Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 8 min read

Jaringan Bitcoin Cetak Sejarah Baru, Proses Satu Miliar Transaksi!

satu miliar transaksi bitcoin

Jaringan Bitcoin telah memproses satu miliar transaksi, ini menjadi momen penting dalam 15 tahun keberadaan Bitcoin yang ditambang pertama kali pada 2009.

Menurut dasbor Bitcoin Clark Moody menunjukkan bahwa transaksi 1.000.000.000 telah tercapai dengan penambangan di blok 842,241 pada pukul 21:34 UTC pada tanggal 5 Mei atau 04.34 WIB pada tanggal 6 Mei 2024.

Jumlah total transaksi yang diproses di jaringan Bitcoin. Sumber: Clark Moody

Berdasarkan pencapaian ini artinya Bitcoin telah memproses 178.475 transaksi harian telah dalam 5.603 hari keberadaannya. Namun, jumlah transaksi tidak termasuk transaksi yang dilakukan di Lightning Network, jaringan lapisan 2 Bitcoin yang terutama berfokus pada pembayaran mikro.

Data dari bursa khusus Bitcoin, River, menemukan bahwa Lightning Network memproses perkiraan batas bawah sebesar 6,6 juta transaksi saja pada bulan Agustus 2023 yang dapat menunjukkan bahwa ratusan juta transaksi telah dilakukan di Lightning sejak diluncurkan pada bulan Januari 2018.

Transaksi harian pada Bitcoin melonjak sekitar acara halving keempat jaringan pada tanggal 20 April, termasuk rekor tertinggi 926.000 transaksi yang diproses pada tanggal 23 April. Sebagian besar permintaan ini datang dari peluncuran protokol Runes, standar token Bitcoin baru di blok 840.000.

Meski begitu, jumlah transaksi harian Bitcoin telah berkurang menjadi 660,260 pada 4 Mei. Meskipun Bitcoin merupakan jaringan mata uang kripto tertua, ini bukanlah jaringan pertama yang memproses satu miliar transaksi. Ethereum tercatat sudah memproses hampir 2,4 miliar transaksi sejak diluncurkan pada Juli 2015, menurut data Etherscan.

Baca juga: Perusahaan Jack Dorsey, Block Berencana DCA Bitcoin Tiap Bulan

Harga Bitcoin Mulai Pulih

Sementara itu, harga Bitcoin saat ini dihargai US$63.929 naik lebih dari 12% sejak mencapai level terendah dua bulan di US$56.800 pada 2 Mei, menurut CoinGecko. Namun, masih turun 13,6% dari level tertinggi sepanjang masa di US$73.740 yang dicapai pada 13 Maret.

Baca juga: Harga Bitcoin Sempat di Bawah US$60 Ribu, Rp3,8 Triliun Terlikuidasi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.