8

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini
REKOMENDASI MINING BITCOIN MENGUNTUNGKAN

Dapatkan rekomendasi situs dan aplikasi untuk mining Bitcoin & crypto

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini

Dua Cara Mining atau Menambang Bitcoin

Ada dua cara mining bitcoin yang bisa dilakukan yaitu solo Mining dan juga cloud Mining. Sebelum kita mengulas satu persatu mengenai cara menambang Bitcoin tersebut, mari pahami dulu apa itu mining Bitcoin.

Menambang Bitcoin atau mining adalah proses di mana seluruh transaksi dimasukkan ke dalam public ledger/buku besar Bitcoin yang bersifat terbuka, artinya semua orang bisa mencatat transaksi tersebut. 

Kegiatan menambang mengharuskan penambang bitcoin untuk memecahkan masalah matematika kompleks untuk memvalidasi transaksi dan membuat blok baru dalam blockchain, kemudian sistem akan memberikan Bitcoin sebagai reward.

Di dalam dunia Cryptocurrency, buku besar tersebut juga dinamakan dengan Blockchain. Mining dapat juga dikatakan sebagai sarana untuk membuat Bitcoin baru.

Solo Mining

Solo mining Bitcoin
Solo mining Bitcoin

Pada umumnya, orang yang ingin merakit PC untuk menambang Bitcoin mengeluarkan biaya minimal belasan juta. Tentunya nilai ini sangat berat dan harus menabung berbulan-bulan agar keinginan tercapai dan benar benar memperoleh keuntungan.

Bagaimana solusi agar pembuatan PC mining cepat tercapai? Tentunya dengan menyicil hardware, jalankan terlebih dahulu penambangan dengan spesifikasi rendah.

Hardware mining Bitcoin

Dalam proses penambangan Bitcoin menggunakan komputer, dibutuhkan hardware dan software yang mendukung. Tugas utama dari mining software adalah memonitori statistik dari para penambang.

Biasanya statistik yang akan ditampilkan adalah kecepatan penambang, suhu, hashrate, dan kecepatan kipas dari hardware yang digunakan.

Pilihlah perangkat komputer yang dapat mengurangi biaya listrik ketika menambang dan juga dapat memaksimalkan pendapatan tambang relatif dengan biaya listrik. Sehingga biaya yang dikeluarkan sedikit untuk mendapat bitcoin dan keuntungan maksimal.

Ada 2 Graphic Processing Unit atau GPU yang bagus untuk menambang cryptocurrency yaitu NVDIA dan AMD. Untuk motherboard diperlukan yang paling sedikit memiliki 6 slot PCle untuk mengakomodasi GPU-GPU Anda.

Jangan lupa gunakan kipas untuk menjaga suhu mining rig Anda. Meletakkan CPU di ruangan ber-AC juga sangat membantu dan mengurangi penggunaan kipas

Software Mining Bitcoin

Kinerja software terbaik untuk mining Bitcoin juga tergantung pada hardware yang digunakan. 

Di antara software mining bitcoin yang tersedia, CGMiner banyak digunakan untuk menambang bitcoin oleh para penambang karena dapat diaplikasikan dengan hampir semua sistem operasi komputer yang ada.

Software EasyMiner menghasilkan performa terbaik jika menggunakan Windows. Bagi para penambang yang ingin melakukan penambangan di pool atau solo, ingin menambang Bitcoin atau AltCoin, EasyMiner patut dipertimbangkan.

BFGMiner tidak memiliki grafis yang sesuai untuk penambang pemula, akan tetapi BFGMiner dapat beroperasi hampir di semua sistem operasi komputer. Yang membedakan antara CGMiner dan BFGMiner adalah pengguna BFGMiner dapat tersambung ke beberapa mining pool.

Mau menggunakan mining pool? Baca juga Artikel ini Sebelum Kamu Memilih Mining Pool.

Cloud Mining

Cloud Mining2

Cloud mining adalah proses pembelian CPU power dari data center yang menggunakan perlengkapan untuk melakukan aktivitas mining cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Keuntungan dari pendekatan ini adalah Anda tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai hardware mining, ataupun membeli peralatan mahal dan tidak terjangkau.

Menyewa ‘hash power‘ (terkadang terukur dalam Gigahertz per detik atau GH/s) juga berarti tidak perlu berhubungan dengan panas dan bising dalam project mining DIY.

Yang perlu diperhatikan dalam cloud mining

Penting untuk dicatat bahwa cloud mining adalah investasi spekulatif berisiko tinggi.

Beberapa tahun yang lalu cloud mining memang menawarkan cara penambangan yang berpotensi hemat biaya untuk Bitcoin dan mata uang digital atau mata uang kripto lainnya.

Namun, proses industrialisasi yang luas dari proses penambangan aset kripto, ditambah dengan volatilitas ekstrem dalam nilai semua cryptocurrency, membuat semua orang, kecuali usaha bisnis besar dan yang paling serius dalam penambangan, kemungkinan tidak akan mendapat keuntungan sama sekali.

