Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 6 min read

Terraform Labs Tolak Bayar Denda US$5,3 Miliar ke SEC

terraform

Terraform Labs tolak bayar denda sebesar US$5,3 miliar ke SEC. Angka itu termasuk Jumlah ini termasuk US$4,1 miliar dalam pencairan dan US$545,7 juta dalam bunga pra-penilaian.

Pengacara yang mewakili perusahaan kripto tersebut berpendapat bahwa regulator keuangan tidak berhak atas pencairan, bunga, dan denda perdata setelah juri memutuskan Terraform Labs dan Kwon bertanggung jawab atas penipuan. 

Baca juga: Ada Apa dengan Terra Luna di 2022? Ini Penjelasannya

Terraform membangun klaim yang telah ditegaskan sebelumnya bahwa pencairan apa pun secara efektif harus diperoleh dari Luna Foundation Guard (LFG), sebuah “non-pihak” dalam kasus perdata.

Menurut pengacara Terraform, SEC “tidak memiliki bukti” bahwa platform tersebut atau aktivitas Kwon di AS menyebabkan kerugian yang menjadi inti kasus perdata. Jika komisi tersebut menuntut pencairan dan hukuman perdata, menurut Terraform, hal itu akan memberikan peraturan tersebut “perintah yang tidak terbatas secara teritorial.”

“Penawaran dan penjualan token TFL terjadi hampir seluruhnya di luar AS […] dan SEC tidak memberikan bukti bahwa aktivitas terbatas terdakwa di AS secara langsung menyebabkan kerugian, apalagi miliaran yang diminta SEC untuk pencairan,” kata pengajuan 1 Mei.

Baca juga: Do Kwon Terancam Didenda SEC Sebesar US$4,7 Miliar

Teraform Klaim Denda US$1 Juta Lebih Tepat

Dalam pengajuan tanggal 26 April, Terraform mengklaim bahwa denda perdata sebesar US$1 juta akan “jauh lebih tepat” daripada proposal SEC yang bernilai miliaran dolar. Kwon juga menentang usulan penyelesaian SEC terhadap kasus perdata dengan alasan yang mirip dengan Terraform. 

“[T]SEC masih harus menetapkan bahwa Kwon terlibat dalam tindakan di Amerika Serikat atau tindakan di luar Amerika Serikat yang memiliki ‘efek substansial yang dapat diperkirakan’ di Amerika Serikat,” kata pengacara salah satu pendiri Terraform,” tulis pengajuan dari Terraform.

Sementara itu, semua pihak dijadwalkan untuk menyampaikan argumen mengenai usulan penyelesaian di hadapan Hakim Jed Rakoff pada tanggal 22 Mei. Namun, pada saat berita ini dimuat, masih belum jelas apakah Kwon akan bersedia karena situasi hukumnya di Montenegro.

Kwon ditangkap dan ditahan di Montenegro pada bulan Juni tahun lalu setelah ditangkap ketika mencoba berangkat menggunakan paspor palsu. Jaksa AS mendakwanya dengan delapan pelanggaran pidana, termasuk sekuritas, komoditas, dan penipuan kawat.

Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya pada September 2022, menuduhnya melanggar peraturan pasar modal di negara tersebut. Dia saat ini berada dalam perselisihan ekstradisi antara AS dan Korea Selatan.

Baca juga: Mantan C-Level Terra Diekstradisi ke Korea Selatan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.