Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Filecoin Layanan Penyimpanan Data yang Aman dan Terdesentralisasi

anisa giovanny     Monday, September 14 2020

Penyimpanan data digital di era sekarang ini adalah hal yang sangat penting. Menyimpan data secara digital akan memudahkan individu untuk mengakses, mengirim hingga mengelola data mereka di mana saja dan kapan saja.

Sayangnya layanan yang menyediakan penyimpanan data digital seperti Google masih bersifat terpusat, sehingga ia bisa mengelola data penggunanya kapan saja, dan bisa saja disalahgunakan atau rentan terhadap pencurian. Meskipun rentan, pada kenyataannya masih banyak pengguna yang menggunakan layanan penyimpanan data terpusat tersebut.  

Dalam mengatasi masalah ini dan tentunya memberikan pengguna layanan penyimpanan data yang lebih baik, hadirlah Filecoin yang bisa dijadikan pilihan untuk menyimpan data digital dengan aman.

Filecoin ini buatan Protocol Labs yang menggunakan protokol IPFS dengan dasar teknologi blockchain yang dapat menyimpan data secara terdesentralisasi dan lebih aman dibandingkan dengan protokol HTTP.  

Baca juga: IPFS, Revolusi Jaringan Internet Masa Depan Dalam Genggaman!

Protokol IPFS ini pun digadang-gadang sebagai teknologi bagi internet di masa depan. Protokol ini dikabarkan akan segera digunakan oleh  nama-nama besar di industri. Contohnya adalah Facebook, Netflix, dan Opera  sedangkan Wikipedia, Google Books hingga Nasa sudah memanfaatkan IPFS.

Dalam menggunakan Filecoin ini pengguna bisa bebas memilih layanan penyimpanan data dengan harga terendah dan memberikan insentif bagi para penyedia layanan yang disebut sebagai penambang atau miners.

Misalnya, pengguna ingin menyimpan beberapa data di jaringan Filecoin, pengguna akan membayar penambang yang menyediakan layanan penyimpanan. Dengan bayaran tersebut, maka penambang akan bekerja dengan proses komputasi untuk membuat data Anda aman, terdesentralisasi dan tetap berkualitas baik dalam periode waktu tertentu.

Berkat teknologi yang digunakan dan metodenya yang menarik, Filecoin pun berhasil menarik minat investor besar.

Investor Besar Berinvestasi di Filecoin

Beberapa investor besar memiliki minat terhadap Filecoin beberapa diantaranya adalah Winklevoss Capital yang juga menaungi bursa cryptocurrency Gemini dan salah satu pihak yang berperan dalam pembentukan Facebook.

Kemudian ada Skype, pertukaran crypto terkenal dunia yakni Coinbase, Y Combinator, Sequoia Capital  yang merupakan perusahaan modal ventura Amerika yang berfokus pada industri teknologi.

Selanjutnya ada Andreessen Horowitz firma modal ventura terkemuka di Amerika. Ada juga Stanford University yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia turut berinvestasi di Filecoin. 

Berkat perusahaan besar tersebut dan lebih dari 100 investor individu terkenal dari Silicon Valley, proyek ini berhasil mengumpulkan dana dalam hingga $257 juta pada ICO pertamanya. Hal tersebut menunjukan jika minat dan kepercayaan pada Filecoin cukup besar dan dinilai menjanjikan sebagai investasi di masa mendatang. 

Token Filecoin Diprediksi akan Memiliki Harga yang Menarik

Hampir sama dengan layanan berbasis blockchain yang  bisa memiliki token, Filecoin juga memiliki tokennya. Nama token ini adalah FIL, untuk saat ini token tersebut belum dirilis dan masih dalam masa pemesanan. Untuk mengikuti proses pemesanan FIL ini, Anda bisa membeli Token IOU yakni FILT2 yang akan ditukarkan ke FIL saat token tersebut resmi listing dibursa. Dengan melakukan pemesanan awal ini, Anda akan mendapatkan harga dasar token FIL. 

Baca juga: Cara Beli Token FILT2 dalam 5 Menit!

Agar bisa memiliki  FILT2  Anda bisa membeli token ini di Blotocol OÜ. Satu token di harga $12.8 dan khusus di Indonesia minimal pembelian pertama adalah 10 token. Jadi, bagi  cukup sediakan dana $128 bagi orang Indonesia yang ingin mendapatkan token ini. Pembelian token di Blotocol OÜ lebih murah dibandingkan dengan beli di bursa crypto. 

Blotocol OÜ  ini akan  memberikan kemudahan kepada siapa saja yang ingin mendapatkan Filecoin dengan membeli terlebih dahulu token FILT2. Token yang dibeli di IPFSBlox ini akan dikunci selama 6 bulan, hingga listing token FIL dilaksanakan. 

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan FILT2 SEKARANG dan manfaatkan layanan penyimpanan data yang aman dari Filecoin. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut soal FILT2 dapat mengisi formulir terlebih dahulu di SINI. Informasi terbaru dan terkini dari Filecoin dan FILT2 dapat Anda temukan di grup telegram @FilecoinIndonesia.