Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 5 min read

ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Hong Kong Sepi Peminat

ETF Bitcoin spot Hong Kong

Hong Kong telah resmi memperdagangan ETF Bitcoin dan Ethereum spot sejak 30 April 2024. Namun, kinerja awal ETF di negara tersebut menimbulkan kekhawatiran, terutama jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Amerika Serikat.

Gambar: Tabel arus masuk dan keluar ETF kripto spot Hong Kong. Sumber: Farside.

Data yang dikumpulkan oleh Farside Investors mengungkapkan bahwa tiga ETF Bitcoin spot yang diperkenalkan di Hong Kong mengumpulkan aset yang dikelola (AUM) sebesar US$262 juta pada saat diluncurkan, dengan sebagian besar langganan terjadi sebelum pencatatan. Namun, selama minggu pertama, arus masuk berjumlah kurang dari US$14 juta, sangat kontras dengan miliaran yang mengalir ke ETF Bitcoin spot AS pada awal tahun.

Baca juga: Hong Kong Setujui ETF Bitcoin Spot, Harga Kripto Respon Positif

Farside Investors mengomentari perbedaan tersebut, menyatakan bahwa peluncuran Bitcoin dan Ethereum ETF di Hong Kong tidak memiliki signifikansi seperti yang terjadi di pasar AS. Demikian pula, ETF Ether spot Hong Kong, yang merupakan yang pertama di dunia, gagal mendapatkan daya tarik yang signifikan, mengumpulkan US$54,2 juta dalam AUM dan US$9,3 juta dalam total arus masuk pada tanggal 6 Mei.

Meskipun angka awalnya lemah, beberapa analis yakin ada hal lain yang perlu dicermati. Eric Balchunas, analis senior ETF Bloomberg, menunjukkan bahwa dengan AUM sebesar US$310 juta, ETF Hong Kong memiliki posisi yang signifikan secara proporsional di pasar lokal, setara dengan US$50 miliar di pasar AS.

“Seperti yang kami sarankan, jangan mengharapkan angka besar di HK vs AS, tapi ETF HK seharga US$310 juta sama dengan US$50 miliar di pasar AS. Jadi dalam hal ini, ETF ini sudah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pasar lokalnya seperti halnya pasar Amerika,” tulis Balchunas di akun X-nya. 

Baca juga: ETF Bitcoin Spot BlackRock dan Fidelity Raih Arus Masuk US$340 Juta dalam Sehari

Faktor Sepinya ETH Kripto Spot Hong Kong

Peneliti di SoSoValue berkomentar bahwa batasan ketat pada kualifikasi investor, dan investor China tidak dapat berpartisipasi dalam transaksi turut memperlambat adopsi ETF kripto spot di Hong Kong. 

Peneliti SoSoValue juga mencatat bahwa biaya manajemen untuk ETF kripto Hong Kong berkisar antara 0,85% hingga 1,99% per tahun, jauh lebih tinggi daripada rata-rata 0,25% yang dibebankan oleh emiten AS. 

Kendati demikian, tetap ada optimisme mengenai potensi pertumbuhan ETF ini, terutama seiring dengan meningkatnya kesadaran dan potensi berkurangnya hambatan peraturan.

Baca juga: Bitcoin dan Ethereum ETF Hong Kong Diprediksi Tembus US$1 Miliar AUM

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.