Mining

5 VGA Terbaik Khusus Mining 2018 Bikin Hash Rate Ngebut

single-image
Dalam beberapa minggu terakhir tercatat hasrate penambangan bitcoin meningkat tajam. Bertambahnya perangkat penambangan membuat difficulty semakin tinggi, sehingga semakin sulit memperoleh bitcoin yang tersisa. Setidaknya ada 5 GPU atau VGA terbaik khusus untuk mining, terutama sangat membantu penambangan altcoin. Apa saja VGA khusus mining yang termasuk berpotensi super dalam menambang?
VGA Terbaik Khusus Mining
Meningkatnya difficulty juga melanda penambangan altcoin yang juga sedang naik harga. Termasuk Ethereum, Litecoin, Monero dan lainnya yang dianggap berpotensi harga tinggi. Karena adanya pool mining bitcoin dan altcoin, maka harga VGA pun saat ini melonjak drastis. Belum lagi harga tukar dolar naik yang berimbas pada perubahan harga. Nvidia dan AMD telah mendapatkan kesempatan rezeki berlimpah dari bisnis cryptocurrency.

Di tahun 2018, setidaknya ada 5 VGA terbaik khusus mining yang dijamin bikin harshrate ngebut. Berikut GPU yang termasuk terbaik yang bisa di pilih salah satunya:

1. Nvidia GeForce GTX 1070

Kartu grafis yang satu ini dikenal sebagai GPU yang butuh daya listrik rendah, tetapi memiliki tingkat hash tinggi. GTX 1070 Nvidia mampu menghasilkan hash rate tinggi sekitar 30 mh/s tanpa perlu menghabiskan banyak daya. Harga GPU ini termasuk mahal, tetapi sangat baik untuk mengurangi biaya listrik terutama dalam jangka panjang.

2. AMD Radeon RX 580

VGA Radeon RX 580 merupakan seri GPU favorit untuk penambang Ethereum. GPU ini mampu mencapai hash rate hingga 29 mh/s dan menjaga konsumsi listrik tetap rendah. Selain harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan GTX 1070, VGA ini juga bisa di over clock agar hars rate semakin ngebut.

3. AMD Radeon RX 480

Seri GPU ini dianggap masih berpotensi bagus untuk menambang Ethereum. Harganya lebih murah dari RX 580, tetapi RX 480 (RAM 8 GB GDDR5) mampu menghasilkan hash rate sekitar 28 mh/s dan hemat listrik. Bahkan juga tersedia versi hemat yang lebih murah, RX 480 dengan RAM 4 GB GDDR5.

4. AMD Radeon RX Vega 56

Nah, yang ini adalah VGA terbaik khusus mining dari AMD. Radeon RX Vega 56 merupakan salah satu kartu grafis Ethereum yang paling powerfull untuk penambangan altcoin. Hash rate jauh lebih cepat daripada Nvidia GTX 1070. Tetapi dari sisi konsumsi listrik termasuk boros, jadi bisa merugikan ketika harga jual merosot. RX Vega 56 mampu menghasilkan hash rate 32 mh/s.

5. Nvidia GTX 1080 Ti

Kalau GPU yang satu ini merupakan saingat berat Vega 56 yang di klaim sebagai VGA terbaik khusus mining di dunia. GTX 1080 Ti bisa mencapai hash rate sekitar 32 mh/s, dan sangat bagus digunakan untuk penambangan Ethereum. Tetapi harga Nvidia GTX 1080 Ti termasuk mahal dan konsumsi listrik termasuk boros. Jadi perlu perhitungan tepat, terutama prediksi harga jual agar profit maksimal.
Kelima VGA terbaik khusus mining diatas sangat berpotensi menghasilkan profit untuk menambang altcoin. Bagaimana jika digunakan untuk menambang bitcoin? Tergantung berapa banyak menggunakan VGA, karena saat ini saingan dalam pertambangan bitcoin adalah ASIC miner yang jauh lebih powerful. Apalagi dalam beberapa minggu terakhir tingkat kesulitan bitcoin meningkat drastis. Penambangan dengan 1-3 unit GPU dianggap sudah tidak menguntungkan.
Salah satu harapan dengan harga potensial adalah penambangan Ethereum. Karena pengembang berencana update untuk anti-ASIC, penambangan hanya untuk GPU. Selain Ethereum, juga bisa digunakan untuk Monero yang sudah menerapkan anti-ASIC. Spesifikasi standar bisa menggunakan 3 unit RX480 RAM 8 GB, optimasi ini sudah menguntungkan untuk harga sekarang.

You may also like