Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

DeFi · 6 min read

Mengenal ShibaSwap Platform DEX Shiba Inu

SHIBASWAP

Shiba Inu bukan hanya sekadar token meme, proyek ini terus menumbuhkan ekosistemnya, salah satunya dengan menghadirkan ShibaSwap. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya di artikel berikut. 

Pengertian ShibaSwap 

ShibaSwap adalah platform pertukaran terdesentralisasi atau DEX dari ekosistem Shiba yang sudah dikerjakan sejak awal 2021.

ShibaSwap memungkinkan penggunanya untuk menggunakan layanan DeFi seperti staking, liquidity pool, hingga yield farming.Tujuan platform ini adalah untuk meningkatkan utilitas dari token Shiba. 

Baca juga: Mengenal Shiba Inu, Memecoin yang Jadi Populer

Token yang Bekerja di ShibaSwap 

Ada beberapa token yang dapat digunakan di platform ini, di antaranya adalah sebagai berikut. 

Shiba Inu (SHIB)

SHIB adalah token inti dari DEX ShibaSwap. Shiba dibuat dibuat pada Agustus 2020 oleh seorang pseudonim bernama Ryoshi.

Harga Shiba Inu saat penulisan (27/02) masih terbilang murah, yakni berharga Rp0.194476, dan mudah didapatkan di berbagai pertukaran kripto terkemuka di Indonesia atau dunia. 

BONE (BONE)

BONE merupakan aset yang berperan sebagai token tata kelola pada ekosistem ShibaSwap. Dengan Bone, pengguna dapat mengusulkan dan memiliki suara dalam perubahan protokol ShibaSwap melalui Shiba Inu Doggy DAO.

Secara teori, semakin banyak koin BONE yang dimiliki pemegangnya, semakin besar bobot suara mereka pada keputusan di masa depan.

Doge Killer (LEASH)

Doge Killer (LEASH) adalah token insentif dalam ekosistem. Awalnya, LEASH direncanakan sebagai token rebase (atau “token elastis”) dari DOGE.

Token rebase mirip dengan stablecoin. Pasokan mereka secara otomatis dimodifikasi melalui algoritma yang membuat harga mereka dipatok ke aset lain.

Namun, LEASH sejak itu telah dipatok dari DOGE, dan telah diluncurkan sebagai token ERC20 dengan pasokan koin tetap.Tidak seperti BONE, LEASH cukup langka, dengan total pasokan hanya 107.647 token. 

Fitur ShibaSwap

Tampilan fitur ShibaSwap
Tampilan fitur ShibaSwap


Di DEX Shiba ini, kamu dapat memanfaatkan sejumlah fitur yang diberikan, antara lain adalah Dig, Woof, Bury, Burn Portal, dan lain sebagainya.

Dig

Dig memiliki cara kerja yang cukup sederhana, mirip dengan konsep staking. Pengguna 

mengunci token SHIBA mereka di Dig pool dam alam menerima token BONE gratis.

Persentase hadiah bergantung pada berapa banyak token SHIB yang dikunci dalam pool. Penyedia likuiditas diberi kompensasi dengan token ShibaSwap Liquidity Pool (SSLP), yang berperan sebagai imbalan atas komitmen pengguna yang memberikan asetnya dalam likuiditas. 

Woof

Cara kedua untuk mendapatkan hadiah di ShibaSwap disebut Woof, ini merupakan yield farm pool yang memungkinkan pengguna untuk menukar hadiah BONE mereka satu sama lain dengan menukar token SSLP mereka.

Kamu dapat langsung mengklaim 33% dari hadiah, tetapi 67% sisanya akan dikunci selama enam bulan ke depan.

Bury

Seorang pengguna dapat mempertaruhkan token SHIB, LEASH dan/atau BONE mereka di fungsi Bury untuk mendapatkan suku bunga tinggi. Pengguna akan menerima xSHIB, xLEASH atau tBONE, sesuai dengan jenis token yang mereka pertaruhkan.

Burn Portal 

Burn adalah mekanisme untuk menghilangkan token secara permanen dari peredaran, ini dilakukan untuk membuat suplai aset tetap terkendali.

Burn token ini juga disediakan oleh ShibaSwap, yang menggunakan mekanisme baru, di mana platform akan memberi penghargaan kepada anggota komunitas mereka yang membakar token SHIB asli protokol.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim token SHIB ke alamat dompet mati, dan sebagai gantinya, ShibaSwap mengirimkan token RYOSHI kepada mereka.

NFT 

ShibaSwap juga memungkinkan mining hingga trading NFT asli Shiba yang disebut “Shiboshis”. 10.000 koleksi digital kartun maskot Shiba Inu ini kemungkinan besar akan menjadi bagian dari proyek game yang disebut Game Shiboshi.

Doggy DAO

Doggy DAO adalah sistem organisasi yang terdesentralisasi dan dikendalikan oleh komunitas Shiba Inu untuk menentukan masa depan proyek melalui proposal. Untuk memberikan suara di DAO ini, pengguna membutuhkan token BONE. 

Bonefolio

Bonefolio, atau ShibaSwap Analytics, adalah halaman analitik lengkap tempat data historis staking, data perdagangan, dan informasi ROI dapat ditemukan.

Pengguna dapat menemukan jumlah burn dan mint serta biaya transaksi. Fungsi ini juga berperan sebagai portofolio yang dapat melacak pendapatan para pengguna di ekosistem ShibaSwap. 

Cara Menggunakan ShibaSwap

Cara menggunakannya mirip dengan DEX pada umumnya, hal yang perlu kamu siapkan adalah aset kripto di dalam wallet yang bisa dihubungkan ke platform, seperti Metamask, WalletConnect, atau yang lainnya. Berikut ini langkah menggunakan ShibaSwap: 

  1. Buka wallet MetaMask 
  2. Deposit ETH ke Metamasak
  3. Swap ETH ke Shiba, Bone, atau Leash 
  4. Masuk ke ShibaSwap
  5. Hubungkan wallet anda dengan klik Connect.
  6. Pilih layanan atau fitur dari ShibaSwap yang ingin digunakan
  7. Selesai!

Baca juga: 6 DEX yang Perlu Kamu Ketahui!

Keamanan ShibaSwap

Menurut layanan peringkat keamanan blockchain CertiK, ShibaSwap memiliki skor keamanan 95/100 dan menyelesaikan 97% dari 34 masalah yang ditemukan selama audit ekstensif platform. 96% pengguna CertiK memilih mereka merasa ShibaSwap adalah layanan yang aman.

Meski memiliki keamanan yang cukup baik, sebelum menggunakan platform ini, pastikan kamu telah melakukan riset lebih lanjut dan mengetahui segala risiko hingga keuntungan yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.