Berita Bitcoin · 8 min read

36% Usaha Kecil di AS Terima Cryptocurrency Sebagai Pembayaran

Komunitas kripto telah melihat cryptocurrency dengan berbagai cara. Misalnya sebagai peluang perdagangan, atau metode pembayaran.

Saat ini adopsi crypto di kehidupan sehari-hari makin terlihat. Menurut survey HSB yang dilakukan oleh Zody Analytics di AS. Menunjukan jika bisnis kecila dan menengah di negara tersebut telah menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

Survei telah berlangsung selama 2019 dengan melibatkan 505 usaha kecil hingga menengan di seluruh Amerika Serikat.  Hasilnya adalah 36% dari semua bisnis mengatakan jika mereka telah menerima cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah.

Selain itu, 59% juga mencatat bahwa mereka sebelumnya telah membeli uang digital untuk digunakan.  Hal menarik lainnya adalah hampir setengah dari semua perusahaan yang menerima mata uang kripto adalah bisnis yang telah berjalan selama lima tahun atau kurang. Pada saat yang sama, 21% bisnis yang beroperasi selama lebih dari dua puluh tahun menunjukan hasil bahwa mereka telah memiliki aset digital.

Risiko Pembayaran dengan Cryptocurrency

Meski manfaat dari pembayaraan cryptocurrency bisa dirasakan, namun menurut wakil presiden HSB, Timothy Zelman. Pembayaran dengan cryptocurrency bisa memiliki potensi bahaya dan kekhawatiran di antara pemilik bisnis.

Menurutnya, orang harus berhati-hati ketika meyelesaikan transaksi dengan kripto karena dikhawatirkan berupa penipuan. Zelman juga mencatat kurangnay otoritas pusat bisa berbahaya jika terjadi kegiatan penipuan, karena pemilik tidak dapat melakukan aduan ke manapun untuk meminta bantuan.

“Penjahat dunia maya yang meminta uang dan melakukan penipuan bisa menjadi masalah serius. Sejumlah bursa pertukraran mata uang pun sudah pernah diretas atau digelapkan, hasilnya jutaan dolar pun hilang, “  jelas Zelman dilansir dari Cryptopotato.

Pemilik usaha kecil dan menengah haryus belajar tentang teknologi sebelum menerima cryptocurrency sebagai alat pembayaran. Pastikan pula memiliki kemanan data dan asuransi yang kuat untuk melindungi diri dari kejahatan siber dan kerugian finansial.

Adopsi Crypto di Bisnis Lain

Di AS bisnis kecil dan menengah bukan satu-satunya usaha yang menerima Bitcoin atau altcoin sebagai metode pembayaran. Karena sektor lain pun sudah mulai menerima mata uang kripto, misalnya untuk jasa memesan hotel dan penerbangan, membeli teknologi dari toko-toko populer, bahkan untuk membeli mobil.

Industri makanan pun tidak mau ketinggalan, contohnya ada di Burger King Venezuela yang menerima mata cryptocurrency sebagai alat pembayaran di 40 tokonya.

Baca juga : Burger King Venezuela Terima Pembayaran Bitcoin

Cryptocurrency adalah bentuk pembayaran yang relatif baru, dan masih perlu banyak pengembangan agar mata uang ini bisa diterima lebih mudah dan sederhana oleh industri dan masyarakat.

Informasi seperti survei yang disebutkan di atas tampaknya menjadi sebuah langkah di mana industri baik besar, menengah atau kecil mulai bisa menerima Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.