Luangkan waktu untuk melakukan riset Anda sendiri sebelum berinvestasi dengan risiko Anda sendiri, tentu saja – pada akhirnya ini adalah uang Anda.

Jika Anda tertarik dengan cryptocurrency namun tidak tertarik dengan aktivitas mining, Anda bisa membeli Bitcoin sebagai investasi.

Berikut beberapa situs provider cloud mining terpercaya

Bitcoin Pool

Bitcoin Pool Disediakan langsung oleh Bitcoin.com dan bertujuan untuk memberikan layanan cloud mining paling kompetitif. Bitcoin mengiklankan bahwa mereka memberikan kumpulan Pay Per Share (PPS) tertinggi secara global dengan reward block 98%.

Genesis Mining

Sebagai yang paling lama berdiri (2013) dan memiliki cloud mining center terbesar, sepertinya tidak ada tempat lain yang lebih baik untuk memulai selain dengan Genesis.

Website mereka menawarkan live feed dari beberapa data center yang berbasis di Islandia, negara yang menyediakan listrik tenaga panas bumi dengan biaya rendah.

Mining contract secara teknis tersedia bagi semua cryptocurrency dan Anda bisa mengunjungi dashboard secara online kapan pun untuk realokasi pembelian ‘hash power‘ (misalnya Anda membeli 60% Bitcoin dan 40% Litecoin).

Hashflare

Hashflare merupakan anak perusahaan dari Hashcoins, produsen lain dari perlengkapan mining Bitcoin sejak 2013. Websitenya memberikan rundown detil dari data center perusahaan termasuk galeri foto.

Hashflare menawarkan Anda kesempatan untuk membeli hashpower untuk variasi dari SHA-256 dan koin Scrypt seperti Bitcoin dan Litecoin, seperti Ethereum dan ZCash. Anda pun bebas memilih mining pool sendiri.

Bila hasil menambang bitcoin sudah didapatkan, jangan lupa untuk mengamankan menggunakan dompet bitcoin atau bitcoin wallet. Untuk menjual bitcoin atau untuk mencairkannya menjadi Rupiah, Bitcoin dapat ditransfer ke akun exchange crypto favorit Anda dan lakukan penjualan serta withdraw ke rekening bank Anda.

Selain menambang bitcoin, Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara beli bitcoin atau mendapatkan bitcoin gratis. Salah satu cara mendapat bitcoin gratis adalah melalui airdrop.

Menghitung Penghasilan Mining Bitcoin

Bagi pemula yang ingin mencoba penambangan bitcoin, pastinya akan bertanya tentang keuntungan yang akan diperoleh. Karena dalam pembuatan rig mining akan mengeluarkan biaya pembelian hardware yang cukup besar, belum termasuk biaya operasional. Nilai keuntungan yang diperoleh tidak pernah sama, karena nilai tukar dan tingkat kesulitan selalu berubah. Nah, bagaimana cara mengetahui penghasilan menambang bitcoin dalam sehari dan cara menghitungnya?  

Dalam menghitung penghasilan menambang bitcoin, maka perlu menganalisanya dari sisi hardware. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan Antminer yang jauh lebih cepat daripada menggunakan kartu grafis atau GPU. Bagaimana jika penambangan bitcoin Anda menggunakan GPU, mengandalkan kartu grafis performa tinggi? Karena keuntungan menambang bitcoin selalu naik turun, maka harus menghitung item berikut:  

  1. Hashrate, berapa nilai tertinggi yang bisa dihasilkan dari rig mining yang Anda bangun?
  2. Pool Fee, merupakan jasa yang diberikan kepada pool mining.
  3. Block Reward, hadiah yang ditambahkan dalam menambang bitcoin.
  4. Biaya pembelian dan perawatan Hardware, tentunya harga akan menjamin kualitas walaupun tidak selamanya demikian.
  5. Difficulty atau tingkat kesulitan yang harus dihadapi dalam menambang koin. Nilai ini yang sangat menentukan dan selalu berubah setiap hari, karena seluruh dunia berpartisipasi kedalamnya. Semakin tinggi nilainya maka semakin kecil pendapatan yang diperoleh.
  6. Biaya beban listrik yang harus ditanggung setiap hari, semakin besar rig mining yang dibangun maka semakin banyak biaya listrik yang harus dikeluarkan.
  7. Nilai jual Bitcoin ataupun Altcoin, inilah yang menentukan apakah penambangan koin menghasilkan keuntungan cepat atau bahkan merugikan.

Sebagai contoh, Hasrate sebesar 14000 GHs membutuhkan daya listrik sebesar 1370 watt. Dengan harga bitcoin saat ini berkisar 6800 dolar AS, maka penghasilan menambang bitcoin sehari berkisar 7 dolar AS. Angka ini belum termasuk biaya listik dan perawatan hardware. Estimasi keuntungan mining bitcoin berkisar 0,001 BTC per hari atau 0,02 BTC per bulan.

