Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Global Blockchain Investment Summit (GBIS) Indonesia Tingkatkan Transformasi Ekonomi Digital: IPFS Pimpin Revolusi Internet

Felita Setiawan     Wednesday, July 31 2019

Pada 29 Juli 2019, Global Blockchain Investment Summit (GBIS), yang diselenggarakan bersama oleh Kamar Dagang Indonesia, Global Investment Blockchain Alliance, Asosiasi Blockchain Hong Kong, dan Blockchain Center for Excellence and Education (BCEE), dibuka di Jakarta , Indonesia. Summit ini mengeksplorasi topik-topik mutakhir seperti transformasi ekonomi digital Indonesia, aplikasi industri blockchain dan kedatangan era perdagangan terdistribusi. Pada 30 Juli, Summit berfokus pada perdagangan terdistribusi, melihat tata letak dan aplikasi masa depan dari ekologi perdagangan terdistribusi dari tiga segmen utama: Penyimpanan Terdistribusi, Pencarian Terdistribusi, dan Distribusi E-Commerce.

Dengan era Internet memasuki fase kematangan dan kemunculan serta pengembangan 5G dan AI, ekonomi digital akan memasuki era ledakan data yang nyata. Pada tahun 2018, AS menghasilkan data sekitar 6.9ZB (1ZB adalah sekitar satu triliun GB), sedangkan 7.6ZB di Cina, menurut laporan dari IDC. Pada 2025, AS diperkirakan akan memproduksi 30,6ZB, dibandingkan dengan 48,6Z di Cina. Jumlah total data dunia akan tumbuh dari 33ZB pada 2018 menjadi 175ZB pada 2025, dengan CAGR 61%. “Ketika sumber daya Internet terus meningkat secara eksponensial, kelemahan Protokol Http secara bertahap muncul: irrecoverability, keamanan yang rendah, biaya perawatan yang tinggi, dan kepemilikan data informasi yang tidak jelas. Mereka secara serius menghambat perkembangan ekonomi digital.” kata Edwin, CEO Kanto Smart Technology. “Model penyimpanan data tradisional sulit untuk menembus kemacetan. Dengan demikian penyimpanan terdistribusi IPFS yang muncul akan menempati pasar penyimpanan data jutaan dolar.”

Jaringan IPFS adalah jaringan distribusi konten yang cepat, terdistribusi dan mudah disatukan yang kompatibel untuk semua tipe data seperti gambar, stream video, database terdistribusi, sistem operasi, dll. Dalam mode penyimpanan terdistribusi IPFS, file dalam IPFS akan disimpan dalam blok, setiap node akan menyimpan sebagian file, dan mempertahankan sidik jari file, untuk memudahkan pengguna lain untuk membaca file; Pengguna dapat mengunduh secara bersamaan dari ratusan server, menghemat bandwidth sekaligus meningkatkan efisiensi membaca; juga, node menggunakan mekanisme yang mirip dengan Git untuk merekam modifikasi file dan Pohon Mekel untuk memverifikasi integritas file; dan pass insentif berbasis IPFS Filecoin juga mendorong peserta untuk menyediakan ruang penyimpanan gratis untuk jaringan.

how ipfs work
Bagaimana IPFS Bekerja

Pemblokiran penyimpanan file, verifikasi integritas, insentif penyimpanan bersama merupakan ekosistem penyimpanan IPFS. Ini dapat sangat meningkatkan efisiensi sistem penyimpanan: data dipotong kecil-kecil, dienkripsi dan kemudian disebarkan ke node, sehingga dapat secara efektif menghindari kebocoran data dan risiko lainnya karena kegagalan server terpusat. Selain itu, ekosistem penyimpanan IPFS juga dapat memanfaatkan sepenuhnya sumber daya ruang cadangan dari hard disk, sementara node yang sesuai dapat memperoleh manfaat yang relatif besar, sehingga menghilangkan biaya besar untuk membangun sistem penyimpanan terpusat.

Sebagai protokol yang mendasari Internet baru, IPFS akan sangat mengubah cara data ditransmisikan pada WEB global dan cara data digunakan di dunia, berdasarkan pada pencapaian peningkatan efisiensi dan solusi untuk masalah distribusi data. Mengandalkan protokol fundamental, penyimpanan terdistribusi IPFS akan memberdayakan perdagangan terdistribusi, memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi, dan meningkatkan kompatibilitas jaringan, membantu mengoordinasikan program, memenuhi kebutuhan bisnis, dan pada akhirnya mempromosikan transformasi dan pengembangan ekonomi digital global dan menciptakan yang berikutnya pertumbuhan eksplosif untuk ekonomi digital.

Baca Juga: IPSE Search Engine Terdistribusi Segera Muncul