Prediksi

Prediksi Bitcoin Cash Setelah Hardfork Ukuran Blok 32MB, Mei 2018

Kabar gembira bagi pemilik Bitcoin Cash (BCH), koin ini baru saja upgrade ukuran blok dari 8MB menjadi 32MB. Hardfork bitcoin cash terjadi pada 15 Mei 2018, selain upgarde ukuran blok juga mengaktifkan kode operasi (Op codes). Perubahan ini tentunya membawa masa depan baru, dan ukuran yang lebih besar berguna untuk menghindari pemecahan rantai blok dibeberapa kasus penambang. Bagaimana dengan pasar? Beberapa kalangan justru tidak mendukung, prediksi Bitcoin Cash setelah hardfork bisa saja berbalik arah.
Prediksi Bitcoin Cash
Hardfork ini merupakan yang pertama kali untuk memutakhirkan bitcoin cash dalam segi ekonomi. Upgrade ini sangat berguna untuk membuka jalan baru bagi pengembang dan mengaktifkan kembali fungsi Op code yang sebelumnya dinonaktifkan. Semua fungsi baru ini tentunya berdampak pada fungsionalis, dimana sejak peluncuran awal bitcoin cash jauh lebih unggul dibandingkan BTC.

Bitcoin cash (BCH) merupakan kripto yang berasal dari hardfork BTC Segregit Witness pada Agustus 2017 lalu. Bitcoin cash dikalim jauh lebih unggul daripada BTC, selain ukuran blok lebih besar juga karena biaya transaksi lebih murah. Tetapi kemudian BTC upgarde pada Februari lalu yang membuat transaksi bitcoin menjadi lebih murah daripada BCH.

Prediksi Bitcoin Cash Setelah Hardfork

Yang dipertanyakan beberapa kalangan praktisi, mengapa BCH mengubah blok size dari 8MB menjadi 32MB? Walaupun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahawa peningkatan ukuran blok akan membuat operasi full node menjadi lebih mahal. Hal ini bisa saja menyebabkan kurangnya desentralisasi jaringan, dan berdampak pada kecepatan propagasi yang lebih rendah.
Ukuran blok besar yang diadopsi BCH merupakan salah satu karakteristik tersendiri yang membedakannya dari BTC. Ukuran ini berguna untuk mengatasi masalah skalabilitas yang umumnya disebabkan oleh batas blok size BTC. Bitcoin cash seiring waktu tampaknya akan terus upgrade ukuran blok menurut perkembangan teknologi.
Tetapi faktanya, tidak semua orang mendukung upgrade BCH. Kripto exchange asal Belanda BL3P justru mengambil peluang untuk menghapus BCH dari listing. Bitcoin cash sudah direncanakan sebelumnya agar dikeluarkan dari listing, dan hardfork BCH menjadi alasan yang tepat untuk segera mengeluarkannya.
Begitu pula dengan Tom Lee, analis di Fundstrat Global Advisors. Menurutnya, hard fork BCH justru membuatnya mendukung BTC. Setelah pengumuman hardfork BCH, dalam wawancara dengan CNBC pada 24 April, dia menyatakan tidak lagi mendukung Bitcoin Cash. Menurutnya, jika dolar segar muncul, dia jauh lebih tertarik untuk membeli yang lama daripada sesuatu yang berpotensi Overbought.
Menurut Roger Ver, dalam sebuah wawancara dengan The Independent, dia memperkirakan bahwa pada minggu-minggu ini BCH akan menjadi incaran investor. Karena umumnya orang-orang paling suka mengejar bintang yang sedang naik. Selain itu, prediksi bitcoin cash akan mencapai harga ratusan ribu dolar yang mungkin saja menyalip Bitcoin sebelum akhir 2020.

You may also like