5 Crypto dengan Kabar Wajib Diperhatikan Pekan Ini Saat Market Masih Labil

Naufal Muhammad

19th July, 2021

Pasar crypto saat ini terlihat bergerak dengan fluktuasi yang tinggi dengan beberapa crypto yang bergerak naik dan turun secara cepat dan signifikan.

Fluktuasi ini terjadi akibat Bitcoin (BTC) yang nampaknya masih belum memiliki pergerakan yang jelas akibat masih banyaknya sentimen negatif dan positif bersamaan.

Untuk saat ini nampaknya banyak investor yang menunggu pergerakan signifikan dari Bitcoin pada tanggal 21 Juli akibat adanya acara โ€œThe B Wordโ€.

Tapi dalam volatilitas ini ada lima crypto yang kemungkinan akan bergerak signifikan akibat adanya kabar dari sisi internalnya.

Berikut adalah lima crypto yang berpotensi tergerak akibat adanya kabar dari berita internal adopsi atau pembaruan sistem proyek.

1. Ethereum Classic (ETC)

Kabar pertama datang dari Ethereum Classic yang dikabarkan akan resmi meluncurkan pembaruan pada jaringan blockchainnya.

Sebelumnya, ETC telah berhasil melakukan uji coba jaringan barunya di awal Juli 2021, dan nampaknya pada tanggal 21 Juli 2021, pembaruan akan resmi terjadi.

Pembaruan tersebut adalah Hard Fork Magneto yang tidak seperti induknya Ethereum, Hard Fork terlihat akan berjalan sesuai rencana dan tidak diundur.

Pembaruan ini akan membuat jaringan Ethereum Classic lebih efisien dan juga lebih rendah dalam biaya, sehingga kemungkinan dapat menjadi sentimen positif.

Namun nampaknya sentimen ini akan berpengaruh secara perlahan bersamaan dengan proses migrasinya para validator ke jaringan baru.

Dari sisi teknikal, saat ini Ethereum Classic masih terlihat bergerak bersama mayoritas pasar, dan kemungkinan akan berubah setelah pembaruan ini.

Grafik Harian ETCUSD

Saat ini ETC masih terlihat bergerak di daerah batas bawahnya pada sekitar $40.2 yang jika terus menurun kemungkinan akan menuju $24.6.

Tapi jika berhasil naik kemungkinan besar target berikutnya berada pada $58 yang jika terus naik dapat menuju $72.8 hingga $94 kembali.

Namun pergerakan tersebut kemungkinan akan butuh waktu yang panjang mengingat kondisinya yang masih turun saat ini.

2. Origin Protocol (OGN)

Kedua adalah Origin Protoccol yang dikabarkan akan menerima peluncuran Non-Fungible Token atau NFT baru di Launchpad atau platform penerbitannya.

NFT ini adalah salah satu NFT yang nampaknya ditunggu oleh pasar akibat temanya yang berkaitan dengan kesejahteraan lingkungan.

NFT ini dikabarkan adalah milik seorang fotografer utama di National Geographic, sehingga akan mengundang banyak perhatian terhadap Origin Protoccol.

Kabar ini juga ditunggu oleh mayoritas pasar akibat NFT ini menjadi salah satu jenis NFT yang sedang diperbincangkan pasar.

Sehingga, kemungkinan besar banyak pihak yang akan merespon positif terhadap pergerakan OGN dari kabar ini.

Grafik Harian OGNUSD

Kemungkinan besar melihat harganya yang telah mulai bergerak naik dari batas bawahnya di sekitar $0.613, harganya dapat bergerak naik.

Tapi jika harga kembali turun dan batas tersebut dilewati, kemungkinan besar OGN akan kembali turun bahkan hingga mencapai $0.46.

Namun jika terus bergerak naik, kemungkinan besar OGN akan terus naik hingga menuju $1.19 hingga $1.42 jika batas atas pada $0.79 dan $0.95 berhasil dilewati.

3. Hedera Hashgraph (HBAR)

Kabar ketiga berasal dari HBAR yang dikabarkan akan resmi meluncurkan jaringan uji coba untuk pembaruan keseluruhan ekosistem.

Jaringan uji coba ini akan mengalami peluncuran pembaruan untuk membawa HBAR menuju versi jaringan yang lebih efisien.

Mayoritas pasar terlihat menunggu pembaruan tersebut akibat kemungkinan dapat menonjolkan potensi asli dari HBAR.

Saat ini Hedera Hashgraph menjadi salah satu jaringan utama yang memiliki biaya transaksi dan kebutuhan energi terendah.

Sehingga pembaruan ini kemungkinan dapat terus menyadarkan banyak developer terhadap hal tersebut dan membawa perkembangan terhadap ekosistem HBAR.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR terlihat sedang terlihat masih bergerak naik dari daerah batas bawahnya di sekitar $0.16.

Grafik Harian HBARUSD

Jika terus bergerak naik kemungkinan besar HBAR dapat naik hingga menuju $0.25 jika batas tatas pada $0.19 dan $0.21 berhasil dilewati.

Namun apresiasi ini harus menjaga batas bawah pada $0.16 hingga $13 yang jika ditembus dapat membawa koreksi turun lebih jauh.

4. Nervos Network (CKB)

Keempat adalah Nervos Network yang dimana salah satu proyeknya yang berfungsi sebagai DAS atau Decentralized Account System akan meluncurkan pembaruan.

Pembaruan tersebut adalah peluncuran jaringan Alpha yang kemungkinan besar dapat menarik ketertarikan lebih tinggi terhadap CKB.

Peluncuran ini akan terjadi pada 21 Juli 2021, yang kemungkinan akan menjadi sentimen positif untuk CKB akibat akan menambah volume pada jaringan Nervos Network.

DAS sendiri saat ini sedang mengalami ketertarikan yang tinggi akibat kegunaannya yang bertujuan untuk mengganti sistem Centralized Account System (CAS).

CAS sendiri dapat dicontohkan sebagai alamat email, nomor telepon, dan domain alamat internet, dimana semua identitas tersebut tersimpan oleh satu pihak.

Dengan adanya DAS, nantinya semua hal tersebut tidak diperlukan dan satu identitas bisa digunakan untuk semua dan tersimpan secara terdesentralisasi.

Inovasi ini adalah bagian dari Web 3.0 yang ke depannya akan merevolusikan cara masyarakat menggunakan internet ke depannya.

Dari sisi teknikal, saat ini CKB sedang bergerak turun dan dapat mulai naik jika berhasil keluar dari daerah batas bawahnya pada sekitar $0099 hingga $0.0077.

Grafik Harian CKBUSD

Jika kabar tersebut berhasil mengangkat harga CKB naik, kemungkinan besar target berikutnya berada pada $0.013 hingga $0.017.

5. IoTeX (IOTX)

Terakhir adalah IoTeX yang dikabarkan akan meluncurkan jaringan utama barunya pada 22 Juli 2021 yaitu Mainnet v.1.3.

Nantinya dalam pembaruan tersebut, jaringan IoTeX akan lebih efisien dan juga akan lebih sanggup menampung beberapa proyek berteknologi lebih tinggi.

Salah satu teknologi yang akan masuk ke dalam pembaruan tersebut adalah sistem komputasi zk-SNARKs.

Sistem ini nantinya akan mempermudah proyek baru berbasis Web 3.0 dan aplikasi terdesentralisasi (DApps) lainnya yang termasuk dalam generasi baru untuk bergerak pada jaringan IoTeX.

Oleh karena itu, kemungkinan besar pembaruan ini akan menarik banyak perhatian terhadap IoTeX tidak hanya koinnya namun juga jaringannya.

Dari sisi teknikal saat ini IOTX terlihat sedang berusaha untuk bergerak naik keluar dari batas bawah harganya namun masih terlihat kesulitan.

Grafik IOTXUSD

Saat ini IOTX berada pada sekitar $0.19 yang kemungkinan besar akan terus naik hingga $0.3 hingga $0.4 jika kabar baik tersebut berhasil memberi pengaruh.

Namun apresiasi ini harus menjaga batas bawah pada $0.19 hingga $0.14 yang jika ditembus dapat membawa koreksi lebih dalam.

*Disclaimer

Seluruh analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.