Semua Perangkat Adalah Mesin Penambang : Internet Dan Blockchain Dibawah Naungan IONChain

By Coinvestasi     Saturday, September 28 2019

Internet of Things ( Sistem perangkat komputasi yang saling terkait ) yang selanjutnya disebut IoT selalu optimis dan terus berkembang, tetapi belum sampai kepada skala besar. Dari perspektif potensi, menurut statistik IDC di Amerika Serikat, peralatan instalasi IoT global mencapai 14.866 miliar unit pada tahun 2015, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 30 miliar unit dalam lima tahun. Tentu saja, ada data lain yang mengatakan bahwa saat ini ada lebih dari 7 miliar perangkat, tetapi tidak peduli sumber statistik mana, jumlah perangkat IoT saat ini melebihi populasi global dan menunjukkan momentum pertumbuhan yang kuat.

Tetapi kita juga melihat bahwa meskipun konsep perangkat komputasi yang saling terkait telah diusulkan selama bertahun-tahun, itu belum benar-benar dikenal. Tidak ada gebrakkan, karena berbagai factor seperti : kegagalan untuk membentuk model laba yang baik, kurangnya perlindungan keamanan dan privasi, dan interoperabilitas yang buruk.

Dengan pengembangan blockchain, blockchain memiliki kesempatan untuk membawa pengembangan yang lebih baik ke Perangkat. Sebagai sistem komputasi yang terkait internet harus menjadi salah satu area konvergensi paling alami dengan blockchain. Sebagai contoh, blockchain dan IoT adalah  sebuah jaringan yang terdistribusi. Mereka dapat menyelesaikan pengukuran nilai saat ini, sirkulasi, keamanan, dan interoperabilitas Internet sebagai penggerak utama  melalui Teknologi Ledger Terdistribusi dan sistem ekonomi token.

ionchain

Jika Internet dan blockchain berjalan beriringan dengan baik, blockchain akan menjadi pendorong dan pemberdayaan bagi seluruh industri IoT.

Saat ini, untuk membuat blockchain dan Internet terintegrasi dengan baik, solusi spesifik diperlukan. Saat ini, beberapa perusahaan sedang melaksanakan proyek yang menggabungkan blockchain dan asosiasi objek. Ada beberapa program unggulan. Ini adalah proses mengajukan pertanyaan dan memecahkan masalah secara terus-menerus, dan ini juga merupakan proses peningkatan dalam praktik berkelanjutan.

Pada akhirnya, jika Internet sebagai sistem komputasi terkait ingin menjamur, ia harus dapat bergerak ke arus utama, yang membutuhkan solusi mendasar yang komprehensif. IONChain(ionchain.org), yang saat ini menggabungkan Internet dan blockchain, sedang mencoba untuk melepaskan energi lewat interaksi dengan konsumen  akan melahirkan solusi yang unik , dan berujung kepada pemberdayaan Internet sebagai sistem komputasi terkait atau IoT.

IONChain mengusulkan konsep “semua hal / benda adalah penambang”. Apa itu “semua hal/benda adalah penambang”? Ini berarti bahwa setelah semua perangkat IoT terhubung ke jaringan the IONChain, mereka dapat memperoleh hadiah dari penambangan melalui “Algoritma Ionisasi”.

ionchain

Hadiah diukur secara akurat sesuai dengan fungsi perangkat, volume data, waktu dan ruang multi-dimensi. Dimensi waktu mengacu pada durasi terminal yang dikendalikan, durasi pengumpulan data, dan sejenisnya; dimensi spasial mengacu pada area yang dicakup oleh terminal atau kluster terminal.

Insentif untuk perangkat IoT yang terhubung ke rantai ion adalah token IONC. Dengan pengukuran dan sirkulasi nilai dalam koin ionik, perusahaan dan pengguna akan didorong untuk menghubungkan perangkat mereka ke rantai ionik untuk pengalaman dan hadiah yang lebih baik.

IONChain melalui sistem insentif token untuk menghubungkan ekologi industri, atas dasar ini, rantai ion juga menyebutkan konsep “satu Perangkat, satu koin, satu kode”, “Perangkat” mengacu pada peralatan yang dihubungkan dengan internet, “koin” merujuk ke IONC, “kode” mengacu pada Pengidentifikasi Unik Universal perangkat IoT yang mengakses jaringan IONChain. Kode identifikasi tertanam di perangkat IoT, dan fungsi inti adalah pengikatan data ke perangkat.

IONChain menggunakan Sistem File InterPlanesial untuk menerapkan penyimpanan data IoT terenkripsi terdistribusi dan data yang dimiliki oleh pengguna yang memiliki Kunci Pribadi. Selain itu, penyimpanan dan pemisahan transaksi dapat memenuhi kebutuhan data IoT yang besar, dan melalui kontrak pintar, secara bertahap mewujudkan transaksi antara perangkat dan perangkat.

Akhirnya, rantai ionik bisa kompatibel sampai ke masa yang akan datang. Untuk sistem IoT yang ada, rantai ionik menyediakan transformasi data tingkat perangkat lunak, ekstraksi nilai, pengemasan alat, dan pemeliharaan simpul.

ionchain

Semuanya penambang, tidak hanya untuk memecahkan masalah insentif penambangan, tetapi juga yang penting, rantai ion menggunakan arsitektur komputasi tepi.

Menimbang bahwa di masa depan, puluhan miliar perangkat IoT akan mengakses jaringan, jika penyimpanan berbasis cloud drive digunakan untuk memproses semua data, tidak akan cukup, dan juga mempertimbangkan situasi saat ini bahwa banyak perangkat IoT memiliki daya komputasi yang lemah. IONChain mengadopsi arsitektur komputasi tepi yang dapat memecahkan masalah pemrosesan data yang sangat besar di masa depan.Dibandingkan dengan komputasi cloud atau awan, komputasi tepi lebih dekat dengan objek atau sumber data, dengan respons waktu nyata yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Selain itu, komputasi tepi juga bermanfaat untuk perlindungan privasi dan keamanan data. Ini dapat menentukan batas transmisi data dari pemilik data untuk mencapai interaksi independen, dan juga dapat berinteraksi dengan platform komputasi awan.

Jika IONChain dan arsitektur komputasi tepi bersinkron, sumber daya dari simpul IoT dapat dimanfaatkan untuk melengkapi persyaratan penyimpanan komputasi perangkat IoT dan memenuhi persyaratan respons cepat dalam skenario dunia nyata.

Saat ini, banyak perusahaan yang menerapkan Sistem perangkat komputasi yang saling terkait tetapi sistem ini memiliki operasi teknis dan biaya perawatan yang sangat tinggi. Misalnya, sebagian besar penyedia IoT menggunakan layanan cloud, di satu sisi, ada risiko peretasan dan kebocoran data, dan kedua, biaya pemeliharaan infrastruktur back-end sangatlah tinggi.

Jika penyedia IoT menggunakan layanan cloud dari perusahaan besar, mereka harus membayar dalam jumlah besar ke perusahaan besar. Selain itu, untuk pengguna individu perangkat IoT, privasi dan keamanan data tidak dijamin. Masalah seperti itu membuat industry IoT sulit matang dalam bisnis dan tidak dapat berkembang dengan cepat. Solusi IONChain seperti perangkat penambang dan komputasi tepi memiliki peluang untuk menyelesaikan masalah ini dan pada akhirnya mendorong konsumen ke arus utama yaitu kemajuan perangkat  sistem perangkat komputasi yang saling terkait atau IoT .