Ini 5 Kelebihan Teknologi Blockchain

By Felita Setiawan     Saturday, February 2 2019

Ini 5 kelebihan teknologi blockchain. Teknologi Blockchain makin marak dibicarakan seiring dengan meningkatnya pengguna Bitcoin dan aset digital lainnya. Blockchain adalah teknologi di balik Bitcoin dan sering kali disebut sebagai Internet 2.0. Secara singkat, teknologi blockchain adalah sebuah sistem buku besar terdesentralisasi yang dapat diakses oleh semua orang yang ada di dalam jaringan. Nah kemudian pertanyaan yang muncul adalah apa saja kelebihan teknologi Blockchain sampai digadang-gadang sebagai Internet 2.0? Mari kita simak berikut ini 5 kelebihan teknologi Blockchain.

Artikel Terkait: Apa itu Blockchain?

  • Transparansi

Riwayat transaksi akan menjadi semakin transparan dengan penggunaan teknologi Blockchain. Karena Blockchain merupakan sistem buku besar terdesentralisasi, semua orang di dalam suatu jaringan memiliki daftar data yang sama. Daftar data bersama ini hanya dapat diperbaharui melalui mekanisme konsensus, di mana semua orang harus menyetujui jika ada suatu perubahan. Untuk mengubah sebuah catatan transaksi akan dibutuhkan perubahan juga pada seluruh catatan transaksi yang ada di jaringan. Sehingga, data yang tersimpan pada blockchain menjadi lebih akurat, konsisten, dan transparan jika dibandingkan dengan teknologi yang ada sekarang. Data ini juga dapat diakses oleh semua orang yang memiliki ijin akses.

  • Keamanan

Dari segi keamanan, teknoogi Blockchain memiliki beberapa fitur yang membuatnya lebih aman daripada sistem pencatatan lainnya. Transaksi di dalam Blockchain harus disetujui terlebih dahulu sebelum sebuah transaksi dapat dicatat. Setelah sebuah transaksi disetujui dan diterima, transaksi tersebut kemudian akan dienkripsi dan dihubungkan dengan transaksi sebelumnya. Sistem ini, dan juga sistem di mana informasi yang ada di dalam Blockchain disimpan dalam banyak jaringan komputer daripada hanya satu server saja, membuat teknologi Blockchain sangat sulit untuk diretas. Di industri manapun ketika mengamankan data adalah hal yang krusial – seperti perbankan, pemerintahan, layanan kesehatan – teknologi Blockchain memiliki kesempatan untuk dapat mengubah sistem pengamanan data. Sehingga, tidak sembarangan orang yang dapat mengakses dan mengubah data tersebut.

  • Efisiensi

Ketika kita menggunakan sistem tradisional yang masih banyak menggunakan kertas, proses apapun dapat memakan cukup banyak waktu, rentan akan human-error, dan kadang membutuhkan kehadiran pihak ketiga untuk memediasi. Dengan merapikan alur dan mengautomasi proses ini dengan teknologi Blockchain, transaksi dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien. Karena sistem pencatatan informasi dilakukan dengan menggunakan sebuah ledger digital yang dimiliki oleh banyak orang dalam jaringan, kita tidak memerlukan banyak ledger sehingga sistem akan menjadi lebih rapi dan ringan. Dan ketika semua orang memiliki akses untuk informasi yang sama, akan menjadi lebih mudah untuk saling percaya tanpa harus membutuhkan penengah sebagai jaminan. Oleh karena itu, proses kliring dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

  • Kepercayaan

Jika perusahaan Anda berurusan dengan produk yang diperdagangkan melalui sebuah supply chain yang rumit, Anda pasti merasa familiar dengan seberapa sulitnya untuk melacak dari mana sebuah item berasal. Jika proses pertukaran barang dicatat dalam Blockchain, Anda akan berakhir dengan sebuah jejak audit yang menunjukkan dari mana sebuah item itu berasal dan setiap pemberhentian yang dilalui oleh item tersebut selama perjalanannya. Data riwayat transaksi ini dapat digunakan untuk membantu memverifikasi keaslian sebuah aset dan mencegah adanya tindakan penipuan.

  • Penghematan Biaya

Penghematan biaya adalah prioiritas bagi hampir seluruh bisnis. Dengan teknologi Blockchain, Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga sebanyak yang Anda butuhkan sekarang. Karena dengan Blockchain, Anda hanya perlu mempercayai data yang ada di dalam Blockchain. Anda juga tidak perlu lagi mereview banyak hal untuk menyelesaikan sebuah transaksi karena setiap orang akan memiliki akses ijin untuk sebuah data tunggal yang sama.

Setelah mempelajari 5 kelebihan teknologi Blockchain di atas, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan teknologi Blockchain pada bisnis atau kehidupan Anda sehari-hari. Teknologi Blockchain tidak hanya digunakan untuk Bitcoin dan cryptocurrency saja, melainkan dapat diaplikasikan ke banyak jenis industri dan pastinya akan sangat bermanfaat.

Baca Juga: 5 Kegunaan Teknologi Blockchain dalam Layanan Keuangan

Sumber