Berita Bitcoin · 6 min read

30 Hari Menjelang Halving, Bitcoin Berada di Level Oversold

Salah satu indikator penting, RSI menunjukkan Bitcoin (BTC) mengalami oversold yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sebulan terakhir sebelum peristiwa blok reward halving-nya.

Dalam debat yang berlangsung pada 11 April 2020 di Twitter, analis yang dikenal sebagai PlanB menyebutkan bahwa Relative Strength Index (RSI) Bitcoin sangat rendah.

Indikator Menyentuh Rekor Terendah Pra-Halving

Indikator Oscillator dengan skala dari 1 hingga 100 di bawah ini menunjukan penentuan apakah Bitcoin berada dalam kondisi overbought atau oversold pada harga tertentu. 

RSI 12 bulan dalam grafik, saat ini berada pada posisi 49, dekat dengan posisi terendah dalam sejarahnya. Sejak 2011, menurut data dari PlanB, hanya terlihat dua periode di bawah level itu, yaitu ketika tahun 2015 dan akhir tahun 2018.

Terlebih lagi, sebelum dua kejadian halving lalu di tahun 2012 dan 2016, RSI 12 bulan ketika itu berada di posisi jauh lebih tinggi, posisinya ada di sekitar 70.

Tinggal tersisa 30 hari lagi menjelang Bitcoin Halving tahun 2020.

“RSI Bitcoin … belum pernah selemah ini sebelumnya menjelang Halving”, cuitan PlanB di Twitter pribadinya. Dia kemudian mengonfirmasi “kelemahan” yang dia maksudkan adalah Bitcoin berada pada level oversold.

Baca juga: Bitcoin Akan Terus Dominasi Pasar Crypto Tahun 2020 

Halving Bitcoin Masih Menjadi Target

Halving adalah peristiwa yang berpengaruh bagi para pemegang Bitcoin. Hal ini dikarenakan jumlah yang akan dibayarkan kepada Miners mencapai 50% harga pada setiap bloknya.

Peristiwa ini juga meningkatkan “ketahanan” Bitcoin sebagai uang, mengurangi inflasi, serta meningkatkan rasio stock-to-flow terhadap arus metrik utama yang dikuratori PlanB pada grafik sebelumnya.

Stock-to-flow juga telah terbukti sangat akurat dalam meprediksi kinerja harga Bitcoin. Meskipun dikritik, model ini belum pernah gagal dan bahkan berhasil memprediksi penurunan harga drastis Bitcoin menjadi $3.700 di bulan Maret lalu.

Secara umum, RSI yang rendah memperkuat gagasan akan adanya kenaikan harga. Hal ini disebabkan posisi BTC/USD saat ini menempati tingkat yang lebih rendah dari koridor stock-to-flow. Jika melihat ke depan, harus ada improvisasi posisi ini hingga rata-rata $100.000 pada akhir 2021 nanti. 

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.