Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Cara Trading Kontrak Futures di FTX

FTX merupakan salah satu bursa perdagangan yang menyediakan beberapa jasa perdagangan mulai dari crypto, saham, bahkan uang fiat atau forex.

Selain itu, FTX juga memberikan jasa perdagangan beberapa jenis aset di beberapa pasar seperti contohnya perdagangan kontrak futures.

Dalam artikel ini, Coinvestasi akan menjelaskan bagaimana cara trading crypto dalam pasar futures dengan menggunakan FTX.

1. Log In

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Log In atau masuk ke akun FTX yang sudah dimiliki. Jika belum memiliki, kalian dapat menekan tombol “Daftar Sekarang” di bawah ini.

Trading Bitcoin Daftar di FTX

Log In dan jual beli dapat dilakukan melalui situs resmi FTX di FTX.com atau melalui aplikasi FTX di smartphone kalian.

2. Deposit

Setelah melakukan Log In, pastikan terdapat dana pada akun FTX kalian. Jika belum ada dana, pastikan kalian melakukan deposit terlebih dahulu.

Deposit FTX dapat dilakukan melalui bursa lokal dengan Dolar Amerika atau mata uang crypto. Untuk Deposit dengan uang fiat dapat dilakukan di situs resmi FTX

3. Pilih Jenis Kontrak Futures

Langkah berikutnya adalah memilih kolom “Futures”. Tujuan dari memilih kolom ini adalah agar perdagangan terjadi di pasar futures dan bukan pasar spot.

Setelah masuk ke kolom “Futures”, langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah memilih jenis aset dalam pasar futures FTX.

Kalian dapat memilih kontrak futures dari mata uang crypto yang kalian ingin perjualbelikan. Kontrak futures tersebut juga sudah dikategorikan per jenis.

549365

Dalam kategorisasi tersebut terdapat kontrak futures dengan waktu kadaluarsa Maret 2021, Juni 2021, September 2021, dan Desember 2021.

Selain itu, terdapat kontrak futures jenis perpetual, dimana kontrak tersebut tidak memiliki waktu kadaluarsa.

Terakhir terdapat jenis kontrak futures “Index” dimana aset yang mendasari kontrak tersebut adalah index yang berisi beberapa mata uang crypto.

Terdapat delapan indeks di FTX yaitu Altcoin Index, Midcap Index, Shitcoin Index, Exchange Token Index, Dragon Index, Privacy Index, DeFi Index, dan Bitwise10Crypto Index Fund.

Masing-masing indeks memiliki cryptonya masing-masing, contohnya Index Altcoin yang berisi ETH, EOS, BCH, BNB, LTC, XRP, TRX, DOT, LINK and ADA.

Index ini juga memiliki waktu kadaluarsa yang berbeda antar satu sama lain seperti kontrak futures pada umumnya. 

Kalian dapat melihat secara rinci satu per satu jenis kontrak futures pada situs resmi FTX atau pada aplikasi FTX di smartphone kalian.

4. Membuka Posisi

Langkah berikutnya adalah menekan tulisan kontrak futures yang ingin diperdagangkan. Dalam artikel ini contoh akan menggunakan kontrak Bitcoin Perpetual (BTC-PERP).

Dari sana kalian akan langsung dialihkan ke kolom “Trade” dimana kalian dapat menentukan beberapa hal sebelum melakukan pembelian.

Pertama kalian akan menentukan jenis transaksi yaitu “Buy” (Beli) atau “Sell” (Jual), sebab menggunakan kontrak futures dapat melakukan pembelian atau penjualan.

Dalam contoh ini contoh yang akan dilakukan adalah membeli, sehingga kalian dapat memilih tulisan “Buy” dengan menekannya.

549366

Kedua, kalian dapat menentukan jenis transaksi dengan menekan tulisan pada kolom seperti pada gambar di bawah.

Dari sana kalian akan diberikan beberapa pilihan jenis transaksi dari Limit order, Market order, Stop market, Stop limit, Trailing stop, Take profit, dan Take profit limit.

548974

Perbedaan transaksi tersebut adalah, Market order digunakan untuk transaksi dengan harga pasar saat itu juga.

Jenis transaksi lainnya, digunakan untuk harga yang ditentukan secara pribadi sebagai target, sehingga transaksi tidak langsung terjadi secara instan.

Terdapat tiga jenis eksekusi untuk transaksi tidak instan.

Terdapat pilihan “Reduce Only”, untuk memastikan posisi yang dikonfirmasi adalah untuk menutup posisi yang sudah terbuka dan bukan membuka posisi baru.

Pilihan “Post Only” adalah untuk memastikan transaksi sebagai market maker, dimana transaksi akan dibatalkan jika terlewat dari Order Books atau Market Trade.

“IOC” atau Immediate or Cancel, adalah untuk memastikan transaksi sebagai market taker, dimana transaksi mengikuti harga pasar saat itu.

549375

Jika pemesanan tidak tereksekusi secara langsung, maka order atau pemesanan tersebut akan dibatalkan.

Setelah kalian memilih, kalian dapat menuliskan jumlah yang ingin kalian beli atau USD yang ingin kalian keluarkan untuk membeli crypto tersebut.

Dalam contoh ini akan dilakukan transaksi dengan Market order, yang berarti menggunakan harga pasar saat ini.

Kemudian, kalian dapat menekan tulisan “Buy” seperti pada gambar di bawah untuk melakukan konfirmasi pembelian untuk posisi beli.

549367 1

Kemudian, kalian dapat menekan tulisan “Buy” seperti pada gambar di bawah untuk melakukan konfirmasi pembelian untuk posisi beli.

Setelah melakukan pembelian, crypto kalian akan terlihat di kolom “Positions” yang tersimpan di akun FTX kalian.

549368

Hati-hati dengan Leverage atau Margin

Perlu diingat jika kalian menggunakan leverage atau dana utang sebagai tambahan dan saldo USD rendah, FTX akan menggunakan saldo crypto di FTX kalian sebagai dana jaminan.

549354

Kalian dapat mengatur jumlah leverage dan jaminan yang akan kalian gunakan dalam bagian Margin di kolom User.

5. Menutup Posisi

Untuk menutup posisi yang terbuka, kalian dapat melakukan dua cara. Cara pertama adalah dengan menekan tulisan “Market Close” pada kolom “Positions” kalian.

549369

Cara yang kedua adalah melakukan transaksi dengan arah yang berlawanan dari transaksi sebelumnya.

Yang dimaksud dari cara kedua dengan contoh dalam artikel ini adalah, melakukan transaksi “Sell” akibat posisi yang terbuka adalah posisi “Buy”.

Cara melakukan transaksinya adalah sama seperti transaksi beli sebelumnya, namun dengan tujuan untuk menjual.

Hal lain yang berbeda adalah menekan tulisan “Reduce Only” agar posisi tersebut bertujuan untuk menutup posisi “Buy” dan bukan membuka posisi “Sell” baru.

Kalian juga dapat memastikan tidak membuka posisi baru, dengan menekan tulisan “Close Position”.

549370

Setelah itu, kalian telah berhasil menutup posisi yang kalian telah buka sebelumnya, dan jika terjadi keuntungan, dana akan secara langsung masuk ke Wallet FTX kalian dalam bentuk USD.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Channel Telegram resmi FTX Indonesia di sini.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Hash Rate