Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Blockchain · 6 min read

Apa Itu Compound (COMP)? Panduan untuk Pemula!

Perilisan jaringan blockchain Ethereum yang bersifat open-source atau bisa dimanfaatkan oleh banyak orang membuat jaringan ini kaya akan inovasi baru. Hal ini dirasakan dengan kemunculan protokol bernama Compound (COMP).

Mengenal Compound

Compound adalah sebuah proyek di dalam jaringan Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk mengambil pinjaman dan juga bertindak untuk memfasilitasi pengguna lain dalam memberikan pinjaman, dengan jaminan aset mereka yang akan dikunci ke dalam protokol tersebut. 

Dalam sistem bank biasa saat ini, ketika seseorang menabung di tabungan biasa, nantinya ia akan mendapatkan bunga dari tabungannya tersebut.

Namun, itu berarti dana yang ada tidak dapat digunakan oleh orang tersebut dan harus tetap disimpan di dalam tabungan. Jika dana yang tersimpan itu suatu saat nanti diambil, bunga tidak lagi akan didapatkan. 

Masalah tersebut coba dipecahkan oleh Compound Finance dengan mengembangkan ide di dalam dunia Decentralized Finance (DeFi) atau Keuangan Terdesentralisasi dengan membuat protokol atau sebuah sistem smart contract yang nantinya dapat diakses secara terbuka yang dibangun di atas jaringan Ethereum.

Compound sendiri menawarkan fasilitas peminjaman aset dimana pemberi dan pengambil pinjaman diharuskan mengunci aset kripto mereka ke dalam protokol.

Nantinya, bunga yang dibayarkan dan diterima oleh peminjam dan pemberi pinjaman. Kemudian, bunga ini akan ditentukan oleh penawaran dan permintaan setiap aset kripto. Ini juga mengacu kepada setiap blok aset yang ditambang.

Keuntungan yang didapat dari Compound ini adalah pinjaman dapat dibayar kembali dan aset kripto yang dikunci dalam protokol dapat ditarik kapan saja.

Penemu Compound

Compound didirikan pada 2017 oleh Robert Leshner. Ia merupakan seorang ahli ekonomi yang menjadi founder sekaligus CEO dari Compound.

Fitur Utama dan Cara Kerja Compound

Dikutip dari 101 Blockchain, dua fitur utama Compound adalah pinjaman (lending) dan peminjaman (borrowing) kripto.

Lending Kripto

Protokol Compound mendukung lending dan borrowing mata uang kripto pilihan tertentu. Beberapa di antaranya adalah: ETH, USDC, WBTC, SAI, DAI, BAT, USDT, REP, dan lain sebagainya,

Siapa pun yang memiliki aset kripto itu dapat dengan mudah melakukan lending dan borrowing kripto di Compound. Pengguna dapat menyetor, mengunci, meminjamkan, atau mengirim jumlah berapa pun dalam protokol Compound.

Saat pengguna mengunci kripto di protokol Compound, maka aset akan disimpan di dompet Compound. Ini hampir mirip dengan menabung di bank. Setelah aset kripto dikunci, pengguna dapat memperoleh bunga.

Bunga yang diperoleh dalam denominasi token yang dikunci di Compound. Misalnya, jika mengunci USDC di dompet Compound, maka akan mendapatkan bunga dalam USDC.

Borrowing Kripto

Penerapan penting lainnya dari Compound di DeFi mengacu pada peminjaman (borrowing). Setelah mengunci sejumlah kripto di Compound, kamu dapat memiliki hak istimewa untuk melakukan pinjaman. Namun untuk ini, Compound akan melakukan verifikasi kualitas aset untuk menentukan berapa banyak seseorang dapat meminjam terhadap aset tersebut.

Misalnya, jika kamu mengunci 1000 BAT dengan harga US$500 di Compound dan protokol telah menetapkan batas peminjaman 50% untuk BAT, kamu dapat meminjam kripto lain senilai US$250 yang didukung oleh protokol Compound. Selain itu, kamu juga harus membayar bunga atas kripto yang dipinjam sama seperti kamu membayar bunga ke bank atas pinjaman yang dipinjam.

