Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Altcoin · 5 min read

Cara Beli Ethereum di Metamask dalam 3 Langkah Mudah dan Murah

Cara Beli Ethereum di Metamask dalam 3 Langkah dengan Biaya Murah

Dalam dunia Decentralized Finance atau DeFi, Ethereum saat ini dianggap sebagai salah satu crypto termahal, dari sisi harga maupun biaya transaksi. 

Karena biaya transaksinya yang tinggi, saat ini banyak investor yang berasumsi bahwa ekosistem DeFi Ethereum hanya untuk whale atau investor dengan modal besar. 

Namun, kenyataannya narasi tersebut tidak sepenuhnya benar karena sekarang ekosistem blockchain telah dapat diakses dengan murah melalui bantuan Blockchain Polygon.

Bahkan saat ini transaksi pembelian crypto termasuk Ethereum sudah dapat dilakukan langsung melalui wallet seperti Metamask. 

Sehingga investor tidak perlu menyambungkan walletnya ke bursa terdesentralisasi atau DeX untuk melakukan transaksi dengan biaya yang murah.

Dalam artikel ini akan diberikan panduan cara menggunakan Metamask untuk beli Ethereum hanya dalam tiga langkah dengan cara yang murah. 

Deposit Dana ke Metamask

Langkah pertama untuk menggunakan metamask adalah membuat akun metamask dan menyimpan seluruh kata sandi termasuk seed phrase untuk menjaga keamanan. 

Jika belum mengetahui cara membuat dan menggunakan metamask, artikel yang tertera di sini dapat menjadi panduan yang baik. 

Berikutnya jika sudah memiliki akun metamask pengguna dapat menyambungkan metamask ke jaringan Polygon (MATIC). 

Caranya adalah dengan menyambungkan wallet ke salah satu aplikasi ekosistem MATIC seperti Quickswap atau menyambungkannya secara manual. 

Cara menyambungkan secara manual adalah dengan menekan tulisan network yang ada di bagian atas wallet dan menekan tulisan “add network” jika pilihan Matic Network belum tersedia.

Gambar: Klik bagian atas dan kemudian “Add network” untuk menambahkan

Setelah sudah, langkah berikutnya adalah mengisi informasi seperti pada gambar di bawah dan menekan tulisan “Save” untuk menyimpan informasi. 

Gambar: Kolom penambahan network baru

Apa bila sudah selesai, berikutnya yang harus dilakukan adalah deposit dana ke metamask. Pengguna dapat melakukan deposit melalui platform atau exchange yang memiliki pilihan jaringan withdraw Matic Network atau Polygon Network seperti Kucoin atau Binance. 

Setelah melakukan deposit langkah berikutnya adalah menunggu hingga crypto yang didepositkan diterima di wallet. 

Swap Crypto di Metamask

Jika sudah menerima crypto yang didepositkan, langkah berikutnya adalah memulai proses pembelian Ethereum. Umumnya pengguna akan melakukan deposit menggunakan USDT atau MATIC untuk mempermudah pemindahan dana dengan murah.  

Gambar: Kolom alamat kontrak Ethereum (WETH) pada jaringan Polygon

Sebelum membeli Ethereum, pastikan dalam wallet sudah ada tulisan Ethereum agar siap menerima Ethereum yang sudah dibeli. Jika belum ada caranya adalah tekan tulisan “Import Tokens” seperti pada gambar di atas dan isi informasi terkait Ethereum. 

Informasi dapat dicocokkan dengan gambar di atas. Perlu diketahui bahwa cara menambahkan Ethereum ke metamask yang digunakan adalah menggunakan Ethereum dalam Blockchain Polygon atau Wrapped Ethereum (WETH).

Jika sudah pengguna akan diminta memasukkan informasi terkait transaksi yang akan dilakukan dan melakukan konfirmasi. 

Konfirmasi Transaksi

Langkah terakhir adalah menggunakan metamask untuk transaksi atau melakukan swap. Caranya adalah menekan tulisan swap dan mengisi informasi transaksi seperti gambar di bawah.

Informasi yang harus diisi adalah token yang ingin digunakan untuk membeli Ethereum dan menuliskan jumlah token yang ingin digunakan. 

Gambar: Jendela “Swap” pada Metamask

Contoh di atas adalah menggunakan Token MATIC untuk membeli Ethereum dengan menggunakan 1 MATIC. 

Jika sudah, langkah berikutnya adalah menekan tulisan Review Swap seperti pada gambar di atas untuk memulai transaksi. 

Jika sudah, pengguna akan diberikan informasi dan konfirmasi terakhir sebelum transaksi dilaksanakan. 

Gambar: Jendela konfirmasi “Swap”

Apa bila semua sudah sesuai, pengguna dapat menekan tulisan “Swap” pada gambar di atas dan transaksi akan selesai. Ethereum akan secara otomatis masuk ke dalam Wallet yang digunakan. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.