Ethereum SosMed

NKOR Siapkan Platform SosMed, Kreator Konten Dapatkan Royalti

single-image
Hak cipta sampai saat ini terus menjadi perdebatan panjang yang tiada habisnya. Sejak adanya internet, banyak hasil karya digital yang dibajak tanpa membayar lisensi. Tetapi baru-baru ini, sebuah ide untuk menciptakan standarisasi verifikasi dan distribusi konten original dengan blockchain. Proyek NKOR merupakan platform yang pertama di dunia dengan teknologi multi-layer indexing hashing pada blockchain.
NKOR
Dalam poyek NKOR dijelaskan bahwa ekosistem yang akan dibangun sangat memungkinkan mendapatkan timestamp dan royalti kepada pembuat konten. Sistem ini akan berada di blockchain Ethereum, melacak penggunaannya, dan mendapatkan keuntungan dari distribusi resmi. Diharapkan dimasa mendatang, siapapun yang membuat konten original akan mendapatkan hak cipta, royalti dan mengurangi plagiarisme.

Berikut beberapa keuntungan platform NKOR, dimana konten creator akan menerima pembayaran untuk hasil pekerjaan mereka dari konsumen:
  1. Konten asli dilindungi secara kriptografi, terindeks dan ditampilkan sebagai pratinjau pada hasil pencarian.
  2. Konten asli dapat dipublikasikan secara keseluruhan dan berlisensi per penggunaan.
  3. Mendapatkan royalti pembayaran dari referensi ke karya asli oleh pencipta konten lainnya.
  4. Mendapatkan pembayaran dari memasukkan data ke data algoritma, untuk melakukan pemeriksaan plagiarisme.

 

Ide ini disambut baik, terutama memanfaatkan sistem desentralisasi dalam industri distribusi data digital dan konten media. Sebenarnya, misi utama NKOR untuk memberdayakan pencipta konten dengan cara merevolusi dan mendemokratisasi status-quo platform berbagi konten. Sistematisnya, setiap konten digital yang berada di NKOR merupakan hash yang menggunakan pengindeksan multi layer. Dan konten ini nantinya dienkripsi ke dalam blockchain NKOR.

Platform Sosmed NKOR Perangi Plagiarisme

Banyak orang yang merasa dirugikan karena konten asli yang di copy tanpa izin pemilik. Seperti artikel, musik dan film, saat ini masih banyak ditemukan plagiarisme dan diakui sebagai konten asli. Apa yang didapatkan pemilik konten asli? Mereka dirugikan dan sama sekali tanpa konttribusi, bahkan tak jarang plagiat meraih keuntungan dari sini. Memang diakui, terlalu sulit untuk mengatasi plagiarisme di internet, tidak ada batasan dan setiap orang bisa saja mengubah sebuah karya. Tetapi setidaknya berusaha menjaganya melalui sebuah sistem yang dibangun dari blockchain.

Dengan kriptografi individual, setiap orang dapat memberikan akses ke konten masing-masing. Tidak terbatas kepada siapapun dan dari mana asalnya, dan platform ini sangat aman dan mudah digunakan. Algoritma pengindeksan ini yang nantinya akan membantu pencipta untuk melindungi hak cipta mereka. Salah satunya dengan melacak konten ketika tersebar ke seluruh ekosistem untuk mencegah plagiarisme.

Tidak hanya sebatas perlindungan hak cipta dan mendapatkan hasil distribusi. NKOR juga merupakan pasar desentralisasi untuk berbagi data, sehingga sangat memungkinkan setiap orang busa berinteraksi langsung satu sama lain tanpa harus mengirim data pribadi. Platform ini nantinya berfungsi untuk menjual karya, menjaga hak lisensi, menerbitkan secara publik ataupun pribadi. Disini kita bisa menjangkau follower/subscriber baru dan menemukan artis, desainer, dan kontributor konten.
Dalam plantform ini, pencipta dan para pengembang konten akan mendapatkan reputasi dari hasil kerjanya. Dan tentunya creator ini bisa menghasilkan pendapatan dari royalti. Jadi, platform NKOR akan menyediakan ruang yang bisa diisi untuk memberikan deskripsi hasil pekerjaan agar dapat di indeks.
Di sisi konsumen, disediakan akun terverifikasi yang merupakan user yang benar-benar membeli konten dengan token NKOR. Sistem ini untuk mencegah review palsu, yang biasanya dibayar hanya untuk menaikkan reputasi konten ataupun produk. Dalam pembelian konten, akun konsumen diperkenankan menuliskan ulasan pada konten yang sudah terverifikasi.
Tentunya, setiap orang yang menciptakan karya baik dalam bentuk video, konten, dan gambar, akan mendapatkan perlindungan hak cipta. Ptoyek NKOR berlaku untuk user creator, institusi dan warisan budaya, serta perusahaan produksi konten. Karya yang kreatif pastinya akan mendapatkan keuntungan dari penjualan konten, ataupun sumbangan dari user lain.
Saat ini NKOR sedang menggelar TGE (Token Generation Event) yang merencanakan mengeluarkan 200 juta token. Pre-sale token NKOR phase#1 akan dimulai pada February 2018, dan phase#2 pada bulan Maret. NKOR akan menggunakan Smart Contract Ethereum, menggunakan wallet ERC-20. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam proyek ini bisa langsung ke official website. Atau, bagi yang ingin mendapatkan reward gratisan, bisa langsung daftar di: Reward NKOR.

You may also like