Mining Tips

Cara Merakit PC Untuk Mining Bitcoin, Altcoin Spek Rendah

Walaupun ditengah-tenngah keterpurukan harga jual bitcoin yang saat ini sedang melanda, keinginan membangun PC mining masih tetap diminati. Bagi pemula yang masih mulai menjajaki penambangan bitcoin dan altcoin, beberapa tips berikut bisa menjadi panduan. Ada berbagai hardware yang bisa digunakan dalam cara merakit PC untuk mining. Mulai dari spesifikasi rendah hingga spesifikasi tinggi.
Cara Merakit PC Untuk Mining Bitcoin
Untuk pemula yang baru belajar, bisa mencoba dari spesifikasi rendah. Kemudian upgrade satu per satu agar biaya yang dikeluarkan tidak sekaligus besar, atau sistem cicil hardware. Dengan kata lain, walaupun menyicil hardware tetapi PC sudah bisa digunakan untuk mining dan tidak harus menunggu spesifikasi tinggi. Ada banyak trik dimana kita mulai membangun dari yang kecil, hasilnya di tabung yang kemudian digunakan untuk membeli hardware.

Pada umumnya, orang yang ingin merakit PC untuk mining mengeluarkan biaya minimal belasan juta. Tetapi bagi kalian yang baru pemula, terutama belum bekerja dan masih kuliah yang ditanggung orang tua. Tentunya nilai ini sangat berat dan harus menabung berbulan-bulan agar keinginan tercapai. Bagaimana solusi agar pembuatan PC mining cepat tercapai? Tentunya dengan menyicil hardware, jalankan terlebih dahulu penambangan dengan spesifikasi rendah. Apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara merakit PC untuk mining Bitcoin Dan Altcoin? Berikut penjelasan dari mana harus memulainya:

1. Motherboard

Hardware ini bagaimanapun merupakan komponen wajib yang harus disediakan dalam perakitan PC. Tetapi khusus untuk penambangan kripto, cari motherboard yang menyediakan multi slot PCI-E. Ada banyak merek yang bisa disesuaikan dengan budget, semakin banyak slot PCI-E maka harganya juga semakin mahal. Untuk perdana, bisa dengan memilih 2 slot PCI-E untuk spesifikasi rendah. Rentang budget spek rendah dimulai dari harga 900-1500k rupiah.

2. Prosesor

Prosesor merupakan komponen penting yang akan mempengaruhi pembuatan CPU mining untuk spesifikasi rendah. Dengan budget minimal, Anda masih bisa menambang dan menghasilkan income tambahan. Prosesor yang disarankan setidaknya i5 ataupun i7. Semakin tinggi core yang dimiliki, penambangan Altcoin bisa sangat membantu di spek rendah.

3. Hard Drive

Hard drive juga merupakan komponen penting yang harus dipertimbangkan. Hard drive ini digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan penyimpanan data. Jika Anda memulai solo mining, maka penyimpanan blockchain akan memerlukan space yang besar. Minimal sediakan hard drive 250 GB, ini sudah lebih dari cukup.

4. RAM

Dalam penambangan tidak dibutuhkan RAM, tetapi sebaiknya persiapkan RAM 4 GB, seperti Team Elite 4GB DDR4 PC2400. Nilai inipun tidak mempengaruhi hasil penambangan, hanya saja masih dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi dan program mining.

5. Power Supply

Daya yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu PC mining termasuk besar, komputer akan bekerja maksimal sehingga dibutuhkan daya powerfull. Jika akan memuali penambangan dengan spek rendah untuk altcoin, cukup siapkan PSU dibawah 700W seperti Thermaltake TR2 S 700W. Tetapi jika menggunakan lebih dari 2 kartu grafis, siapkan PSU 1000W atau lebih dari nilai ini. Semakin banyak menggunakan kartu grafis, daya yang dibutuhkan semakin besar.

6. Kartu Grafis

Dalam penambangan bitcoin, kartu grafis merupakan suatu hal penentu dalam mendapatkan reward. Tetapi jika Anda ingin memulai dari spek rendah, cukup gunakan 2 kartu grafis yang ada pada motherboard. Kartu grafis bisa menggunakan R7900, GTX1060 6GB GDDR5.

7. Fan Prosesor

Cari fan prosesor yang tangguh dan kipas tambahan untuk membantu sirkulasi udara agar tidak panas. Fan prosesor sangat diperlukan dalam penambangan altcoin dengan spek rendah, prosesor juga ikut digunakan. Meletakkan CPU di ruangan ber-AC juga sangat membantu dan mengurangi penggunaan kipas.

8. Casing Komputer

Perlukah casing komputer dalam penambangan bitcoin? Beberapa orang bahkan tidak menggunakan casing dalam perakitan CPU mining. Pembuatan rig bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan pvc, tergantung kreatifitas Anda. Bisa juga menggunakan casing CPU tetapi biarkan terbuka agar sirkulasi udara bebas berganti dan tidak panas.

Cara Merakit PC Untuk Mining

Adapun cara merakit PC untuk mining Bitcoin Dan Altcoin sangat mudah. Seperti halnya merakit PC biasa yang digunakan untuk komputer rumahan. Jika ingin merakit PC spek rendah dengan biaya minimal, cukup gunakan 1 kartu grafis. Spesifikasi ini tidak untuk menambang bitcoin, tetapi bisa digunakan untuk menambang altcoin dengan harga jual tinggi. Seperti Monero, atau jika ingin lebih banyak bisa menambang DOGE.
Monero dan DOGE bisa ditambang hanya dengan hanya mengandalkan prosesor. Oleh karena itu, siapkan fan prosesor yang bagus agar prosesor tidak cepat panas. Untuk penambangan monero bisa langsung daftar kesini. Untuk koin DOGE, bisa langsung pool ke Aikapool. Kumpulkan semua hasil yang diperoleh dari penambangan altcoin, nantinya bisa digunakan untuk menyicil kartu grafis.
Untuk perakitan PC spesifikasi tinggi digunakan untuk penambangan bitcoin. Penambangan bitcoin saat ini tingkat kesulitan semakin tinggi, Anda bisa mencoba beralih untuk menambang bitcoin cash, bitcoin gold, litecoin, ataupun ZCoin. Karena penambang bitcoin saat ini telah banyak menggunakan Antminer yang jauh lebih mahal dan lebih tinggi spesifikasinya.
Setelah semua selesai dirakit, cukup install sistem operasi Windows 7 64 bit. Selanjutnya dilanjutnya dengan instalasi software mining. Pemasangan aplikasi mining bisa dilihat pada halaman sebelumnya CGMiner dan Minergate.

You may also like