Token Compound

Dalam pengembangannya Compound juga memiliki token asli bernama Compound (COMP). Di dalam platformnya, penggunaannya disebut cToken.

Dibangun di atas prinsip cToken, token asli Compound (COMP) memungkinkan pengguna mendapatkan bunga atas aset mereka sementara juga dapat mentransfer, memperdagangkan, dan menggunakan aset tersebut dalam aplikasi lain.

Nantinya, cTokens baru ini akan dibuat setiap kali pengguna menyetorkan aset kripto mereka ke dalam protokol Compound. Jika pengguna ingin mengambil pinjaman menggunakan ETH sebagai jaminan, mereka secara otomatis menerima cETH sebagai imbalan atas ETH yang disetorkan.

Jika pengguna ingin menggunakan USDC untuk mendapatkan bunga, mereka nantinya akan menerima cUSDC ketika mereka menyetorkan USDC ke dalam sistem.

Baca juga: Cara Mendapatkan Keuntungan Melalui Compound Finance

Besaran Pinjaman di Compound

Saldo aset yang disediakan nantinya akan diwakili oleh cTokens, representasi dari aset dasar yang menghasilkan bunga dan berfungsi sebagai jaminan. Pengguna dapat meminjam hingga 50-75% dari nilai cTokens mereka, tergantung pada kualitas aset yang mendasarinya. 

Baca juga: Meminjam Crypto Lewat Crypto Lending

Keuntungan Compound

  • Rentang Peluang Penghasilan: Pengguna dapat memperoleh bunga dengan meminjamkan berbagai jenis mata uang kripto dengan berbagai opsi kumpulan likuiditas.
  • Tanpa Biaya Perdagangan atau Slippage: Platform Compound menghilangkan biaya perdagangan dan slippage sehingga lebih hemat biaya.
  • Salah satu Proyek DeFi Teraman: Compound memprioritaskan keamanan, telah menjalani audit oleh perusahaan terkemuka seperti Trail of Bits dan Open Zeppelin. Compound juga bekerja sama dengan asurasi Nexus Mutual dan Opyn untuk memastikan dana pengguna aman.
  • Tidak Ada Batas Minimum dalam Lending dan Borrowing: Compound tidak memberlakukan persyaratan minimum untuk menggunakan fitur yang merek sediakan, sehingga dapat diakses oleh lebih banyak pengguna.

Kekurangan Compound

  • Tidak Cocok untuk Pengguna Awam: Compound kurang ramah pengguna dibandingkan beberapa platform, sehingga memerlukan pengetahuan kripto dasar. Hal ini akan menjadi tantangan bagi pengguna kripto baru, sehingga lebih cocok untuk pengguna berpengalaman.
  • Opsi Token Terbatas: Compound belum bisa memfasilitasi semua token dari berbagai jenis blockchain.

Pembaruan di Compound

Pada 2022, Compound melakukan pembaruan dengan merilis Compound V3. Rilis ini mengurangi jumlah token yang didukung yang dapat dipinjam dan dijaminkan pada protokol.

Iterasi baru Compound, yang disebut Comet, memungkinkan pengguna untuk meminjam satu aset penghasil bunga. Versi ini juga menggunakan Chainlink sebagai umpan harga eksklusif protokol dan menyederhanakan tata kelola kontrak pintar, yang akan meningkatkan keamanan dan skalabilitas sistem.

Selain meningkatkan keamanan protokol, Compound v3 akan memperkenalkan perubahan pada sistem tata kelola protokol. Di Compound v3, tata kelola dilakukan melalui satu kontrak “Configurator”, bukan jaringan kontrak yang dikelola secara individual.

Kesimpulan

Compound merupakan pionir di mana setiap orang dapat menjadi pemberi pinjaman maupun peminjam dana. Bekerja dengan prinsip DeFi, Compound ingin secara lebih luas membantu orang-orang memiliki lebih banyak akses dan kontrol atas aset dan dana yang mereka hasilkan dan simpan, tanpa takut atas kontrol dari orang lain.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.