Tips

Beda Mata Uang Digital Dan Kripto (Cryptocurrency)

Dalam dunia kripto, masih banyak yang belum memahami Digital currency dan Crypto currency. Kedua sebutan ini bermakna berbeda, meskipun sering kali kita temukan untuk menyebutkan salah satu kripto. Baik dari segi pembuatan dan sistem yang digunakan, ternyata beda pengertian mata uang digital dan mata uang kripto (cryptocurrency).
Beda Pengertian Mata Uang Digital
Mata uang digital sudah banyak diterbitkan jauh sebelum bitcoin muncul di dunia amya. Beberapa diantaranya dapat bertahan dan berkembang, termasuk salah satunya adalah Paypal. Penggunaan mata uang digital biasanya mengacu pada jual beli dan transfer antar negara. Dimana satuan mata uang mengacu pada nilai kurs tukar dunia nyata.

Beda Pengertian Mata Uang Digital

Apa itu mata uang digital? Mata uang digital adalah uang yang berbentuk digital dan hanya digunakan di internet. Mata uang digital tidak memiliki ciri fisik apa pun di dunia nyata, tetapi memiliki semua karakteristik uang tradisional. Sehingga bisa digunakan untuk mentransfer, jual beli, dan menukarnya dengan mata uang lain. Mata uang digital tidak memiliki batasan geografis atau politik, transaksi dapat dikirim dari dan ke mana saja. Dalam hal ini, akun digital dan dompet yang menyimpannya disebut sebagai bank deposit.
Bagaimana dengan mata uang kripto atau Cryptocurrency? Cryptocurrency adalah berbagai mata uang digital dan merupakan aset yang digunakan sebagai alat tukar. Mata uang ini menggunakan kriptografi dan cara membuatnya dianggap aman. Sistem yang digunakan akan menciptakan dan menganalisis algoritma serta protokol. Hal ini untuk mencegah agar tidak ada informasi yang diubah atau terganggu selama terhubung oleh pihak ketiga.
Kriptografi merupakan campuran dari beberapa ilmu pengetahuan yang berbeda berdasarkan perhitungan matematika. Cryptocurrency menggunakan blockchain dan buku besar yang pastinya terdesentralisasi. Tidak ada otoritas pengawas yang mengontrol semua tindakan dalam jaringan blockchain. Hal inilah yang membedakannya dengan mata uang digital seperti Paypal.
Keduanya cukup berbeda, dimana struktur mata uang digital diatur secara terpusat yang melibatkan sekelompok orang dan komputer yang mengatur transaksi dalam jaringan. Sementara mata uang kripto atau cryptocurrency terdesentralisasi dan aturan dibuat oleh mayoritas masyarakat.
Cryptocurrency juga multifungsi yang digunakan sebagai mata uang digital, dimana setiap pengguna harus memberikan identifikasi. Seperti menyertakan foto dan beberapa dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas publik. Tetapi dalam hal membeli, berinvestasi. Transaksi mata uang kripto pastinya terdaftar, setiap pengirim dan penerima dapat dilihat secara publik.
Perbedaan yang paling mencolok, bahwa mata uang digital tidak transparan. Kita tidak dapat melihat isi dompet atau alamat akun dan melihat semua transaksi didalamnya. Semua informasi bersifat rahasia, sementara cryptocurrency bersifat transparan. Dalam dunia kripto, setiap orang dapat melihat transaksi apa pun dari pengguna mana pun melalui blockchain.
Mata uang digital memiliki otoritas sentral yang dapat membatalkan atau membekukan transaksi atas permintaan. Sedangkan cryptocurrency dibawah regulasi komunitas sehingga tidak memungkinkan menyetujui perubahan dalam blockchain.

You may also like