Mining

Hydro Mining, Manfaat Dan Keuntungannya Menambang Bitcoin

Teknologi setiap hari terus meningkat mengalami perubahan dan perbaikan yang jauh lebih baik. Begitupula dengan teknologi penambangan cryptocurrency yang saat ini mengembangkan solusi untuk mengurangi penggunaan daya listrik. Sebuah terobosan baru saat ini sedang dikembangkan, manfaat dan keuntungan hydro mining dianggap menjanjikan.
Hydro Mining
Dalam beberapa tahun terakhir, penambangan cryptocurrency meningkat tajam yang diiringi penggunaan listrik semakin tinggi. Jika hal ini terus berlanjut, tidak dipungkiri bahwa dunia akan mengalami krisis listrik. Dampak lain yang disebabkan penambangan bitcoin menyebabkan kerusakan lingkungan berupa polusi dan efek gas rumah kaca. Maka sebuah solusi diperlukan untuk mengatasi kerusakan lingkungan lebih lanjut.

Bayangkan, menurut perhitungan bahwa penambangan Bitcoin dan Ethereum menggunakan energi listrik setara dengan konsumsi listrik di Maroko, yang dihuni 36 juta penduduk. Satu transaksi Ethereum menghabiskan daya listrik 53 kWh, ditambah peralatan rata-rata 288 kWh dalam satu tahun. Setiap hari diperkirakan sekitar 300,000 transaksi diproses di jaringan Ethereum. Dan transaksi Bitcoin membutuhkan daya listrik jauh lebih besar daripada Ethereum.

Apa Itu Hydro Mining?

Dibandingkan cara tradisional, manfaat dan keuntungan hydro mining lebih efisien untuk mengatasi krisis listrik. Mengapa penambangan cryptocurrency membutuhkan daya listrik yang besar? Penambangan cryptocurrency merupakan sebuah proses untuk menciptakan koin digital baru dan memverifikasi transaksi pada saat yang sama. 
Semua proses itu terjadi dalam satu jaringan yang disebut blockchain, dimana tugas penambang adalah untuk mengkonfirmasi transaksi. Kemudian menuliskannya ke dalam buku besar permanen dan memecahkan teka teki matematika yang rumit. Proses inilah yang membutuhkan daya listrik besar, sehingga diperlukan penghematan dalam pembuatannya.
Apa itu hydro mining? Hydro mining adalah metode khusus penambangan cryptocurrency yang bergantung pada tenaga hydroelektrik dan sistem pendingin air. Hydro mining dikembangkan untuk menciptakan penambangan yang lebih mengutamakan efisiensi energi. Dengan cara ini penambangan bisa mengurangi ketergantungan menggunakan sumber daya listrik besar dan peralatan jauh lebih awet.

Manfaat Dan Keuntungan Hydro Mining

Sumber energi hydro dianggap paling efektif, murah, ramah lingkungan dan pastinya terbarukan. Apa saja manfaat dan keuntungan hydro mining yang bisa diperoleh? 
  1. Sumber daya air digunakan untuk mendinginkan peralatan penambangan. Tehnik ini jauh lebih efisien mengurangi listrik untuk mesin pendingin. 
  2. Hydro mining bisa mengurangi biaya listrik hingga 85 persen lebih rendah dan tanpa polusi karbon.
  3. Selain penghematan energi, hydro mining juga menciptakan peningkatan kinerja penambangan dan peralatan lebih awet. 
  4. Perangkat yang bekerja secara terus menerus membuatnya panas karena beban tinggi. Teknologi hydro mining mampu membuat suhu pendingin yang konsisten sehingga bisa mengurangi downtime.

Pada umumnya, kebanyakan penambang membuat rig sendiri dirumah menggunakan GPU atau mengandalkan kartu grafis. Ditahun-tahun lalu, penambangan Bitcoin dengan metode ini dianggap sangat menguntungkan. Tetapi dengan kemunculan perangkat sekelas Antminer, metode ini mulai tidak menguntungkan karena daya listrik dan harga yang mahal. 
Dalam perhitungan saat ini, secara kompetitif penambangan GPU bisa menghasilkan profit dengan cara mengalihkannya untuk menambang altcoin baru yang lebih rendah tingkat kesulitannya (difficulty). Penambangan kuno menggunakan CPU dan GPU masih bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan menambang koin baru. Kebanyakan orang hanya tertuju pada penambangan bitcoin, padahal altcoin juga sangat menjanjikan.

You may also like