Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu JustSwap? Panduan Lengkap Dalam 3 Menit!

Wafa Hasnaghina     Tuesday, October 20 2020

Jika kalian merupakan pegiat crypto dan penggemar DeFi, pasti sudah tidak asing dengan Decentralized Exchange (DEX) bernama Uniswap? Kesuksesan Uniswap ini menandai masa gemilang dari DeFi itu sendiri. Lantaran hal tersebut, banyak protokol-protokol DeFi yang bermunculan, salah satunya JustSwap

Yuk simak lebih lanjut mengenai JustSwap dan kegunaannya!

Apa itu JustSwap?

Berbeda dari Uniswap yang berada di protokol Ethereum. Platform JustSwap adalah exchange terdesentralisasi yang berada di protokol TRON untuk pertukaran antara token TRC20.

Tidak hanya itu, konversi yang dilakukan mudah antara 2 token TRC20 mana pun berdasarkan harga sistem. Semua biaya perdagangan yang dikumpulkan nantinya akan langsung masuk ke penyedia likuiditas protokol, bukan protokol itu sendiri. 

Fitur dalam JustSwap

JustSwap juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan biaya transaksi dengan menjadi penyedia likuiditas, ditambah pengguna bebas dari komisi protokol.

Setelah menukar token TRX atau TRC20, pengguna juga memiliki kemampuan untuk mendapatkan hasil dari biaya transaksi yang ada dan imbalan dari mining.

JustSwap memiliki 4 fitur utama saat ini:

1. Swap

Fitur ini digunakan untuk swap antara token TRX atau TRC20. Setiap pertukaran terjadi dengan mengganti beberapa token dengan jumlah token lainnya. Di dalam fitur ini, pengguna diharuskan untuk menghubungkan fitur dengan dompet TronLink Wallet

Di dalam fitur ini, pengguna juga dapat menjadi Liquidity Provider (penyedia likuiditas) dengan memasukan cryptonya ke dalam protokol.

2. Scan

Fitur Scan ini digunakan untuk melihat pairing yang tersedia di dalam protokol ini. 

Tidak hanya itu, fitur ini juga menyediakan sejarah transaksi yang ada di dalam protokol.

3. WTRX

TRX merupakan aset asli TRON. Sedangkan, WTRX adalah token TRC20. Nantinya dalam fitur ini, token WTRX akan ditukarkan setara dengan nilai TRX. 

Pengguna diharuskan untuk menyetor TRX untuk mencetak jumlah yang setara dengan WTRX. Sebaliknya, untuk mendapatkan TRX kembali pengguna diharuskan “membakar” WTRX yang ada dengan jumlah yang setara. 

4. WBTT

WBTT ini memiliki kegunaan yang hampir sama dengan WTRX. Dengan fitur ini, pengguna dapat menukarkan token TRC20 manapun di JustSwap.

Sedangkan, BTT merupakan token utilitas TRC10 yang memiliki dasar blockchain. Token ini mendukung fitur-fitur protokol dan aplikasi terdesentralisasi paling populer di dunia. DApps yang didukung oleh BTT ini termasuk BTSpeed, BTFS, dan DLive.

Keunggulan JustSwap

Ada 5 keunggulan utama yang ditawarkan oleh JustSwap ini

  1. Platform ini memungkinkan pedagang untuk langsung bertukar token antara TRC20 apa pun. Market maker membuat profit tanpa adanya hambatan ketika memasuki protokol.
  2. Likuiditas tidak terbatas. Kendala pada sebuah platform Centralized Exchange (CEX) maupun Decentralized Exchange (DEX) adalah likuiditas. Di sini, JustSwap menyediakan likuiditas tidak terbatas bagi ribuan trader dan ratusan proyek yang ada di lama protokolnya.
  3. JustSwap memungkinkan pertukaran instan tanpa mencocokan pesanan.
  4. JustSwap menawarkan pasar keuangan yang adil dan terbuka bagi siapa pun yang menggunakannya.
  5. Profitabilitas tinggi. Dengan JustSwap pengguna akan mendapatkan biaya pemrosesan berkelanjutan tanpa komisi apa pun.

Cara Kerja JustSwap

JustSwap adalah protokol likuiditas otomatis. Tidak perlu membuat penawaran atau mencocokan pesanan, dan tidak ada intervensi dari organisasi mana pun atau pembentukan terpusat dalam transaksi. 

Transaksi yang ada di dalam JustSwap dikelola oleh smart contract. Nantinya setiap kumpulan perdagangan dapat mendukung pertukaran token, menamhakan likuiditas, dan pada dasarnya mempertahankan fungsionalitas x * y = k untuk memastikan keabsahan dari setiap transaksi.

Rumus x * y = k ini dipakai disetiap DEX pertukaran seperti Uniswap dan protokol lainnya. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keseimbangan di dalam protokol.

Baca juga: Panduan Dasar Apa itu Uniswap untuk Pemula!

Kesimpulan 

Pada dasarnya JustSwap ini sama seperti DEX lainnya yang ada pada industri DeFi. Namun, JustSwap berada di dalam jaringan TRON dan menggunakan token TRX dan TRC20 sebagai mata uang crytpo yang digunakan. 

Lantaran JustSwap ini berada pada jaringan TRON,  pengguna tidak lagi dikhawatirkan biaya tinggi seperti yang terjadi di Ethereum. Justin Sun sebagai CEO dari TRON Foundation juga menambahkan bahwa JustSwap dapat menjadi DEX dengan biaya 200 kali lebih rendah dan memiliki pembayaran instan yang lebih cepat. 

Artikel Terkait

 Lihat Lebih