Tidak ada yang pasti dalam menghitung penghasilan menambang bitcoin, karena semakin tinggi tingkat kesulitan maka semakin kecil yang diperoleh. Bagaimana jika menggunakan GPU, apakah masih menguntungkan untuk menambang bitcoin? Jika tidak, koin apa saja yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pendapatan dari rig mining Anda?

Saat ini sudah ada layanan yang memberikan kalkulasi keuntungan penambangan seluruh koin. Anda tinggal memasukkan jenis perangkat atau kartu grafis dan biaya lainnya. Jangan sampai rig mining yang dibangun sia-sia hanya karena salah memilih penambangan koin. Kalkulasi penghasilan menambang bitcoin dan altcoin bisa di akses pada halaman What To Mine.

Penghasilan Menambang Bitcoin Cloud Mining

Bagi Anda yang tidak mengerti tentang teknis penambangan, kini juga tersedia cloud mining. Sistem ini jauh lebih mudah, karena kita hanya membayar jasa penyewaan rig mining.

Biaya operasionalnya penambangan secara otomatis akan dipotong dari hasil penambangan. Jadi kita hanya sekali membayar, sedangkan biaya lainnya akan dibebankan sesuai pendapatan.

Apakah cloud mining menguntungkan? Secara tehnis keuntungan bersih yang bisa diperoleh berkisar 55-70 persen dari hasil penambangan. Karena provider langsung memotong biaya perawatan dan operasional.

Saat ini semakin banyak orang menggunakan cloud mining karena lebih praktis. Kita hanya melihat hasilnya melalui layar komputer, sementara seluruh operasioanalnya sudah ditangani praktisi.

Berapa harga sewa cloud mining? Soal harga juga tidak perlu khawatir, karena umumnya bisa dimulai dari harga 10 dolar AS. Kontrak sewa yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 1-3 tahun.

Hasil dari penambangan juga bisa di investasikan untuk meningkatkan Hashrate. Untuk mendapatkan cloud mining ini bisa langsung mendaftar ke Hash Flare ataupun CCG Mining.

Ada juga cloud mining yang menawarkan kontrak Lifetime (one time cost) atau tanpa batas waktu. Selanjutnya hanya membayar biaya operasional sekaligus perawatan yang diambil dari pendapatan menambang setiap hari.

Harganya juga sama, bisa dimulai dari harga 10 dolar AS, dan hasil koin yang diperoleh bisa di investasikan kembali. Untuk mendaftarkan cloud mining ini bisa langsung ke Minergate.

Bagaimana dengan cloud mining gratis? Sampai saat ini belum ada cloud mining gratisan yang benar-benar terpercaya. Yang benar-benar menguntungkan adalah Cloud Mining Premium dan merupakan badan usaha resmi seperti yang disebutkan diatas. Sebagian orang mengatakan cloud mining rugi, tetapi sebenarnya tidak.

Karena efisensi, tidak perlu dikontrol setiap hari, tidak ada permasalah listrik dan perbaikan. Ada jasa yang kita berikan untuk semua aktifitas tersebut dan sebanding dengan uang yang kita keluarkan.

Top exchange
TRIV
21 Ulasan
Daftar
Pintu
15 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

📱 Kenapa tidak bisa mining bitcoin di hp?

Penambangan bitcoin hanya bisa dilakukan melalui komputer dengan kartu grafis tinggi

💰 Apa itu mining Bitcoin?

Penambangan bitcoin hanya bisa dilakukan melalui komputer dengan kartu grafis tinggi

💵 Berapa harga cloud mining Bitcoin?

Cloud mining bitcoin dimulai dari harga 5 dolar, dan Monero 11 dolar

☁️ Apa itu Cloud Mining?

Perusahaan mining, dikenal juga dengan Cloud Mining, merupakan alternatif mining dalam komputer pribadi.

👩‍💻 Bagaimana cara mining bitcoin ?

Mining bitcoin bisa dilakukan solo dengan merakit perangkat mining, bergabung mining pool, dan cloud mining.

💸 Apa saja provider cloud mining terbaik ?

Provider cloud mining yang populer adalah genesis mining, hashnet, dll. Baca juga 6 Provider Bagi Bitcoin Cloud Mining Terbaik .

👷‍♂️ Apa saja mining pool yang terbaik ?

CGMiner dan BFGMiner merupakan beberapa pilihan mining pool yang patut dipertimbangkan.

⌨️ Apa yang perlu diperhitungkan dalam menghitung keuntungan mining ?

Hash rate, Pool Fee, Block Reward, Biaya pembelian dan perawatan Hardware, difficulty, biaya listrik, dan nilai jual Bitcoin.

Dhila Rizqia

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

21 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

15 Ulasan
Daftar