Mau Tahu Semua Informasi NFT?

Klik di Sini

SEMUA INFORMASI DAN EDUKASI TENTANG NFT

Mau Tahu Semua Informasi NFT?

Klik di Sini

Non-Fungible Tokens (NFT)

Kamu mungkin sudah akrab dengan aset kripto, mata uang digital atau mata uang kripto nseperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin dan sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau dunia crypto adalah industri yang sangat luas, ada pula yang namanya NFT sebuah Non Fungible Token yang unik dan tidak dapat dipertukarkan satu dengan yang lainnya.

Tentang NFT

NFT atau Non Fungible Token NFT merupakan aset digital atau versi digitalisasi dari sebuah aset nyata (digital item), ia dapat mewakili aset yang tidak dapat dipertukarkan seperti barang koleksi, karya seni (digital art), atau real estat, barang-barang di dunia yang unik dan langka.

NFT bisa berupa apa pun bahkan tweet atau postingan pertama di Twitter yang dipost oleh Jack Dorsey, penemu Twitter, juga dijadikan NFT.

NFT adalah aset istimewa dan menarik. Mata uang, baik mata uang fiat tradisional atau cryptocurrency seperti Bitcoin atau stablecoin, dapat dipertukarkan  dengan sangat mudah. Karena nilai satu Bitcoin milik mu akan sama dengan nilai satu Bitcoin milik temanmu. 

Tapi NFT itu berbeda, karena nilai satu NFT milikmu pasti berbeda dengan nilai NFT milik teman mu dan tidak bisa digantikan dengan satu sama lain.

Ibratnya hanya ada satu lukisan asli Monalisa karya Leonardo Da Vinci yang tentu tidak bisa digantikan dengan lukisan Starry Night karya Vincent Van Gogh.  NFT pun seperti itu.

Karakteristik NFT

Tak terpisahkan: NFT tidak dapat dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil seperti satoshi bitcoin. Mereka ada secara eksklusif sebagai satu kesatuan.

Tidak bisa dihancurkan: Karena semua data NFT disimpan di blockchain melalui kontrak pintar, setiap token tidak dapat dihancurkan, dihapus atau direplikasi. Kepemilikan token ini juga tidak dapat diubah, yang berarti gamer dan kolektor benar-benar memiliki NFT mereka, bukan perusahaan yang membuatnya.

Hal ini berbeda dengan membeli hal-hal seperti musik dari iTunes store di mana pengguna sebenarnya tidak memiliki apa yang mereka beli, mereka hanya membeli lisensi untuk mendengarkan musik tersebut.

Dapat diverifikasi: Manfaat lain dari menyimpan data kepemilikan historis di blockchain adalah bahwa barang-barang seperti karya seni digital dapat ditelusuri kembali ke pencipta aslinya, yang memungkinkan potongan diautentikasi tanpa perlu verifikasi pihak ketiga.

Alasan NFT Populer

Keaslian

Standarisasi NFT dan atribut terperinci dari  smar contract membuat masing-masing token  dapat diidentifikasi dan otentik secara unik.

Pengguna tahu bahwa hanya ada satu dari setiap NFT yang ada, jadi mereka tidak dapat digandakan atau disalin dan tidak ada kemungkinan untuk penipuan.

Transparansi teknologi blockchain juga memungkinkan untuk memverifikasi dan membuktikan keaslian.

Pemalsuan dan penipuan  seprerti yang kita tahu adalah masalah besar bagi banyak industri seni atau barang-barang mewah.  Nah dengan Blockchain yang memberdayakan NFT hal ini dapat dicegah.

Coindesk melaporkan bahwa konglomerat merek mewah LVMH, pemilik label ikon Louis Vuitton, sedang  menjajaki NFT dan bersiap meluncurkan blockchain agar pengguna dapat membuktikan keaslian barang mewah mereka yang diberikan NFT.

Eksklusif

Bagi para kolektor kelangakaan dan eksklusifitas sebuah barang menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Karena dengan memiliki barang langka akan memberikan rasa puas dan membuat barang yang mereka koleksi makin bernilai.

NFT mampu memenuhi keinginan para kolektor yang loyal untuk membeli suatu karya jika mereka suka dan merasa karya tersebut memang layak dan sangat eksklusif untuk bisa dimiliki.

Alasan ini yang mungkin membuat ada saja orang yang bersedia membayar aset dengan token NFT hingga jutaan dolar.

Faktor Selebritas di NFT

Selebritas nampaknya mulai melek dengan NFT, hingga turut meramaikan lelang karya dengan NFT.  Contohnya ada Lindsay Lohan, Mike Shinoda hingga kekasih Elon Musk, Grimes.

Kemudian yang  adalah terbaru bergabungnya NBA dengan platform NBA Top Shot, sebuah situs yang diluncurkan Oktober lalu untuk kartu perdagangan bola basket virtual berbasis video.

Di NBA Top Shot telah terjadi penjualan hingga $200 juta. Pada hari Senin, rekor baru dibuat ketika Jesse Schwarz yang berusia 31 tahun dari Los Angeles membeli Momen Lebron yang berisi sebuah klip dalam pertandingan final di Western Conference pada 2019.

5 Proyek NFT yang Harus Kamu Ketahui

Beeple NFT

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang NFT ini. Seniman digital Mike Winkelman, lebih dikenal sebagai Beeple, telah menyapu dunia seni dengan NFT yang dijual dengan harga  69 juta ETH. Penjualan tersebut difasilitasi oleh rumah lelang Christie’s.

Beeple sebelumnya tidak menjual cetakan seharga lebih dari $100 dan dalam semalam menjadi salah satu seniman hidup dengan nilai tertinggi di dunia.

NBA Top Shot

NBA Top Shot adalah proyek oleh Dapper Labs di mana pengguna dapat membeli paket karya seni digital unik yang menampilkan momen NBA terkenal sebagai NFT. Brand NBA jelas merupakan faktor yang signifikan dalam membuat NFT ini sukses di pasaran. Aspek lainnya mungkin pengalaman pengguna.

Cryptopunks

Cryptopunks adalah proyek oleh Larva Labs. Ini menampilkan 10.000 ‘karakter’ unik tertagih di Ethereum. Semua karakter unik dan hanya dicetak dalam satu edisi. Saat peluncuran, masing-masing dapat diklaim secara gratis oleh siapa saja yang memiliki dompet Ethereum.

Pada tahun 2018, kamu dapat membelinya dengan harga rata-rata 50-100 USD. Namun, pada tahun 2021, harga-harga tersebut telah meledak. Pada Maret 2021, yang paling mahal telah terjual seharga 4.200 ETH.

Axie Infinity

Axie Infinity adalah game blockchain di mana pemain dapat membiakkan hewan peliharaan virtual bernama Axies. Kamu menganggapnya sebagai kombinasi Pokémon dan CryptoKitties. Pemain memiliki dan mengontrol hewan peliharaan ini, atau mereka dapat menukarnya dengan pemain lain.

Mereka dapat melawan monster bersama dalam mode Petualangan atau saling berhadapan dalam pertempuran PvP (pemain vs pemain). Axie Infinity telah menjadi salah satu game NFT paling populer di Ethereum. Dengan peluncuran sidechain Rhonin, biaya gas yang tinggi juga seharusnya tidak terlalu menjadi masalah bagi para pemain.

Decentraland

Decentraland adalah game realitas virtual berbasis blockchain. Pemain dapat mengembangkan dan memperdagangkan LAND, tanah virtual yang digunakan untuk membangun dunia digital yang diwakili oleh token ERC-721. Setiap bagian dari TANAH itu unik, dan pemiliknya dapat memilih konten apa yang ingin mereka isi dengan tanah mereka. Ini bisa berkisar dari adegan sederhana hingga permainan interaktif.

Top exchange
Rekeningku
0 Ulasan
Daftar
LUNO
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait

Non-Fungible Tokens (NFT)

3 months ago

Yuk! Mengenal Token NFT
Sponser

6 hours ago

Apa Itu Time Frame Atau Jangka

Non-Fungible Tokens (NFT)

3 months ago

10 NFT Termahal yang Pernah Dijual, Ada yang Berharga Triliunan!
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Bitcoin.co.id

Bitcoin.co.id adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Upbit Indonesia

Upbit Indonesia merupakan Bursa Penukaran...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar