CEO Bitocto: Halving Bitcoin Tingkatkan Volume Transaksi Kripto

By Ary Tantranesia     Thursday, June 27 2019

Selama enam bulan terakhir, volume transaksi kripto di pasar global naik lebih dari 200%, sementara di Indonesia volume transaksi naik sebesar 80%. Bitocto menilai terdapat dua faktor yang menyebabkan volume transaksi ini meringsek naik, yakni peluncuran aset kripto di salah satu platform media sosial dan fase Halving Litecoin dan Bitcoin. Dalam menghadapi fase Halving Bitcoin tersebut, Bitocto gencar mempersiapkan platformnya agar siap mengakomodir user dengan jumlah yang lebih besar serta dengan adanya kemungkinan FOMO (Fear of Missing
Out) dari para investor.

“Bitcoin saat ini sedang berada dalam masa transisi dari Bear ke Bull, hal ini merupakan siklus yang normal dalam pasar aset kripto mengingat perdagangan aset ini berjalan 24/7 tanpa henti. Saya melihat fase Halving Bitcoin nantinya akan membantu mendorong harga untuk naik, tidak menutup kemungkinan harga dapat menyentuh angka 15.000 USD di akhir tahun ini hingga awal tahun depan,” papar Milken Jonathan, Founder dan CEO Bitocto Indonesia.

Tercatat banyak investor baru di tingkat global maupun lokal yang mulai masuk ke ranah aset digital ini. Meski belum diketahui sejauhmana pemahaman mereka mengenai teknologi blockchain, namun yang mengejutkan lebih dari 50% diantaranya berasal dari kalangan milenial serta didominasi oleh kaum laki-laki. Bitocto juga mencatat kenaikan jumlah investasi selama enam bulan terakhir sebesar 20%, tak kalah penting jumlah user juga meningkat sebesar 30% meski kondisi pasar sedang menurun. Selain itu, kegiatan edukasi juga gencar dilakukan guna membantu para investor dalam mendapatkan edukasi investasi yang memadai.

Secara umum, di publik aset kripto memang belum mendapatkan respon yang cukup positif, terutama setelah harga mengalami penurunan saat hype bubble di tahun 2017 lalu, ditambah lagi sulitnya pemahaman mengenai inovasi mata uang digital ini bagi kalangan awam. Namun, pemberitaan positif peluncuran koin dari salah satu platform media sosial ternama tersebut akan cukup membantu membuat pergerakan harga dan aktivitas pasar ke arah yang jauh lebih positif.

Fase Halving pada aset kripto merupakan sebuah event untuk mempertahankan value cryptocurrency karena bagaimanapun pasokan aset cukup terbatas. Pada saat yang sama peristiwa Halving biasanya berarti bahwa banyak para miner dengan peralatan lama mungkin tidak menghasilkan keuntungan besar lagi.

Tentang Bitocto

Bitocto Indonesia merupakan unit bisnis dari Datindo Corporation Group, yang merupakan perusahaan penyedia
perangkat lunak dan perangkat keras untuk perbankan, lembaga keuangan dan perusahaan telekomunikasi. Bitocto Indonesia mulai resmi beroperasi pada Q2 2018, saat ini terdapat lebih dari 18.000 user yang terdaftar dan akan terus mengalami peningkatan mengingat animo penggunaan cryptocurrency di Indonesia kian hari kian meningkat.