Santiment Tunjukkan Data Potensi Pemulihan Pasar Crypto

Salah satu perusahaan penelitian crypto bernama Santiment, dikabarkan baru saja membuat laporan mengenai pandangannya terhadap Bitcoin (BTC).

Santiment menyatakan melalui Twitter bahwa tekanan jual Bitcoin terlihat mulai menurun, menjadi tanda bahwa harganya akan mulai naik.

Melalui Twitter, Santiment baru saja mempublikasi data beberapa data yang menunjukkan bahwa kemungkinan besar Bitcoin akan mulai pulih.

Santiment Berikan Pandangan Melalui Twitter

Data pertama yang ditunjukkan oleh Santiment adalah jumlah Bitcoin yang berada di wallet yang terhubung dengan bursa.

Semakin sedikit Bitcoin yang ada atau masuk ke wallet yang terikat dengan bursa, maka semakin kecil kemungkinan untuk menjual.

Tanda tersebut menjadi tanda positif bahwa investor besar, yang umumnya menggunakan wallet yang tidak terikat dengan bursa, bergerak untuk mulai menyimpan.

Santiment menyatakan bahwa jumlah Bitcoin yang masuk ke wallet yang terikat dengan bursa bersama dengan jumlah Bitcoin yang ada di wallet tersebut telah menurun.

Penurunan ini dikabarkan terjadi dalam 50 hari terakhir yang menurut Santiment dapat menjadi tanda bahwa tekanan jual mulai jenuh.

Data kedua yang menurut Santiment mendukung pandangan positif adalah jumlah Funding Rate terhadap Bitcoin yang terlihat mulai mengarah ke positif

Namun Santiment menyatakan bahwa arah Funding Rate masih terus berfluktuasi yang menunjukkan arahnya masih belum jelas.

Tapi pergerakan ke arah positif tersebut menjadi pertanda bahwa trader derivatif mulai percaya bahwa harga Bitcoin dapat mulai naik.

Hal ini disebabkan Funding Rate yang positif adalah dampak dari posisi beli (long) yang melebihi posisi jual (short) oleh trader di pasar derivatif.

Umumnya Funding Rate positif memberikan tanda kepercayaan terhadap suatu aset sehingga nilainya dan harga aset nyatanya, memiliki korelasi positif.

Selain itu Santiment menyatakan bahwa kondisi posisi short yang mulai mengecil umumnya menjadi pertanda akan ada lompatan pemulihan yang cepat.

Pandangan Berbeda Melalui Laporan Penelitian

Selain di Twitter, Santiment nampaknya juga mempublikasi pandangannya terhadap Bitcoin melalui sebuah laporan penelitian.

Laporan tersebut memperlihatkan pandangan yang berbeda-beda, dimana Santiment memberikan tiga pandangan yang menunjukkan tiga kemungkinan.

Kemungkinan tersebut adalah pergerakan pasar yang naik, turun, dan juga bergerak netral, dimana masing-masing arah digambarkan dengan satu data.

Data pertama memperlihatkan potensi pergerakan naik melalui data terbaru mengenai jumlah Bitcoin yang ada di bursa yang terlihat terus bergerak turun.

Seperti yang sebelumnya dikatakan, jumlah Bitcoin yang menurun di bursa, menandakan potensi tekanan jual yang berkurang.

Hal tersebut menjadi tanda positif bahwa kemungkinan tekanan jual sudah mulai jenuh dan Bitcoin sedang bersiap untuk naik lagi.

Pandangan positif juga dibantu oleh data sentimen media sosial yaitu Twitter terhadap Bitcoin yang mulai memperlihatkan pergerakan ke arah positif. .

Pandangan kedua adalah pandangan netral yang ditunjukkan oleh dua data dimana yang pertama adalah data dari rasio MVRV.

Rasio tersebut menunjukkan rasio nilai pasar terhadap nilai asli dari Bitcoin dimana saat ini menunjukkan kondisi yang netral.

Selain itu, data pelengkap pandangan netral adalah data Funding Rate yang telah diperbarui dimana saat ini kondisi Funding Rate masih terlihat netral walau mengarah kembali ke positif.

Data ini membuat pernyataan awal Santiment menjadi tidak konsisten sehingga nampaknya mendukung kemungkinan bahwa pasar masih terlihat netral.

Terakhir adalah pandangan negatif dimana Santiment menunjukkan data rasio perbandingan antara sirkulasi Bitcoin yang beredar dibandingkan dengan kapitalisasinya.

Sirkulasi yang dimaksud dapat dilihat melalui volume perdagangan, dan kondisi saat ini memperlihatkan rasio tersebut masih sangat buruk.

Jika terus bergerak dalam kondisi seperti saat ini, kemungkinan benar potensi apresiasi masih akan belum datang.

Jadi untuk saat ini walau secara menyeluruh Santiment masih memiliki pandangan positif, data yang dipublikasi cenderung memperlihatkan data netral.

Sehingga, trader dan investor diharapkan untuk berhati-hati karena kondisi netral umumnya berarti volatilitas yang tinggi.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.