin akan menemukan diri Anda melakukan berbagai peran, mulai dari website glitches dan pengoptimalan situs web, hingga penilaian risiko, dan bahkan mungkin menjawab telepon.

Simak juga artikel ini : Mau Kerja di Bidang Blockchain? Bisa Coba di Hong Kong!

4. Blockchains Luar Biasa Khusus

Seiring berkembangnya banyak industri, begitu juga potensi teknologi blockchain. Bahkan, banyak perusahaan blockchain berkembang untuk memuaskan kebutuhan perubahan. Misalnya sharing economy, akan memiliki pendapatan global sebesar $335 miliar pada 2025.

Karena spesialisasi perusahaan ini di bidang transportasi, akomodasi atau pekerjaan sementara yang menjadi populer, teknologi ledger terdesentralisasi menjadi lebih kuat. Banyak perusahaan blockchain muncul dan bersaing dengan perusahaan lama dan menyediakan pembayaran satu-satu yang menghapuskan perantara.

Ini membuka ruang bagi banyak inovasi, sehingga tidak hanya bisa memilih area yang menarik bagi Anda, namun juga mengkhususkan diri pada industri tertentu.

5. Membawa Perubahan pada Kehidupan Orang Banyak

Ini mungkin terdengar dramatis, hiperbolis. Mungkin iya. Namun, ini juga fakta bahwa bekerja dalam bidang blockchain memberi Anda kesempatan untuk meraih semua aspek kehidupan. Jika Anda mencari tantangan, cari inovasi di semua sektor. Blockchain sangat sempurna bagi orang yang ambisius dengan ide besar yang ingin membuat perubahan. Mengubah cara pembayaran, memastikan pemilihan umum yang bebas korupsi, tidak lagi membutuhkan rekening bank.

Area apapun pada blockchain yang Anda pilih, reward-nya sama. Tidak ada kekurangan peluang di industri yang berkembang pesat ini. Anda akan menjadi bagian dari lingkungan internasional tanpa batas yang menantang industri tradisional dan hierarki. Anda akan bekerja berdampingan dengan orang-orang yang berpikiran sama, berbakat, dan berkesempatan untuk menandai kehidupan orang-orang (dan mendapat gaji di atas rata-rata).

Nulltx