Aplikasi Mining Tips

Cara Mining Dengan CGMiner Dan SGMiner Di Windows

single-image
Belakangan, banyak orang ingin mencoba menambang (mining) mata uang digital karena harganya saat ini semakin mahal. Tidak hanya Bitcoin, setiap orang juga bisa memilih kripto apa saja yang ingin diperoleh dari menambang. Ada beberapa program yang mendukung penambangan kripto, dan disini akan dijelaskan bagaimana cara mining dengan CGMiner dan SGMiner.
cara mining dengan CGMiner dan SGMiner
Apa yang dimaksud pertambangan Bitcoin? Penambangan Bitcoin merupakan proses dimana transaksi diverifikasi dan ditambahkan ke block chain. Penambangan juga sebagai sarana untuk meniru atau menciptakan Bitcoin baru. Siapapun dapat ikut serta, baik penambangan tunggal ataupun ikut bergabung kedalam Pool dengan jaringan internet. Syarat utama dalam penambangan setidaknya memiliki perangkat keras yang sesuai kriteria. Beberapa krito Altcoin ada yang bisa ditambang dengan laptop atau spesifikasi rendah.

Proses penambangan akan mengumpulkan transaksi terakhir menjadi blok dan menyelesaikan ‘puzzle’ sulit. Penambang pertama memecahkan puzzle bisa menempatkan blok berikutnya dan mengklaim hasilnya. Jumlah bitcoin baru yang dirilis merupakan hadiah disetiap blok yang ditambang. Seberapa sulit teka-teki atau puzzle dalam penambangan tergantung dari berapa banyak penambang yang tergabung di seluruh jaringan. Kesulitan penambangan bisa disesuaikan dengan protokol setiap 2016 blok, atau kira-kira setiap 2 minggu.

Cara Mining Dengan CGMiner Dan SGMiner

Lalu, bagaimana cara mining dengan CGMiner dan SGMiner untuk menambang Bitcoin? Perlu diketahui bahwa CGMiner merupakan program berbasis baris perintah. Cara terbaik untuk menjalankan aplikasi CGMiner dengan pengaturan yang sesuai dan membuat file batch. Cara termudah untuk membuat file batch adalah dengan menggunakan Notepad.
Buka notepad dan paste code perintah berikut, ganti Username, Password, dan Pool, agar sesuai dengan dengan setting akun di Pool.

start /D “c:cgminer” cgminer.exe -o http://yourPOOL.com:8337 -u Username -p Password -d 0 –auto-fan –gpu-memclock 300

Jika Anda memiliki dua atau lebih video card di komputer, tambahkan ‘-d 1’ kedalam baris perintah.
Setelah selesai modifikasi baris perintah, simpan file ini dengan dengan menggunakan ekstensi .bat (miner.bat) agar file tersebut dapat dieksekusi. Pastikan mengatur ‘save as type’ dan pilih ‘all files’. Jika tidak, file ini bisa berbentuk txt, bukan file batch. Letakkan file di folder CGMiner, kemudian buat shortcut ke desktop agar mudah diakses.
Setelah file batch selesai, kini Anda sudah bisa memulai penambangan Bitcoin menggunakan CGMiner. Double klik pada file batch untuk memulai penambang. Setiap GPU yang terdeteksi oleh CGMiner akan muncul, tingkat hash setiap kartu akan ditampilkan dalam satuan Mh/s (Mega hash per detik).
Cara kedua, jika di dalam file kompres telah disediakan file eksekusi .exe, silahkan langsung klik. Tampilan command prompt akan muncul dan meminta URL, username, dan password. Versi ini bisa ditemukan pada CGMiner 4.5.0 ataupun menggunakan SGMiner.
Cara mining dengan CGMiner terbilang cukup mudah, karena kita hanya memasukkan baris kode untuk menjalankan penambangan Pool. Dan perlu diperhatikan, program CGMiner dianggap virus/malware oleh antivirus. Sebaiknya menggunakan SGMiner, dan cara menggunakannya juga sama.

You may also like