1 Kalimat dari Presiden Tiongkok, Bikin Harga Bitcoin Naik 25-30%. Justin Sun Gak Ada Apa-apanya!

By Dhila Rizqia     Saturday, October 26 2019

Pidato Presiden Tiongkok Xi Jinping tentang keunggulan teknologi blockchain membuat harga Bitcoin naik di seluruh pasar cryptocurrency. Cryptocurrency paling terkenal di dunia ini mengalami kenaikan mencapai $10.332,41 sekitar jam 20:45 WIB.

Xi Jinping, Presiden Republik Rakyat Tiongkok dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok, mengatakan Tiongkok perlu “merebut peluang” yang diberikan oleh teknologi blockchain.

Berbicara sebagai bagian dari studi kolektif ke-18 dari Biro Politik Komite Sentral pada hari Kamis di Beijing, Presiden Xi mengatakan teknologi blockchain memiliki beragam aplikasi di China, daftar topik mulai dari bisnis pembiayaan hingga angkutan massal dan pengentasan kemiskinan.

“Kita harus mengambil blockchain sebagai terobosan penting untuk inovasi independen teknologi inti,” kata Xi kepada anggota komite.

“[Kita harus] mengklarifikasi arah utama, meningkatkan investasi, fokus pada sejumlah teknologi inti utama, dan mempercepat pengembangan teknologi blockchain dan inovasi industri.”

Presiden Tiongkok, Xi Jinping

Pernyataan Presiden Tiongkok tentang blockchain diyakini sebagai pernyataan mendalam pertamanya tentang teknologi tersebut.

Harga Bitcoin (BTC) naik sekali lagi setelah Presiden Tiongkok Xi Jinping mengumumkan rencananya untuk menempatkan Cina di garis depan revolusi blockchain.

Pidato ini yang juga mengirim pasar altcoins mengalami pemulihan kecil. Seperti yang terjadi sekarang, hampir setiap cryptocurrency utama melihat kenaikan antara 1 hingga 5% dalam 1 hari ini, sementara Bitcoin SV telah melonjak lebih dari 15%.

Baca Juga: Bisakah Tiongkok Memimpin Blockchain Global Tanpa Crypto?

Perubahan harga ini terjadi hanya dua hari setelah Bitcoin mengalami penurunan harga yang dramatis, jatuh dari $8.000 menjadi hanya $7.500 selama tiga jam. Meskipun mini-rally yang terjadi baru-baru ini, performa Bitcoin masih dilihat buruk akhir-akhir ini, setelah kehilangan 4% minggu ini dan lebih dari 20% pada bulan lalu.

Lebih lanjut lagi Presiden Xi mengatakan akan “diperlukan untuk mengimplementasikan jaringan aturan hukum” ke dalam sistem blockchain yang ada sekarang dan yang akan datang. Untuk tujuan ini, Presiden Xi berpendapat untuk pendekatan top-down mengenai implementasi, menyerukan bimbingan dan regulasi. Xi mengatakan pengujian teknologi tersebut harus tersebar luas, termasuk investasi dalam platform pelatihan dan “tim inovasi” sebelum implementasi.

Sumber: decrypt.co & coindesk.com