Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

10 Fakta Tentang Cryptocurrency yang Harus Anda Ketahui!

anisa giovanny     Friday, February 7 2020

Cryptocurrency sudah dikenalkan sejak 11 tahun dengan awal kemunculan Bitcoin. Hingga kini cryptocurrency menjelma sebagai alat investasi yang menggiurkan dengan nilai yang cukup tinggi. Selain itu crypto pun makin berkembang karena mulai banyak masyarakat yang mengenal dan menggunakannya.

Di usianya yang terbilang masih cukup muda, masih banyak hal yang mungkin bisa dilakukan oleh cryptocurrency untuk bisa berkontribusi dalam perubahan sistem keuangan dunia.

Sebelum melangkah lebih jauh ke sana, tidak ada salahnya  mengetahui 10 fakta cryptocurrency berikut ini!

1. Penemu Bitcoin Tidak Diketahui

Ini adalah fakta paling populer dan mengejutkan tentang dunia cryptocurrency, orang atau organisasi yang menciptakan ‘Bitcoin’ sebagai awal mula dikenalnya cryptocurrency hingga kini  tidak diketahui.

Masyarakat hanya tahu penciptanya bernama Satoshi Nakamoto, tetapi nama itu tidak benar-benar merujuk pada identitas seseorang dan masih  belum ditemukan siapa dibalik nama tersebut.

Kepercayaan lainnya mengungkapkan jika Satoshi Nakamoto adalah singkatan dari raksasa teknologi terkemuka  yakni Samsung – Toshiba – Nakamichi – Motorola.

2. Nilai Cryptocurrency Sangat Volatile

Sama seperti pangsa pasar normal, ada banyak faktor eksternal yang memiliki dampak langsung pada nilai uang Crypto. Mereka sangat fluktuatif dan sangat tergantung pada selera perdagangan. Nilai dapat berubah  naik turun secara dramatis yang terkadang menguntungkan dan kadang-kadang sangat merugikan. 

Baca juga: Apa itu Cryptocurency

3. Ada lebih dari 1.300 cryptocurrency 

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang diperdagangkan yang dibawa ke pasar, dan saat ini memiliki 54% dari total kapitalisasi pasar senilai $589 miliar dari semua cryptocurrency.

Baca juga: Panduan Bitcoin Bagi Pemula

Namun cryptocurrency sejatinya tidak hanya soal Bitcoin, ternyata ada lebih dari 1.300 mata uang virtual yang dapat dipilih sebagai investasi, contoh selain Bitcoin yang paling terkenal adalah Ether, Bitcoin Cash, Litecoin, dan lain sebagainya. 

4. Tidak Memiliki Dukungan Fundamental

Tidak seperti dolar AS atau mata uang fiat lainnya di seluruh dunia, mata uang digital tidak didukung oleh bank sentral atau pemerintah. Mereka juga tidak memiliki faktor fundamental nyata yang dapat digunakan untuk membantu mendapatkan penilaian yang tepat.

Sedangkan Anda dapat melihat riwayat pendapatan dari saham perdagangan publik untuk memperkirakan nilainya, atau kinerja ekonomi suatu negara sehubungan dengan pertumbuhan PDB untuk menilai mata uang seperti dolar.

Mata uang digital tidak memiliki ikatan fundamental langsung, ini membuat menilai cryptocurrency jika dikaitkan dengan sistem keuangan tradisional sangat sulit dan mungkin tidak terlalu relevan. 

5. Cina Adalah Penambang Cryptocurrency Terbesar

Penambangan cryptocurrency adalah proses memverifikasi berbagai bentuk transaksi sebelum dimasukkan ke dalam buku besar yang didistribusikan Blockchain. Ini adalah bisnis yang menguntungkan dan Cina mengendalikan sekitar 75% kendali atas jaringan pertambangan.

Baca juga: Apa itu Mining Bitcoin? Panduan Lengkap untuk Pemula

6. Anda harus memiliki Wallet Crypto dan Jangan Sampai Hilang

Wallet atau dompet crypto sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakan crypto. Ini berguna untuk menyimpan aset tersebut sebelum digunakan untuk transaksi. Selengkapnya soal cryptocurrency wallet dapat Anda baca di sini. 

Di dalam wallet crypto tersebut terdapat  public key dan private key. Itu adalah kunci untuk bisa mengakses aset Anda. Oleh karena itu, menjaga wallet sangat penting.

Baca juga: 11 Bitcoin Wallet Gratis dan Aman

Jangan sampai Anda kehilangan atau kunci tersebut diketahui oleh orang lain. Karena jika kunci itu tersebar atau hilang, tidak ada cara untuk mengembalikannya.

7. Transaksi Internasional Tanpa Batas 

Cryptocurrency bisa ditransfer kapan saja, tidak ada batasan waktu.  Kemudian bisa ditransfer ke berbagai alamat wallet yang tersebar di banyak negara, tidak ada batasan karena cryptocurrency tidak  bekerja dengan ekonomi terpusat. 

8. Terdesentralisasi 

Crypto bekerja di jaringan atau teknologi blockchain yang menarik karena terdesentralisasi. Dengan kata lain, tidak ada hubungan pusat di mana informasi ini disimpan, dan karenanya tidak ada pusat data utama di mana penjahat cyber dapat menyerang dan mendapatkan kendali atas mata uang digital tertentu. Ini membuat blockchain menjadi  teknologi yang sangat aman, yang menarik bagi bisnis besar.

Selengkapnya tentang blockchain, dapat Anda temukan di sini

9. Cryptocurrency Dilarang di Sejumlah Negara

Cryptocurrency tidak diterima baik oleh semua negara. Hal ini disebabkan karena sifatnya terdesentralisasi, tidak ada aturan terpusat dan lainnya. Beberapa negara sangat menolak crypto hingga melarang penggunaan dan perdagangan aset crypto.

Berdagang dalam cryptocurrency, melakukan pembayaran dalam mata uang virtual, atau membeli barang dan jasa dalam mata uang digital, adalah ilegal di berbagai negara yakni : Bolivia, Bangladesh, Nepal, Maroko, Kyrgyzstan, dan Ekuador.

Baca juga: Bitcoin Legal Digunakan di Negara Ini!

10. Waspadalah terhadap Cryptojacking

Cryptocurrency adalah pilihan aman untuk keamanan wallet tetapi masih bisa  terpapar oleh scammer yang menggunakan komputer atau pemrosesan ponsel Anda untuk penambangan cryptocurrency. Mereka melakukan ini untuk keuntungan mereka sendiri tanpa persetujuan Anda.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Exchange di Indonesia

Ini disebut “Cryptojacking” di mana scammer memasukkan kode berbahaya di perangkat Anda. Oleh karena itu Anda harus waspada dan jangan sembarangan masuk ke berbagai link yang mencurigakan, perbaruilah software Anda dan hindari memberikan private key ke sembarang orang atau entitas. 


Itu dia 10 fakta cryptocurrency yang perlu Anda ketahui, pada dasarnya cryptocurrency adalah sistem mata uang yang maju. Mereka memanfaatkan jaringan yang kuat dengan sistem kriptografi yang rumit.

Adanya fakta cryptocurrency pun telah menarik perhatian negara lain untuk bisa menciptakan crypto sendiri, seperti Cina yang sedang memproses digital Yuannya, atau ada Facebook yang sempat dikabarkan akan membuat mata uang crypto sendiri hingga Jepang yang dalam proses perencanaan untuk Yen Digital.

Hadirnya crypto telah membawa perubahan dan angin segar bagi sistem keuangan dunia agar semakin maju dan berkembang. 

Poin Penting
  • 🔎 Kapan cryptocurrency dikenalkan ?

    Dikenalkan pada 2009, 11 tahun lalu

  • 👨🏾‍🔧 Siapa yang menemukan cryptocurrency ?

    Satoshi Nakamoto

  • 🖥 Kenapa harga cryptocurrency fluktutaif ?

    Karena volatilitasnnya tinggi dan masih merupakan aset baru

  • 🌐 Negara mana saja yang melarang crypto ?

    Bolivia, Bangladesh, Nepal, Maroko, Kyrgyzstan, dan Ekuador.

  • 💎 Ada berapa jumlah crypto di dunia ?

    Lebih dari 1.300, tetapi yang paling dikenal adalah Bitcon

  • 👛 Apa itu wallet ?

    Tempat untuk menyimpan aset crypto sebelum ditransaksikan

  • 🐉 Negara mana yang mining crypto paling besar ?

    Cina

  • 💣 Apa itu cryptojaking ?

    Cryptojacking adalah di mana scammer memasukkan kode berbahaya di perangkat Anda. Biasanya mereka menyebarkan kode di link atau aplikasi yang bisa saja sengaja atau tidak Anda kunjungi.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih