Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini
REKOMENDASI MINING BITCOIN MENGUNTUNGKAN

Dapatkan rekomendasi situs dan aplikasi untuk mining Bitcoin & crypto

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini

Keuntungan Cloud Mining dan Risiko yang Dihadapi

Cloud mining adalah proses mining yang menggunakan daya pemrosesan bersama yang dijalankan dari pusat data. Metode ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan membuat mining rig sendiri.

Dalam Cloud mining kita menyewa Hash power yang disediakan oleh provider. Kita tidak memerlukan host ataupun space seperti website untuk menempatkan software penambang

Misalnya, jika provider mempunyai perangkat dengan total 10 Tera Hash, maka penawaran sewa cloud mining akan dibuka. Apabila seluruh hash habis terjual maka pengguna harus menunggu ketersediaan perangkat berikutnya.

Untuk cloud mining biasanya hanya diperlukan sebuah komputer ataupun laptop dirumah untuk mengakses cloud mining, pengaturan tertentu dan memasukkan alamat wallet yang kita miliki.

Ada berbagai keuntungan dari cloud mining, berikut ini daftarnya.

Keuntungan Cloud Mining

Situasi Lebih Kondusif

Cloud mining sudah pasti tidak membuat suasana ruangan berisik, tidak ada satu rig pun yang berdiri di rumah. Semuanya di kontrol dari jarah jauh hanya dengan sebuah komputer.

Beban Listrik Lebih Murah

Mengurangi beban listrik dirumah, karena penambangan membutuhkan daya listrik besar. Sehingga tidak sesuai jika dibangun dengan tarif listrik rumahan.

Tidak Perlu Khawatir Rusak

Tidak perlu khawatir dengan adanya kerusakan ataupun penggantian hardware. Karena semua sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud mining.

Kita bebas melakukan aktifitas diluar rumah tanpa harus memikirkan kondisi rig mining. Tidak perlu khawatir adanya kendala jaringan dan sering terputusnya arus listrik.

Baca juga: Pengertian Cloud Mining dan Beda Virtual Hosted Mining

Kerugian Cloud Mining

Keuntungan cloud mining memang menggiurkan, tetapi perlu juga diperhatikan adanya kerugian di sistem ini.

Yang perlu dipertanyakan, apabila suatu penyedia layanan tanpa henti menawarkan cloud mining.

Ini yang terkadang masih buram, tidak ada kejelasan dimana lokasi penambangan.

Dan satu hal yang perlu diingat, perangkat dan sumber listrik yang digunakan cukup besar dalam pembangunan cloud mining.

Jangan terburu-buru dengan perhitungan keuntungan cloud mining, ada banyak kasus scam atau penipuan diluar sana.

Beberapa permasalahan berikut paling sering dialami penambang kripto ketika menyewa cloud mining:

  1. Paling sering mengalami penipuan ataupun scam, dimana web host tidak jelas dan operasional penambangan termasuk buram.
  2. Sudah pasti keuntungan dalam menambang koin berkurang atau lebih rendah daripada membangun rig mining sendiri. Karena sebagian keuntungan akan dipotong dengan tagihan harian yang meliputi biaya perawatan dan beban listrik.
  3. Kontrak cloud mining bisa saja tiba-tiba dihentikan karena harga bitcoin yang tidak sesuai. Semua tergantung harga pasar bitcoin, nilai yang terlalu rendah tidak mungkin menutupi biaya operasional.

Cara Menentukan Risiko Cloud Mining

Bagaimana cara menentukan risiko cloud mining, apakah suatu website merupakan penipuan atau scam? Secara teori, cloud mining menghasilkan keuntungan tidak lebih cepat daripada membangun rig mining sendiri.

Sebagai contoh, perhitungan cloud mining di Eobot paling cepat menghasilkan profit diatas 3 tahun. Perhitungan diasumsikan dengan tingkat kesulitan dan nilai tukar bitcoin saat ini.

Jika ada penyedia cloud mining menawarkan keuntungan jauh lebih cepat, perlu dipertanyakan sistemnya. Apakah termasuk scam, HYIP, atau mungkin saja menganut sistem multi level. Kebanyakan orang awam terjebak disisi menggiurkan, setelah investasi yang diperoleh justru kebalikannya.

Apakah Cloud Mining Menguntungkan?

Ya bisa menguntungkan, namun harus ada dana yang dikeluarkan lebih dulu untuk membayar layanan cloud mining. Keuntungan yang didapatkan akan sangat bergantung pada kekuatan miner yang digunakan oleh pool miner, jika memiliki spesifikasi yang bagus maka ada kemungkinan akan menghasilkan pengembalian yang tinggi.

Meski memiliki kemungkinan untung, kamu tetap harus siap jika mengalami kerugian sebab hasil mining dan pendapatan miner seringkali tergantung dengan tingkat kesulitan dan harga crypto yang berfluktuasi.


Cloud mining menjadi cara untuk mining dengan lebih mudah tanpa perlu memahami terlalu dalam proses mining itu sendiri, namun perlu diperhatikan untuk mengetahui segala risiko yang ada di metode ini, sebab tidak semua penyedia layanan cloud mining berkualitas.

Baca juga: Ini 6 Provider Bagi Bitcoin Cloud Mining Terbaik, Intip Yuk!

Top exchange
Lihat semua

Dhila Rizqia

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin